Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Diposting pada

Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Tema, Dan Tokoh) – Setelah sebelumnya kita membahas pengertian, ciri-ciri, struktur, unsur dan nilai cerpen maka kali ini kita akan menyimak sebuah contoh cerpen yang bertemakan persahabatan. Jika dikaji lebih dalam lagi perlu diingat bahwa cerpen adalah singkatan dari cerita pendek, dan merupakan salah satu jenis teks dalam bahasa indonesia disamping teks deskripsi, narasi dan lain sebagainya.

Tanpa kita sadari ada banyak sekali contoh cerpen singkat dengan ragam tema masing-masing. Ada yang mengulik romansa, pendidikan, kisah sedih orangtua, ada pula yang mengangkat tema pertemanan. Contoh cerpen singkat tentang persahabatan pun jadi salah satu teks yang bisa kita jumpai di berbagai media. Selain menginspirasi, cerita di dalamnya pun juga menghibur sehingga layak dijadikan bahan bacaan.

Contoh cerpen tentang persahabatan kali ini diambil dari referensi sebuah buku semi novel yang memiliki judul hampir sama yakni cerpen persahabatan yang saya baca ketika sedang mengunjungi gramedia. cerita tentang persahabatan sendiri memiliki keunikan dan ciri khas dari tema lain. Di dalamnya berisi unsur intrinsik dengan nilai-nilai yang mengajarkan kita untuk menghargai arti sebuah persahabatan dan pertemanan. persahabatan yang erat dan melekat pada beberapa orang tentunya dapat dibukukan menjadi sebuah contoh cerpen singkat ini.

Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Jika kita amati berbagai contoh cerpen singkat yang telah kita baca, maka kita akan menemukan baik unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik cerpen tersebut. Unsur intrinsik cerpen tentang persahabatan sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian yakni: tema, tokoh, latar, alur dan lain sebagainya yag akan kita bahas setelah membaca cerpen persahabatan dibawah ini.

Cerpen Persahabatan
contoh cerpen persahabatan

Mari kita ingat kembali informasi yang kita dapat pada artikel sebelumnya yang berjudul Teks Cerpen (pengertian, Ciri, Struktur, Unsur, Dan Nilai). Bahwa cerpen atau cerita pendek merupakan bentuk karangan teks yang memiliki jumlah kata dibawah 10.000 kata yang menceritakan kisah hidup manusia berdasarkan karangan fiksi maupun legenda. Untuk lebih memahaminya, maka simaklah contoh cerpen singkat beserta unsur intrinsiknya tentang persahabatan lengkap dengan pembahasan, Alur, Struktur dan Tema dibawah ini.

Untuk mengidentifikasi unsur intrinsik contoh cerpen singkat tentang persahabatan. Terlebih dahulu kita harus menyimak dan memperhatikan informasi terkait cerpen persahabatan itu sendiri. Nah informasi tersebut biasanya langsung tersirat dalam bacaan cerpen tanpa kita harus menelaahnya. Misalnya saja penokohan, watak tokoh, penggunaan alur, latar dan lain sebagainya.

Contoh Cerpen Singkat Tentang Persahabatan

Cerita pendek telah menjadi materi yang mulai diajarkan pada kita ketika menginjak bangku SMP. Cakupan pembahasan berupa unsur intrinsik serta ekstrinsik pun dapat kalian baca secara langsung di buku pedoman Bahasa Indonesia. Meski telah diajarkan oleh guru tapi tak serta merta membuat siswa memahami kedua unsur tersebut. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang merasa kesulitan untuk menentukan tema, karakter, alur, gaya bahasa, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, kalian bisa menjumpai contoh cerita pendek di berbagai media. Terlebih dengan perkembangan teknologi sekarang teks cerpen pun dapat kalian peroleh lewat internet hanya dengan satu sentuhan jari.

Dibawah ini saya telah merangkum beberapa contoh cerpen persahabatan singkat yang layak untuk dijadikan bahan bacaan. Saya juga telah melengkapinya dengan informasi terkait untuk memudahkan anda memahami isi cerpen.

Judul Cerpen : Indahnya Sebuah Persahabatan

Betapa menyenangkannya menjadi orang kaya. Hidup serba berkecukupan. Apapun yang diinginkan akan terpenuhi. Karena semua sudah tersedia. Seperti halnya Tiyas. Seorang anak orang kaya yang menjadi banyak sorotan, Berangkan dan pulang selalu diantar oleh supir pribadi dan mobil mewahnya.

