Pengertian Ilmu Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Diposting pada

Pengertian Ilmu Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Terlengkap)Berdasarkan bahasa Yunani, kata Politik berarti “Politikos” yang artinya untuk, dari, atau yang berhubungan dengan warga negara. Politik diartikan sebagai proses pembagian dan pembentukan kekuasan sebuah negara dalam memberikan keputusan dalam lingkup masyarakat. Lalu apa definisi ilmu politik secara umum? Apa pengertian ilmu politik menurut para ahli? Pengertian dari beberapa sumber yang berbeda ini pada hakikatnya berkaitan dengan ilmu politik disekeliling kita. Politik merupakan ilmu dan seni yang digunakan untuk mencapai kekuasaan konstitusional maupun non konstitusional.

Ilmu politik pada dasarnya memiliki arti secara umum maupun menurut para ahli. Masing masing pengertian ilmu politik menurut para ahli tersebut berbeda beda. Namun pada dasarnya memiliki makna yang sama. Hal ini dijelaskan dalam pengertian ilmu politik secara umum. 

Pengertian Ilmu Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Terlengkap)
Ilmu Politik

Ilmu politik tersebut sebenarnya merupakan cabang ilmu sosial yang berkaitan dengan praktek dan teori politik dalam menganalisis serta menggambarkan perilaku politik lengkap dengan sistemnya. Ilmu tersebut menjelaskan tentang transfer dan alokasi kekuasaan dalam membuat kebijakan politik, keputusan, sistem pemerintahan, peran dan perilaku politik. Ilmu ini juga dapat digunakan untuk mengukur sebuah keberhasilan dalam kebijakan atau pemerintahan khusus dengan cara memeriksa stabilitas keadilan, perdamaian dan kesejahteraan material. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian ilmu politik secara umum dan pengertian ilmu politik menurut para ahli terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Ilmu Politik Secara Umum dan Menurut Para Ahli (Terlengkap)

Pengertian ilmu politik secara umum ialah ilmu yang mempelajari tentang proses pembangunan dan pembentukan letak kekuasaan dalam masyarakat sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan keadaan masyarakatnya. Politik tersebut juga dapat diartikan sebagai tindakan kelompok individu yang berkaitan dengan masalah dalam sebuah negara atau masyarakat.

Pengertian dari politik ini juga dapat ditinjau berdasarkan arti kebijaksanaan maupun arti kepentingan umum. Untuk pengertian politik dalam arti kepentingan umum adalah segala tindakan politik yang bertujuan untuk kepentingan bersama, baik dalam daerah ataupun dalam lingkup kekuasaan negara. 

Baca juga : Pengertian, Faktor, Dampak dan Contoh Etnosentrisme

Ilmu politik berkaitan dengan kebijakan umum, kekuasaan, pengambilan keputusan, negara, dan distribusi kemakmuran. Selain pengertian ilmu politik secara umum, adapula pengertian politik menurut para ahli, secara etimolodi, KBBI dan sebagainya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Secara Etimologi

Definisi ilmu politik secara etimologi dapat diartikan dalam Bahasa Yunani ataupun Bahasa Belanda. Berdasarkan bahasa Yunani, kata politik berarti “Politika” yang artinya yang berkaitan dengan negara. Kata politika tersebut berasal dari kata dasar “Polites” artinya warga negara dan “Polis” artinya negara kota. Sedangkan menurut bahasa Belanda, kata politik berarti “Politiek”. Jadi secara etimologi, ilmu politik berkaitan dengan kata politisi, politik dan politis. Pengertian politisi ialah orang yang bergerak dalam bidang politik. Politik ialah hal yang berkaitan dengan kebijakan dan polisi. Sedangkan politis ialah hal yang memiliki kaitan erat dengan politik.

