Pengertian Perubahan Fisika, Ciri Ciri, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Perubahan Fisika, Ciri Ciri, dan Contohnya – Pada umumnya terjadinya sebuah perubahan didasarkan pada sifat sifat di dalamnya. Berlangsungnya perubahan ini dapat menggunakan waktu lama maupun cepat. Hal inilah yang membuat perubahan wujud benda dapat dibagi menjadi dua macam berdasarkan sifatnya yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Apa yang dimaksud perubahan fisika itu? Bagaimana ciri ciri perubahan fisika? Apa saja contoh perubahan fisika. Perubahan secara fisika dapat diartikan sebagai sebuah perubahan zat yang sifatnya sementara seperti perubahan ukuran, perubahan wujud maupun perubahan bentuk. Dalam jenis perubahan zat ini tidak ada zat baru yang terbentuk.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa perubahan zat dapat terjadi secara kimia dan fisika. Kedua bentuk perubahan ini berbeda, mulai dari segi pengertian, ciri ciri hingga contoh di dalamnya. Dari pengertian perubahan fisika tersebut dijelaskan bahwa zat baru tidak akan terbentuk dalam jenis perubahan ini. Misalnya saja ketika es dipanaskan, maka akan menjadi air. Kemudian air tadi dapat berubah lagi menjadi uap air ketika dipanaskan. Perubahan ini merupakan bentuk perubahan fisika.

Pengertian Perubahan Fisika, Ciri Ciri dan Contohnya
Proses Perubahan Fisika pada Zat

Es yang bentuknya padat dapat berubah menjadi benda cair seperti air dan dapat diubah lagi menjadi benda gas seperti uap air. Zat ini pada dasarnya masih berupa air. Perubahan wujud benda secara fisika pada dasarnya dapat ditemukan disekeliling kita. Contohnya poses pembekuan air (zat cair) menjadi es (zat padat). Hal ini disebabkan oleh suhu pada air menurun sehingga terbentuklah es. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian perubahan fisika, ciri ciri perubahan fisika dan contoh perubahan fisika. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Perubahan Fisika, Ciri Ciri, dan Contohnya

Contoh perubahan fisika juga dapat terjadi dalam bentuk proses penyubliman. Dalam hal ini penyubliman dapat terjadi jika zat padat berubah menjadi zat gas. Misalnya saja penyubliman pada kapur yang seiring waktu akan habis menjadi bau wangi. Selain itu adapula proses menghablur yaitu peristiwa zat gas yang berubah menjadi zat padat. Biasanya peristiwa seperti ini sering dinamakan dengan peristiwa pengkristalan. Dalam laboratorium terdapat penerapan proses pengkristalan dalam tahapan perubahan belerang dioksida dan gas amonia menjadi kristal amonium sulfat.

Baca juga : Rumus Tekanan Fisika Beserta Contoh Soalnya

Perubahan Fisika juga dapat berbentuk proses mencair, mengembun maupun menguap. Perubahan Fisika dapat diamati dalam peristiwa hujan. Pada awalnnya air menguap ke udara, setelah itu diubah dalam bentuk cairan dan diturunkan ke permukaan bumi dalam bentuk air. Adapula contoh lainnya yaitu penggilingan gandum menjadi tepung terigu, pemotongan batang pohon menjadi triplek, balok dan papan serta pemintalan benang menjadi kain. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai definisi perubahan fisika beserta ciri ciri perubahan fisika dan contohnya yaitu:

Pengertian Perubahan Fisika

Fisika memang menjadi mata pelajaran yang terkenal sulit di sekolah baik itu SMP, SMA, maupun SMK. Tidak sedikit siswa yang mengeluh sulit menghafal rangkaian rumus maupun teori yang ada dalam mapel ini. Namun tidak dengan materi kali ini, perubahan fisika sangat mudah untuk dipelajari dan sangat banyak contohnya dalam konteks kehidupan sehari-hari. Bahkan kita bisa mengamatinya sendiri secara kasat mata pada benda yang berubah secara fisik. Lantas sebenarnya apa itu perubahan fisika?

Perubahan Fisika dalam arti umum dapat didefinisikan sebagai perubahan zat yang tidak disertai dengan pembentukan zat baru. Perubahan fisika ini memiliki ciri ciri seperti tetap samanya sifat dalam partikel di dalamnya. Dalam kehidupan sehari hari tersebut, kita memang sering menjumpai contoh perubahan fisika. Berdasarkan definisi perubahan fisika tersebut dapat disimpulkan bahwa zat baru tidak akan terbentuk ketika zat tertentu mengalami perubahan ini. Untuk itulah sifat molekul atau partikel zatnya masih tetap sama. Bahkan kemungkinan zat tadi dapat berubah lagi bentuknya seperti semula.

Perubahan Fisika berbeda dengan perubahan Kimia. Dalam perubahan kimia terdapat proses perubahan bentuk zat menjadi zat baru. Sedangkan dalam perubahan fisika dapat berbentuk perubahan volume, perubahan ukuran dan bentuk, perubahan karena arus listrik atau pemanasan, perubahan karena pengeringan dan pelarutan, serta perubahan wujud.