Meskipun bergelimang harta tiyas tidaklah menyombongkan diri. Tidak kalah dengan Tiyas, Orang tua Tiyas juga merupakan orang yang baik dan ramah, Tidak berpatokan pada harta dalam bergaul dan tidak membeda-bedakan orang disekelilingnya. Kawan-kawan Tiyas sangat suka dan betah berlama-lama di rumah Tiyas karena mereka selalu disambut ramah dan diperlakukan seperti keluarga sendiri oleh keluarga Tiyas.

contoh cerpen singkat tentang persahabatan di sekolah
contoh cerpen singkat tentang persahabatan di sekolah

Tiyas memiliki seorang sahabat yang sangat setia menemaninya dalam menghadapi lika liku kehidupan. Tidak jauh dari rumahnya Dwi sahabat tiyas tinggal di kampung dekat rumah Tiyas, hanya saja dipisahkan oleh RT saja. Namun sudah hampir dua minggu Dwi tidak mengunjungi Tiyas di rumahnya. “Hmmm Dwi kemana ya mah, Biasanya hampir setiap hari Dwi main kesini. Tapi ini sudah hampir lewat dua minggu Dwi tidak datang lagi.” Ujar Tiyas. “Mungkin Dwi sedang sakit!” jawab Mama Tiyas. “Ih, iya juga ya mah, siapa tahu memang Dwi lagi sakit. Kalo begitu nanti sore Tiyas mau menengoknya” katanya dengan penuh semangat.

Sudah lima kali Tiyas mengetuk pintu rumah Dwi. Karena menunggu lama tidak kunjung dibuka akhirnya Tiyas memberanikan diri untuk bertanya kepada tetangga tentang menghilangnya Dwi. Benar saja, Ternyata sudah dua minggu Dwi ikut orang tuanya pulang ke desa. Sebab ayahnya habis kena PHK. Akhirnya keluarga Dwi memutuskan untuk kembali ke desa dan memilih menjadi petani.

“Oh, kasihan sekali Dwi,” ujarnya didalam hati. Di rumahnya, Tyas tampak melamun sambil memikirkan nasib sahabat setianya itu. “Ada apa Yas? Kok kamu nggak seperti biasanya, malah tampak lesu dan kurang semangat.” Papa bertanya sambil menegur. “Dwi, Pa.” Jawab Tiyas. “Memangnya ada apa dengan Dwi sehingga membuatmu muram, Apa dia sedang sakit?” Tyas menggeleng kepada ayah. “Lantas kenapa?” Papa menjadi penasaran.

contoh cerpen singkat tentang persahabatan
contoh cerpen singkat tentang persahabatan

“Sekarang Dwi sudah pindah rumah. Kata tetangga sebelah rumahnya Dwi ikut orang tuanya pulang ke desa. Kabarnya bapaknya habis di PHK dan memilih untuk menjadi petani”. Sambil menatap Tiyas papa termenung memikirkan ucapan tiyas dengan rasa setengah tidak percaya. “Kalau Papa tidak langsung percaya, Coba tanya deh, sama Pak RT atau ke tetangga lain” ujarnya. “Lalu apa rencana kamu?” “Aku harap Papa bisa menolong Dwi!” “Maksudmu?”

“Aku pengen Dwi bisa disini lagi” Tyas memohon dengan agak mendesak. “Baik kalau itu bisa biki kamu seneng. Tapi, kamu harus bisa mencari alamat rumah Dwi yang di desa” kata Papa.

Berkat bantuan pemilik kontrakan bekas rumah Dwi akhirnya tiga hari kemudian Tiyas berhasil memperoleh alamat rumah Dwi yang berada di desa. Ia merasa sangat senang. Kemudian Papa bersama dengan Tiyas datang ke rumah Dwi di sebuah desa terpencil dan lokasi rumahnya masih masuk ke dalam lagi. Bisa di tempuh dengan jalan kaki dua kilometer. Kedatangan kami disambut orang tua Dwi dan Dwi sendiri. Betapa gembira hati Dwi ketika bertemu dengan Tiyas. Mereka berpelukan cukup lama untuk melepas rasa rindu. pada awalnya Dwi sangat kaget dengan kedatangan Tiyas secara tiba-tiba.