Secara Terminologis

Pengertian ilmu politik secara terminologis dapat diasumsikan menjadi beberapa definisi yaitu:

  • Berhubungan dengan kehidupan manusia dalam lingkup masyarakat. Politik dianggap sebagai usaha dalam mendapatkan, mempertahankan, memperluas dan memperbesar kekuasaan. Contohnya hak hak politik, kejahatan politik dan kegiatan politik.
  • Berhubungan dengan cara meraih sebuah tujuan tertentu atau serangkaian tujuan yang ingin dicapai. Pengertian ilmu politik tersebut lebih merujuk pada kebijakan politik. Contohnya politik keuangan, politik luar negeri, dan politik dalam negeri.
  • Berhubungan dengan aturan perkara dalam masyarakat dalam berbagai segi kehidupan. Dalam hal ini pemerintah akan menyelesaikan masalah dalam masyarakat dan dalam penyelesaian tugasnya maka pemerintah juga akan dikoreksi oleh masyarakat.

Menurut KBBI

Menurut KBBI, ilmu politik dapat diartikan menjadi beberapa hal. Adapun pengertian ilmu politik menururt KKBI yaitu:

  • Ilmu tentang kenegaraan ataupun ketatanegaraan. Misalnya dasar pemerintahan maupun sistem pemerintahan.
  • Seluruh tindakan dan urusan dengan negara lain ataupun dengan pemerintahan negara yang berkaitan dengan siasat, kebijakan dan lain lain.
  • Kebijaksanaan atau cara bertindak dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Menurut Para Ahli

Selain definisi ilmu politik secara umum, etimologi, terminologis dan menurut KBBI diatas. Adapula pengertian ilmu politik menurut para ahli. Para ahli mendefinikan politik menjadi beberapa pengertian dengan pendapat dan pandangan yang berbeda beda. Berikut penjelasan selengkapnya:

Baca juga : Kekuatan Politik Militer Era Orde Baru di Indonesia

Aristoteles

Pengertian ilmu politik menurut Aristoteles ialah cara atau upaya dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.

Joice Mitchel

Definisi ilmu politik menurut Joice Mitchel ialah upaya dalam membuat kebijaksanaan dan keputusan yang kolektif untuk seluruh masyarakat secara umum.

Prof. Miriam Budhiarjo

Definisi ilmu politik menurut Prof. Miriam Budhiarjo ialah berbagai tindakan sistem politik negara yang berhubungan dengan proses penentuan tujuan beserta pelaksanaan tujuannya. Politik tersebut merupakan hal hal yang berkaitan dengan negara beserta proses pengambilan keputusannya.

Johan Kaspar Blunchli

Pengertian ilmu politik menurut Johan Kaspar Blunchli ialah ilmu yang mempelajari tentang manifestasi pembangunan, masalah ketatanegaraan, sifat dasar dalam pembangunan, dan menjelaskan tentang negara beserta kondisi didalamnya. Johan Kaspar Blunchli mengartikan ilmu politik sebagai konsep pokok dalam state (negara), power (kekuasaan), policy of beleid (kebijaksanaan), allocation (alokasi), decision marking (pengambilan keputusan), dan distribution (pembagian).

Roger F. Soltau

Definisi ilmu politik menurut Roger F. Soltau ialah ilmu yang membahas tentang negara, lembaga pelaksana tujuan negara dan tujuan tujuan dari dibentuknya negara tersebut.

W.A Robson

Definisi ilmu politik menurut W.A Robson ialah ilmu yang membahas tentang kekuasaan dalam lingkup masyarakat seperti hasil, sifat hakiki, ruang lingkup, dasar dan prosesnya.

Robert

Pengertian ilmu politik menurut Robert ialah seni yang berguna dalam mengatur dan memerintah manusia dalam lingkup masyarakat.

Hans Kelsen

Menurut Hans Kelsen, definisi ilmu politik dapat diartikan menjadi dua hal yaitu:

  • Politik sebagai etik yaitu berhubungan dengan tujuan individu manusia agar hidup dengan sempurna.
  • Politik sebagai teknik yaitu berhubungan dengan cara individu manusia dalam menggapai tujuannya.

