16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan

Diposting pada

16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan – Negara Indonesia terdiri dari berbagai pulau dan suku suku. Untuk itulah negara Indonesia disebut sebagai negara yang kaya akan keberagamannya, baik suku, agama, ras, budaya dan sebagainya. Indonesia memiliki kebudayaan yang telah diwariskan oleh nenek moyang jaman dahulu dan terus berkembang sampai sekarang. Berabad abad lamanya negara ini mengalami beberapa reformasi, perjuangan dan sebagainya sebagai asal usul pembentukan dari negara Indonesia ini.

Salah satu bukti bentuk asal usul Nusantara ini ialah beberapa prasasti bersejarah di Indonesia yang terdapat dibeberapa wilayah yang berbeda. Letak peninggalan prasasti bersejarah ini disesuaikan dengan letak penemuannya. Namun adapula beberapa prasasti yang diletakkan di museum Nasional. Apa saja jenis jenis prasasti di Indonesia itu?

16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan
Prasasti Prasasti yang Terletak di Indonesia

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam sejarah bangsa Indonesia terdapat kisah nenek moyang ketika dimasa lampau. Bukti dari adanya masa lalu ini diwujudkan dalam bentuk peninggalan sejarah. Bahkan sampai sekarang masih ditemukan beberapa peninggalan bersejarah di Indonesia yang cukup beragam. Untuk itu peninggalan ini diletakkan di beberapa museum agar dapat dilestarikan dan dirawat dengan baik. Mengingat banyak sekali bentuk peninggalan sejarah yang ada di Indonesia, misalnya saja prasasti. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa prasasti bersejarah di Indonesia beserta letaknya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan

Ada banyak sekali peninggalan bersejarah di indonesia yang masih terawat dengan baik. Masing-masing memiliki cerita dan latar belakang yang berbeda sesuai kerajaan yang membuatnya. Inilah yang membuat Indonesia kaya akan peninggalan bercorak budaya dan agama. Kendati demikian, ternyata masih ada sejumlah siswa yang tak mampu menjelaskan apa saja prasasti bersejarah peninggalan kerajaan tertentu.

Sebelum saya membagikan beberapa peninggalan prasasti bersejarah yang ada di Indonesia. Maka saya akan memberikan penjelasan sedikit mengenai pengertian prasasti. Prasasti dapat diartikan sebagai dokumen atau piagam yang penulisannya menggunakan bahan yang tahan lama atau keras. Menurut bahasa Sansekerta, kata prasasti bermakna “Pujian”. Kemudian sekarang artinya berubah menjadi “Surat keputusan, Piagam, Tulisan, Maklumat, atau Undang Undang”. Prasasti ini disebut sebagai inkripsi oleh para arkeolog.

Baca juga : 18 Candi Hindu di Indonesia Beserta Letaknya

16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan
Peninggalan Kerajaan Tarumanegara (Prasasti Tugu)

Bentuk peninggalan prasasti bersejarah di Indonesia berasal dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya di dekat kota Palembang dan peninggalan Kerajaan Tarumanegara di Bogor, Jawa Barat. Berikut beberapaa macam prasasti bersejarah beserta letak prasasti sejarah yang ada di Indonesia yaitu diantaranya:

Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

Tarumanegara memberi peran besar pada awal perkembangan peradaban di Indonesia. Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan kuno di wilayah Jawa Barat yang berdiri sekitar abad ke-5 hingga ke-7 Masehi. Prasasti bersejarah di Indonesia yang berasal dari peninggalan kerajaan tarumanegara pun masih terpelihara sampai sekarang.

Prasasti Ciaruteun

Prasasti Ciaruteun adalah prasasti tertua yang ditemukan di reruntuhan kerajaan Tarumanegara. Prasasti ini terbuat dari batu andesit di desa Ciaruteun, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Isinya menggambarkan pemberian tanah oleh seorang raja kepada seorang pendeta Buddha bernama Mulawarman. Prasasti ini mengindikasikan pengaruh agama Buddha di kerajaan kala itu.

Prasasti Kebon Kopi

Prasasti Kebon Kopi adalah prasasti yang ditemukan di sekitar Kebon Kopi, Bogor, Jawa Barat. Prasasti ini mengungkapkan informasi seperti apa sistem pemerintahan Tarumanegara. Prasasti bersejarah ini juga menceritakan hubungan tarumanegara dengan berbagai kerajaan lain seperti Sriwijaya. Prasasti Kebon Kopi juga mengandung rincian tentang upacara persembahan dan pemujaan agama Hindu yang dilakukan pada masa itu.