Ilustrasi rumah dalam contoh cerpen singkat persahabatan
Ilustrasi rumah dalam contoh cerpen singkat persahabatan

“Maaf ya Yas. Aku tak sempat memberi kabar ke kamu kalo aku mau pindah”. “Ah, tidak apa-apa. Yang penting aku sudah ketemu kamu dan merasa senang”. Setelah berbincang cukup lama, Papa menjelaskan tujuan kedatangan mereka kepada orang tua Dwi. Ternyata orang tua Dwi tidak keberatan, mereka menyerahkan segala keputusan kepada Dwi sendiri. “Begini, Wik, kedatangan kami kemari, ingin mengajak kamu untuk ikut kami ke Surabaya. Kami menganggap kamu itu sudah seperti keluarga kami sendiri. Gimana Wi, apakah kamu bersedia ikut?” Tanya Papa.

“Soal sekolahmu,” lanjut Papa, “kamu nggak usah khawatir. Sseluruh biaya pendidikanmu biar papa yang menanggung.” “Baiklah kalau memang Bapak dan Tiyas menghendaki saya ikut, saya mau pak. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas kebaikan Bapak yang mau membantu saya dan keluarga saya.” Kemudian Tiyas bangkit dari tempat duduk lalu mendekat memeluk Dwi. Tampak mata Tyas berkaca kaca tidak kuat menahan kebahagiaan. Kini Dwi tinggal di rumah Tiyas. Sementara orang tuanya tetap tinggal di desa. Selain untuk mengerjakan sawah, mereka juga merawat nenek Dwi yang sudah semakin tua.

Dari contoh cerpen singkat tentang persahabatan diatasdapat kita ambil hikmah bahwa kita harus mensyukuri nikmat yang telah kita miliki. Serta selalu merasa berkecukupan seperti halnya Dwi yang selalu bersyukur sekalipun hidup serba kekurangan. Cerpen singkat tema sahabat ini juga mengajarkan pada kita untuk menjunjung tinggi nilai solidaritas anatar sesama. Selain cerpen singkat diatas juga mengajarkan kita untuk menghargai sebuah nilai persahabatan yang terjalin.

Unsur Instrinsik Cerpen Singkat Persahabatan

Unsur intrinsik cerpen adalah informasi terkait yang ada pada teks cerpen persahabatan itu sendiri. Setelah kita membaca contoh cerpen tentang persahabatan diatas kita dapat menyimpulan unsur intrinsiknya yang terdiri dari:

  1. Tema : Persahabatan.
  2. Tokoh : Tiyas, Papa Tiyas, Mama Tyas dan Dwi.
  3. Watak :Tiyas Suka Menolong, Dwi tidak suka membebani orang lain, Papa Tiyas Baik hati dan ramah, Mama Tiyas : Peduli.
  4. Alur : Maju.
  5. Latar :Tempat – Rumah Tiyas, Rumah Dwi.
  6. Waktu : Siang Hari.
  7. Suasana : Mengharukan.
  8. Sudut pandang : Orang Pertama.
  9. Amanat : Sebagai makluk tuhan kita harus saling tolong menolong Dan Berbagi kepada sesama.
Baca Juga  Struktur Isi, Bentuk dan Cara Menyunting Berita

Apakah anda terhibur dengan contoh cerpen diatas? jika anda belum puas saya masih memiliki beberapa cerpen persahabatan. Membaca memang sesuatu yang mengasyikan dan bisa bikin lupa waktu. Ada kalanya kita membaca cerita karena memang memiliki tugas sekolah. Misalnya diminta mencari contoh cerpen tentang persahabatan ataupun menganalisa unsur unsur cerita itu sendiri.

Saya masih memiliki beberapa contoh cerita tentang persahabatan terbaru. Cerita ini saya buat dengan tujuan untuk menambah wawasan kita semua ketika menjumpai cerita dengan gaya bahasa yang berbeda. Sehingga kita tetap bisa menganalisa unsur unsur cerpen singakt tersebut meskipun terdapat sedikit perbedaan.

Contoh Cerpen Persahabatan Singkat

Sudah pasti kita sering membaca cerita pendek dengan epilog happy ending. Cerpen semacam ini memang sangat melegakan untuk dibaca karena semua berakhir bahagia. Namun bagaimana jika cerpen tema sahabat berakhir menyedihkan? tentu semua akan berbeda.

Dalam beberapa kasus pengarang sengaja membuat sebuah cerpen persahabatan yang berakhir menyedihkan. Hal ini dilakukan untuk menarik emosi pembaca agar menjadi lebih emosional dan benar benar menghayati cerita tersebut. Pada contoh cerpen singkat kedua ini pun saya telah menyiapkan cerita tema sahabat dengan tipe sad ending.