Paul Janet

Pengertian ilmu politik menurut Paul Janet ialah ilmu yang berkaitan dengan prinsip pemerintahan dalam mengembangkan negaranya.

Ibnu Aqil

Definisi ilmu politik menurut Ibnu Aqil ialah hal hal efektif dalam menjauhkan manusia dari kerusakan dan mendekatkan mereka pada kemaslahatan walaupun tidak ditakdirkan oleh Rasulullah SAW.

Andrew Heywood

Definisi ilmu politik menurut Andrew Heywood dapat diasumsikan menjadi beberapa definisi yaitu sebagai berikut:

  • Politik adalah seni pemerintahan. Dalam hal ini pemerintah mengatur masyarakat dalam memberdayakan dan membuat keputusan secara kolektif. Pengertian ini merupakan makna tertua dan sudah berkembang pada masa Yunani Kuno.
  • Politik adalah hubungan publik. Secara umum manusia merupakan binatang politik sesuai dengan buku Aristoteles tentang Politics. Artinya manusia ditakdirkan untuk melakukan komunitas politik jika ingin memperoleh kehidupan yang baik. Kemudian komunitas ini dibedakan menjadi dua yaitu dalam lingkup privat maupun publik.

Baca juga : Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

  • Politik adalan konsensus dan komponen kompromi. 
  • Politik adalah kekuasaan. Politik diartikan sebagai seseorang atau kelompok yang mampu mempengaruhi kelompok atau orang lainnya sesuai dengan kehendaknya. Dalam hal ini politik diasumsikan sebagai penggunaan kekuasaan sumber daya, produksi, dan distribusi.

Hamid

Pengertian ilmu politik menurut Hamid ialah ilmu yang berkaitan dengan organisasi dan pemerintahan negara yang modern. Kemudian pemerintah dijadikan sebagai lembaga alokasi nilai, kepemimpinan dan otoritas yang terorganisir.

Harold Laswell

Definisi ilmu politik menurut Harold Laswell ialah ilmu yang berhubungan dengan pembagian dan pembentukan kekuasaan.

Ramlan Surbakti

Definisi ilmu politik menurut Ramlan Surbakti ialah hubungan antara masyarakat dengan pemerintah dalam memutuskan kebaikan bersama untuk masyarakat dalam wilayah tertentu.

F. Isjwara

Pengertian ilmu politik menurut F. Isjwara ialah teknik pelaksanaan dan perjuangan dalam mendapatkan kekuasaan.

Wilbur White

Definisi ilmu politik menurut Wilbur White ialah ilmu yang menjelaskan tentang proses, bentuk dan asal mual dari pemerintah dan negara.

Ossip K. Flechteim

Definisi ilmu politik menurut Ossip K. Flechteim ialah ilmu sosial yang berkaitan dengan tujuan dan sifat negara. Negara tersebut dianggap sebagai organisasi kekuasaan yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi negara lainnya.

Rod Hague

Pengertian ilmu politik menurut Rod Hague ialah tindakan yang berhubungan dengan proses suatu kelompok dalam membuat keputusan yang sifatnya mengikat dan kolektif. Proses ini dilakukan dengan cara usaha perdamaian antar anggota yang berbeda beda.

Max Weber

Definisi ilmu politik menurut Max Weber ialah usaha untuk memperjuangkan distribusi kekuasaan dan melaksanakan politik secara bersama sama, baik antar hukum negara maupun antar negara.

Cheppy H.Cahyono

Definisi ilmu politik menurut Cheppy H.Cahyono ialah berbagai tindakan negara atau sistem politik yang berhubungan dengan pelaksanaan tujuan dan penentuan sistem yang ada.

Sekian penjelasan tentang pengertian ilmu politik secara umum dan pengertian ilmu politik menurut para ahli terlengkap. Politik secara umum berhubungan dengan sebuah negara. Masing masing negara memiliki sistem politiknya sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini..

Baca Juga  Pengertian Moralitas dan Legalitas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.