Prasasti Pasir Awi

Prasasti Pasir Awi adalah salah satu prasasti yang ditemukan di desa Pasir Awi, Bogor, Jawa Barat. Prasasti ini juga berhubungan dengan agama Hindu dan memberikan pandangan tentang hubungan antara para pemimpin kerajaan dengan para pendeta agama Hindu. Isi prasasti ini mencakup penyebutan raja, bangsawan, dan pemberian tanah sebagai bentuk penghargaan.

Prasasti Batu tulis

Prasasti bersejarah di indonesia yang tak kalah menarik adalah batu tulis yang ditemukan di desa Batutulis, Bogor, Jawa Barat. Batu tulis mengungkapkan informasi tentang pendanaan pembangunan sebuah candi yang digunakan untuk upacara keagamaan. Keberadaan peninggalan bersejarah kerajaan tarumanegara tersebut sekaligus menunjukan dukungan terhadap agama buda dan hindu di zaman itu.

Prasasti peninggalan bersejarah kerajaan tarumanegara

Kerajaan tarumanegara merupakan salah satu kerajaan adidaya di jamannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai peninggalan kerajaan dan prasasti kerajaan tarumanegara yang tersebar di berbagai wilayah. Prasasti bersejarah Indonesia yang pertama ini berasal dari peninggalan Kerajaan Tarumanegara. Kerajaan ini memiliki beberapa macam prasasti yang terdapat di Bogor, Jawa Barat yaitu meliputi:

  1. Prasasti Ciaruteun, terletak di Bogor, Jawa Barat.
  2. Prasasti Jambu, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di kota Bogor, Jawa Barat.
  3. Prasasti Muara Cianten, terletak di Bogor, Jawa Barat.
  4. Prasasti Lebak
  5. Prasasti Kebon Kopi, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di kota Bogor, Jawa Barat.
  6. Prasasti Pasir Awi, terletak di Bogor, Jawa Barat.
  7. Prasasti Tugu, terletak di kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga : 10+ Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambar

Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya

Indonesia adalah negara yang kaya akan sejarah dan budaya dari berbagia generasi. Salah satu peninggalan prasasti bersejarah di Indonesia bisa kita saksikan berasal dari kerajaan sriwijaya. Keberadaan prasasti ini sekaligus menjadi bukti konkrit makmurnya kerajaan yang pernah menguasai wilayah Sumatera abad ke-7 hingga ke-14 Masehi.

Prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya menggambarkan bagaimana sriwijaya pernah jadi pusat kekuatan maritim dan perdagangan. Prasasti bersejarah itu tersebut terbuat dari batu atau tembaga dan terukir dengan tulisan Pallawa, yang merupakan sistem penulisan yang berasal dari India. Tulisan-tulisan ini memberikan informasi penting tentang pemerintahan, agama, perdagangan, dan aktivitas sehari-hari masyarakat Sriwijaya pada masa itu.

Prasasti Kedukan Bukit

Prasasti Kedukan Bukit, yang ditemukan di Palembang, Sumatera Selatan, adalah salah satu prasasti tertua yang masih ada di Indonesia. Prasasti ini berusia sekitar 1.300 tahun dan mengungkapkan hubungan kuat antara Kerajaan Sriwijaya dan agama Buddha. Isi prasasti ini mengenai pemberian seorang raja kepada seorang pendeta Buddha yang dikenal sebagai Dapunta Hyang. Prasasti ini juga mencatat tentang sistem pemerintahan dan berbagai gelar yang digunakan dalam hierarki sosial saat itu.

Prasasti Talang Tuo

Prasasti Talang Tuo adalah prasasti lain yang ditemukan di Sumatera Selatan. Prasasti ini memberikan informasi tentang pemerintahan dan budaya Sriwijaya pada masa itu. Dalam prasasti ini terdapat rincian mengenai wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Sriwijaya, serta kontribusi-kontribusi dari berbagai daerah dalam bentuk pajak dan upeti. Ini mencerminkan bagaimana Kerajaan Sriwijaya mengumpulkan kekayaan dan kekuasaan melalui jalur perdagangan yang menghubungkan berbagai wilayah.

Prasasti Karang Berahi

Prasasti Karang Berahi adalah salah satu prasasti penting yang ditemukan di wilayah Jambi, Sumatera. Prasasti ini menunjukkan bukti kuat tentang agama Hindu di Sriwijaya, dengan pemujaan Dewi Tara dan Dewa Wisnu. Selain itu, prasasti ini juga mencatat sejumlah nama penguasa dan rincian mengenai upacara-upacara keagamaan yang dilaksanakan pada masa itu. Prasasti ini adalah salah satu contoh keberagaman agama yang ada dalam masyarakat Sriwijaya.