Judul cerpen : Selamat Tinggal, Engkau Sahabatku

Mentari telah menampakkan sinarnya yang hangat, menerangi tiga sahabat dekat yang tengah berkumpul disebuah rumah terbuat dari kayu. Angin berhembus semilir lembut menerpa daun daunan pohon dengan ukuran besar yang menari mengikuti arah berhembusnya angin. Ketiga sahabat tersebut adalah karina, helena, delia.

Dalam contoh cerpen singkat tentang persahabatan paragraf pertama kita dapat melihat struktur teks yakni abstrak cerpen. Abstrak sendiri berkenaan dengan pengenalan awal suatu cerpen

Sebagai sahabat mereka selalu berkumpul bermain bersama sama dalam rumah kayu tersebut. Bersedagurau, tertawa dan bembira bersama, menikmati indahnya bunga bunga yang tengah berbaris nan rapi dilihat dari atas pohon. Rumah yang saati ini berdiri kokoh di atas pohon tersebut dinamakan rumah pohon persahabatan yang melambangkan persahabatan ketiga orang tersebut.

contoh cerpen singkat tentang persahabatan
contoh cerpen singkat tentang persahabatan

Karina merupakan sosok perempuan yang sangat energic dan semangat dalam pembelajaran fisika, kimia maupun sesuatu yang berhubungan dengan sains. selain itu dia sangat suka bersedagurau dan bercanda layaknya perempuan pada umumnya. Namun sifat manja yang ia miliki menjadi sebuah kelemahan yang belum mampu ia kuasai.

Helena sendiri adalah perempuan yang cerewet, suka berdiam diri dan memiliki hobi mendengarkan musik jass menggunakan telepon genggam yang selalu dia bawa kemapun dia pergi. Meskipun terlihat sebagai perempuan yang suka menyepelekan sesuatu, namun ia sangat alhi dalam bidang sejarah dan handal dalam bernyanyi maupun memainkan musik.

Pada paragraf 2, 3 dan 4 contoh cerpen singkat persahabatan kita akan menemukan orientasi yang memuat pengenalan tokoh dalam cerpen persahabatan ini

Dan yang terakhir ialah Delia, ia adalah perempuan yang gemar memiliki rambut panjang yang teramat sangat baik. Ia suka menolong sahabat sahabatnya. Dia sangat pintar dalam pelajaran biologi maupun matematika. Tidak heran jika dia selalu mendapatkan predikat terbaik di kelasnya. Karena tidak pernah mendapatkan nilai rendah, ia selalu menjadi idola di sekolahannya.

Di suatu pagi, karina terbangun dengan wajah yang lemas lesu. Matanya masih buram dengan wajah berkunang kunang yang membuatnya enggan berdiri. Namun ia harus tetap bangun karena jam dinding telah menunjukkan pukul 07.00. Selain itu hari ini merupakan hari pertama karina memasuki ruang kelas delapan. Maka diapun berusaha bangun untuk bersiap siap menuju ke sekolah.

Pada pragraf ini kita akan menemukan awal mula masalah atau komplikasi pada contoh cerpen singkat persahabatan. Komplikasi dimulai ketika Delia menyembunyikan dan mengabaikan sakitnya

“Teng Tong”. Lonceng sekolahan berbunyi menandakan sekolah telah memasuki jam petama membuat helena yang sedang mendengarkan musik terganggu. Suara lonceng itu menggema masuk dalam telinga helena. Sedangkan Delia dengan senyumnya yang khas nan manis mengambil buku buku dari tas coklat yang ia bawa. Namun perasaan tidak enak sedang dia rasakan, entah kenapa kepalanya mendadak sakit namun ia berusaha untuk tetap menahannya. Dan anehnya Delia selalu menoleh kanan kiri bak mencari sesuatu yang hilang.

Helena yang penasaran akhirnya bertanya sambil berbisik, “Del, kamu kenapa?” Delia yang berbalik menjawab “Apa kamu melihat karina? Rasanya dari tadi aku tidak melihatnya” Helena menggeleng menandakan dia tidak tau keberadaan karina. Tiba tiba saja, seorang guru wanita berambut panjang berkilau datang seperti model iklan shampoo dan menyapa kelas “Selamat pagi anak anak” sapa bu mala dengan suara lantang.

contoh cerpen singkat tentang persahabatan
contoh cerpen singkat tentang persahabatan

Ibu mala lalu berbalik ke meja dan nampak tengah mencari sesuatu diantara tumpukan kertas yang tampaknya sengaja dibiarkan terbengkalai dan berantakan. Tiba tiba pintu mulai terbuka secara misteris, dari pintu itu munculah bayang bayang. Dan saat dilihat ternyata itu adalah karina. Karina yang nampak kaget melihat bu mala sudah hadir secara perlahan masuk kedalam kelas tanpa menimbulkan suara sedikitpun.

