8 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Harus Diketahui

Diposting pada

8 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Harus Diketahui – Di jaman serba modern sekarang ini, kita sudah tidak asing lagi dengan keberadaan komputer. Komputer sendiri pada awalnya memiliki bentuk yang besar dan peletakannya masih di atas meja. Komputer kemudian diinovasikan menjadi lebih efisien hingga berbentuk portable seperti laptop. Setelah itu terciptalah benda portable yang hampir serupa dengan laptop yaiu notebook. Keduanya merupakan alat elektronik seperti komputer yang mudah dibawa kemana mana. Meski konsep pembuatannya hampir sama tetapi terdapat perbedaan antara laptop dan notebook yang perlu anda ketahui. Lalu apa saja perbedaan laptop dan notebook itu?

8 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Harus Diketahui
Perbedaan laptop dan notebook, mana yang terbaik?

Laptop dan notebook sering disamakan satu sama lain, meski sebenarnya kedua alat elektronik ini berbeda. Bahkan banyak orang yang belum tahu mengenai perbedaan antara laptop dan notebook tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan laptop dan notebook yang perlu diketahui. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

8 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Harus Diketahui

Perangkat komputer dapat dibagi menjadi beberapa jenis meskipun penggolongannya hampir sama. Jenis jenis komputer tersebut disesuaikan berdasarkan ukuran dan spesifikasi perangkatnya. Laptop dan notebook memiliki ukuran perangkat yang berbeda. Laptop dan notebook merupakan perangkat komputer yang serupa namun tak sama. Di bawah ini terdapat beberapa perbedaan laptop dan notebook yang perlu anda ketahui. Berikut penjelasan selengkapnya:

Beda Ukuran Layar

8 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Harus Diketahui
Perbedaan ukuran layar laptop dan notebook

Perbedaan laptop dan notebook yang pertama terletak pada ukuran layarnya. Untuk ukuran layar pada laptop sekitar 18 inci lebih. Sedangkan ukuran layar pada notebook lebh kecil yaitu sekitar 13 – 18 inci.

Beda Berat

8 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Harus Diketahui
Perbedaan berat laptop dan notebook

Perbedaan laptop dan notebook selanjutnya terletak pada beratnya. Kedua perangkat komputer ini memiliki berat atau bobot yang tidak sama. Untuk berat laptop mencapai 3 hingga 5 kg. Sedangkan berat notebook hanya 1 sampai 2 kg saja.

Beda Spesifikasi Grafis

8 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Harus Diketahui
Beda laptop dan notebook dari spesifikasi dan grafis
Baca Juga  Cara Mengatasi Scroll Touchpad Laptop yang Error Tidak Berfungsi

Perbedaan laptop dan notebook selanjutnya terletak pada spesifikasi grafisnya. Laptop dilengkapi dengan spefisikasi grafis berupa VGA berkapasitas tinggi sehingga tampilannya lebih berforma baik. Sedangkan spesifikasi grafis pada notebook hanya didukung dengan VGA yang kapasitasnya kecil. Meski begitu sekarang telah banyak Notebook yang diciptakan dengan dukungan VGA yang mumpuni sehingga kapasitasnya lebih besar.

Baca juga: 12 Cara Memperbaiki Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Beda Ukuran RAM
Perbedaan laptop dan notebook selanjutnya terletak pada ukuran RAM nya. RAM pada laptop dan notebook memiliki ukuran kapasitas yang tidak sama. Kapasitas RAM pada laptop lebih besar jika dibandingkan dengan kapasitas RAM pada notebook. Tetapi sekarang ini Notebook telah banyak diciptakan dengan kapasitas RAM  yang lebih besar. Bahkan RAM tersebut dilengkapi dengan Upgrade kapasitas sehingga ukurannya dapat lebih besar lagi.

Beda Keberadaan DVD ROM
Perbedaan laptop dan notebook selanjutnya terletak pada keberadaan DVD ROM nya. Keberadan DVD ROM ini merupakan perbedaan yang menonjol pada laptop dan notebook. Untuk Laptop biasanya mempunyai DVD ROM didalamnya sehingga memudahkan penggunanya dalam membaca kepingan kaset. Sedangkan untuk notebook pada dasarnya tidak mempunyai DVD ROM. Namun dalam pembacaan kepingan kasetnya biasanya ditambah dengan DVD ROM Eksternal.

Beda Daya Tahan Baterai
Perbedaan laptop dan notebook yang terakhir terletak pada daya tahan baterainya. Laptop memiliki daya tahan baterai yang waktu durasinya tidak lama. Sedangkan notebook memiliki daya tahan baterai yang durasi waktunya lama. Daya tahan baterai pada laptop dan notebook dapat dipengaruhi oleh penggunaannya juga.

Lalu apakah bisa disimpulkan antara laptop dan notebook bagus mana? itu tergantung pada kebutuhan kita. Sekian penjelasan mengenai perbedaan laptop dan notebook yang perlu anda ketahui. Laptop dan notebook termasuk kedalam perangkat komputer yang serupa namun tak sama. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.