Ciri Ciri Perubahan Fisika

Materi yang satu ini sebenarnya sudah banyak sekali dibahas dalam berbagai kesempatan di sekolah. Bahkan kita pun bisa menemukannya pada buku pedoman fisika siswa. Perubahan secara fisika tidak terjadi begitu saja melainkan karena ada pemicunya. Baik pemicu, proses maupun dampak yang timbul akibat perubahan fisika sudah pasti memiliki ciri khusus. Kita bisa menggunakan ciri ini untuk mengidentifikasi terjadinya perubahan fisika.

Mengadaptasi pengertian diatas selanjutnya saya akan menjelaskan tentang ciri ciri perubahan fisika. Perubahan fisika memang memiliki ciri ciri di dalamnya untuk membedakannya dengan perubahan kimia. Adapun ciri cirinya yaitu sebagai berikut:

  • Tidak menciptakan zat baru.
  • Hanya terjadi perubahan wujud saja.
  • Bentuknya dapat kembali seperti semula.
  • Masih tetap sama sifat partikelnya.
  • Terjadinya perubahan ini dapat disebabkan karena proses pemanasan, dimana wujud zat akan dirubah bentuknya.

Baca juga : Contoh Soal Cermin Datar Beserta Pembahasannya Lengkap

Setelah kita memahami pengertian dan ciri ciri perubahan yang bersifat fisika diatas apakah anda sudah memiliki gambaran? untuk menyempurnakan ilmu yang didapat maka saatnya kita memperhatikan contoh perubahan secara fisika.

Contoh Perubahan Fisika

Pernahkah anda memperhatikan benda yang berubah bentuk secara keseluruhan? misalnya saja es yang mencair ataupun kertas yang terbakar. Kedua fenomena tersebut bisa menjadi contoh perubahan fisika dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya jika suatu benda berubah zat dasarnya berubah menjadi bentuk zat lain maka fenomena ini boleh dikatakan dalam perubahan fisika. Simpel bukan? Intinya adalah perubahan zat yang terjadi.

Selain definisi perubahan fisika dan ciri ciri perubahan fisika di atas. Adapula beberapa contoh perubahan fisika yang dapat kita temui sehari hari. Misalnya saja proses mencairnya es batu menjadi air. Es batu disini pada awalnya berbentuk zat padat, tetapi setelah itu berubah menjadi air atau zat cair ketika dipanaskan. Air tadi masih dapat dikembalikan lagi menjadi es batu melalui proses pembekuan dalam lemari es. Dari sini terlihat penerapan ciri khas perubahan fisika yaitu kembalinya wujud zat seperti semula setelah berubah. Di bawah ini terdapat contoh lainnya dari perubahan fisika yang terdapat disekeliling kita yaitu diantaranya:

  • Proses daur ulang kertas menjadi mainan anak.
  • Proses pencairan es batu menjadi air.
  • Pembuatan kursi dan bangku dari kayu.
  • Melelehnya lilin saat dibakar.
  • Proses perajutan benang menjadi kain.
  • Larutnya gula menjadi air gula.
  • Proses pembuatan agar agar yang menggunakan campuran pewarna, gula dan air.
  • Perubahan tanah liat menjadi batu bata atau genteng.
  • Penguapan air menjadi uap air ketika dipanaskan.
  • Pemanasan logam dan besi.
  • Pengolahan plastisin menjadi mainan anak.
  • Pelarutan garam dalam air sehingga menjadi air garam.
  • Pencairan es krim beku menjadi cairan.
  • Pembuatan hiasan dinding dari plastik bekas.
  • Proses daur ulang logam besi menjadi kerajinan.
  • Pengambilan kayu dari pepohonan menjadi balok kayu.
  • Besi yang dipotong menjadi bahan pembuat pagar.
  • Penggilingan biji kopi menjadi serbuk kopi.
  • Penguapan air raksa.

Berdasarkan contoh diatas dapat kita ketahui bahwa zat baru tidak akan terbentuk melalui proses perubahan zat ini. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam pengertian perubahan fisika dan ciri ciri perubahan fisikanya. Kemudian saya akan membagikan contoh perubahan fisika lainnya yang dapat kita temui sehari hari yaitu sebagai berikut:

  • Penjahitan kain menjadi baju.
  • Pemecahan gelas menjadi lebih kecil.
  • Penyubliman kapur barus menjadi benda gas.
  • Pembekuan air menjadi es batu.
  • Pengubahan alumunium menjadi sendok dan garpu.
  • Pengeringan pakaian di tengah teriknya matahari.
  • Perubahan uap air menjadi embun.
  • Pembuatan kerajinan tangan dari bambu yang diolah.
  • Proses perubahan batu yang ditumbuk menjadi kerikil.
  • Peniupan balon yang berubah menjadi semakin besar.
  • Pembuatan body mobil yang berasal dari besi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian perubahan fisika, ciri ciri perubahan fisika dan contoh perubahan fisika. Perubahan fisika adalah jenis perubahan zat yang tidak menciptakan zat baru. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi perubahan fisika di atas.

Baca Juga  Contoh Soal Gerak Parabola Lengkap Dengan Pembahasan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.