Delia yang tak kuat menahan tertawa melihat ekspresi karina yang nampak lucu didepan kelas. Delia dan Helena melihat karina berlari diantara dua barisan bangku coklat yang ditata dengan teramat sangat rapi hingga akhirnya karina lega telah duduk disamping Delia.

Dalam contoh cerpen singkat persahabatan ini ditutup dengan resolusi yakni delia ternyata sakit tumor dan tengah dirawat di rumah

Setelah jam pelajaran selesai, akhirnya ketiga sahabat itu pergi ke rumah pohon tempat mereka berkumpul setiap harinya. Pada saat itu sakit kepala delia kembali kambuh, namun seperti biasanya Delia tetap merahasiakan rasa sakitnya.

Hingga pada suatu hari saat kedua sahabatnya Karina dan Helena di rumah pohon menunggu kedatangan Delia untuk mengerjakan pekerjaan rumah, Namun Delia yang ditunggu tidak kunjung hadir. Sudah lima hari Delia tidak terlihat di kelas maupun di rumah pohon persahabatan. Hingga di hari keenam karena merasa penasaran Helena dan Karena datang kerumah Delia untuk menanyakan kabarnya.

Contoh cerpen singkat persahabatan ini juga memuat berbagai unsur intrinsik, selain itu kita juga dapat menganalisa struktur cerpen itu sendiri

“Tok Tok” Suara karina mengetok pintu rumah Delia. Dalam hati karina bertanya “Kenapa ya banyak sekali kursi kursi berjajar dirumah Delia, apakah dirumahnya sedang ada acara selametan. Tapi kenapa dia tidak mengundang aku dan Helena?”

Ibu Delia akhirnya membuka pintu dan menjawab pertanyaan Karina. Alangkah terkejutnya karina mendengar delia masuk rumah sakit karena terkena tumor otak. Ternyata selama ini delia telah menyembunyikan penyakitnya dari teman temannya.

Delia yang telah terkena penyakit mematikan tersebut berada dirumah sakit dan tengah menunggu operasi. Sontak berita ini membuat sahabat sahabatnya menjadi tidak percaya. delia yang terlihat selalu riang itu tidak pernah berbicara dan menyinggung penyakitnya. Akhirnya karina, dan helena memberanikan diri untuk menanyakan nasib sahatanya. Ibu delia mejawab dengan penuh rasa sedih bahwa delia telah meninggal. Ia mengambil sepucuk surat “Ini nak, delia titip ini buat temen temennya”. Ibu bergegas masuk untuk menyembunyikan kesedihannya.

Ending cerpen singkat tentang persahabatan sejati
Ending cerpen singkat tentang persahabatan sejati

Dalam surat tersebut bertuliskan “Untuk sahabat sahabatku, maaf selama ini aku menyembunyikan kebenaran akan diriku. Aku sudah berjuang semampuku tapi ini adalah batasnya, ini adalah kehendak yang maha kuasa. Sebagai manusia kita hanya bisa pasrah dan tawakal setelah berjuang. Meskipun ini akhir dari perjuanganku, aku berharap akan menjadi awal perjuangan kalian yang baru.

Jaga terus tali persahabatan kita, jangan pernah lupakan aku untuk selamanya” Tulisan tangan delia tersebut sontak membuat karina dan helena menangis histeris. Mata karina terasa buram dan berkunang kunang. Dan seketika bruk, karina jatuh pingsan dan helena tidak kuat menahan rasa kaget akhirnya juga ikut tersungkur ke tanah sambil menangis.

Pada dasarnya contoh cerpen tentang persahabatan dapat kita temukan dalam berbagai media, seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Selain mencari referensi contoh cerpen singkat persahabatan. Kita bisa membuat contoh cerpen persahabatan sendiri berdasarkan pengalaman pribadi dengan sahabat kita.

Itulah contoh cerpen tentang persahabatan yang dapat kita simak dan patut untuk kita contoh. persahabatan merupakan hal yang indah jika kita bisa saling enghargai dan memiliki rasa perduli dengan sahabat kita. Semoga ada hikmah yang bisa kita petik setelah membaca contoh cerpen singkat diatas.

20 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.