Kumpulan Prasasti kerajaan Sriwijaya

Salah satu kerajaan adidaya selain tarumanegara dan majapahit adalah kerajaan sriwijaya. Kerajaan adidaya ini memiliki berbagai peninggalan bersejarah berbentuk prasasti kuno yang saat ini sudah ditemukan diberbagai daerah. Prasasti bersejarah di Indonesia selanjutnya berasal dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan ini memiliki beberapa macam prasasti yaitu meliputi:

  1. Prasasti Karang Berahi, terletak di daerah Jambi hulu.
  2. Prasasti Kedukan Bukit (tahun 638 M), berada di dekat kota Palembang.
  3. Prasasti Telaga Batu, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di dekat Palembang.
  4. Prasasti Palas Pasemah, terletak di wilayah Lampung Selatan.
  5. Prasasti Talang Tuo (tahun 684 M), letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di dekat kota Palembang.
16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan
Peninggalan Kerajaan Sriwijaya (Prasasti Karang Berahi)

Kumpulan Peninggalan Prasasti Bersejarah di Indonesia

Selanjutnya saya akan merangkum beberapa peninggalan prasasti sejarah di Indonesia menjadi satu. Kumpulan peninggalan prasasti bersejarah di Indonesia ini saya lengkapi dengan letak masing masing prasastinya. Berikut beberapa macam jenis prasasti yang terdapat di wilayah Indonesia yaitu diantaranya:

  1. Prasasti Jambu, terletak di kota Bogor, Jawa Barat.
  2. Prasasti Pasir Awi, berada di kota Bogor, Jawa Barat.
  3. Prasasti Kedukan Bukit (tahun 638 M), terletak di dekat kota Palembang.
  4. Prasasti Talang Tuo (tahun 684 M), letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di dekat kota Palembang.
  5. Prasasti Dinoyo (tahun 760 M), terletak di kota Malang, Jawa Timur. Prasasti ini berisi kisah kerajaan yang pusatnya berada di Kanjuruhan.
  6. Prasasti Canggal (tahun 732 M), terletak di Magelang. Prasasti ini berisi kisah kerajaan Mataram Hindu yang dipimpin oleh Raja Sanjaya.
  7. Prasasti Muara Kaman, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.
  8. Prasasti Ciaruteun, terletak di kota Bogor, Jawa Barat.
  9. Prasasti Tugu, berada di Bogor, Jawa Barat.
  10. Prasasti Lebak, berada di Bogor, Jawa Barat.
  11. Prasasti Karang Berahi, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di daerah Jambi hulu.
  12. Prasasti Palas Pasemah, letaknya berada di Lampung Selatan.
  13. Prasasti Kalasan (tahun 778), terletak di Yogyakarta. Prasasti ini berisi kisah kerajaan Mataram Hindu yang dipimpin oleh Raja Rakai Panangkaran.
  14. Prasasti Kedu (tahun 907), prasasti ini berisi kisah Raja Belitung dari Kerajaan Mataram Hindu.
  15. Prasasti Kebon Kopi, letak prasasti bersejarah di Indonesia ini berada di Bogor, Jawa Barat.
  16. Prasasti Muara Cianten, letaknya berada di kota Bogor, Jawa Barat.
  17. Prasasti Telaga Batu, terletak di dekat kota Palembang.

Beberapa prasasti sejarah di atas merupakan wujud peninggalan peninggalan kerajaan di Indonesia. Pada dasarnya prasasti bersejarah di Indonesia masih banyak lagi, namun dalam dunia pendidikan di Indonesia hanya beberapa prasasti di ataslah yang cukup terkenal. Di bawah ini terdapat salah satu contoh prasasti peninggalan Kerajaan Pajajaran yakni sebagai berikut:

16+ Prasasti Bersejarah di Indonesia Dari Berbagai Kerajaan
Peninggalan Kerajaan Pajajaran (Prasasti Cikapundung)

Prasasti bersejarah di Indonesia ini bernama prasasti Cikapundung yang berasal dari Kerajaan Pajajaran.  Prasasti ini ditemukan pada tanggal 8 Oktober 2010 di sekitar sungai Cikapundung, Bandung oleh warga sekitar. Prasasti ini memiliki ukuran tinggi 55 cm, panjang 178 cm dan lebar 80 cm. Prasasti Cikapundung diperkirakan sudah ada sejak abad ke 14 dan berisi tulisan menggunakan huruf Sunda Kuno.

Baca juga : 22 Peninggalan Kerajaan Kediri (Candi, Kitab dan Prasasti)

Sekian beberapa prasasti bersejarah di Indonesia beserta letaknya yang dapat saya bagikan. Letak prasasti sejarah di Indonesia ini menyebar di beberapa wilayah. Beberapa prasasti peninggalan sejarah yang saya bagikan di atas merupakan prasasti sejarah yang populer dalam dunia pendidikan. Karena pada dasarnya masih banyak lagi peninggalan peninggalan sejarah lainnya yang ada di Indonesia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Kabinet Natsir: Program Kerja dan Penyebab Jatuhnya Kabinet Natsir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.