Tujuan Administrasi Beserta Fungsi dan Unsur Unsurnya

Diposting pada

Tujuan Administrasi Beserta Fungsi dan Unsur Unsurnya – Administrasi dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan dan usaha dalam menggapai tujuan tertentu yang berhubungan dengan pengelolaan kebijaksanaan. Dalam arti sempit, administrasi ialah kegiatan yang memuat surat menyurat, pembukuan ringan, agenda, catat mencatat, ketik mengetik, surat menyurat dan sebagainya yang sifatnya teknis ketatausahaan. Lantas apa tujuan dari administrasi itu? Apa fungsi administrasi? Apa saja unsur unsur administrasi itu?

Definisi administrasi dalam arti luas ialah semua proses kerjasama dalam menggapai tujuan diantara dua orang atau lebih dengan menggunakan fasilitas infrastruktur tertentu secara berhasil guna maupun berdaya guna. Kita sering mendengar istilah administrasi ini dalam sebuah perusahaan atau kantor. Untuk itu bagian administrasi harus dimiliki oleh setiap perusahaan ataupun kantor. Semua itu juga berkaitan dengan tujuan administrasi, fungsi administrasi dan unsur unsur administrasinya. Pada umumnya administrasi berguna sebagai pemegang peranan dalam menggapai sebuah usaha kegiatan yang sangat penting agar berjalan lancar ataupun pelaksanaan kegiatan dalam organisasi atau perusahaan.

Kegunaan Administrasi Dalam Perusahaan

Administrasi dapat dinyatakan sebagai sebuah urat nadi dari sebuah perusahaan karena keterangan dan fakta yang diperlihatkan membutuhkan keterangan/data dan perencanaan secara rinci seperti suatu laporan, akurat dan formulir tugas administrasi itu sendiri. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tujuan administrasi beserta fungsi administrasi dan unsur unsur administrasinya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tujuan Administrasi Beserta Fungsi dan Unsur Unsurnya

Kita tahu bahwa administrasi sering kita jumpai dalam sebuah perusahaan atau kantor. Hal ini tentunya tidak dapat dilepaskan dari adanya fungsi administrasi dan unsur unsur administrasi didalamnya. Bahkan di kantor atau perusahaan tersebut memiliki bagian administrasi khusus yang sangat penting perannya. Secara umum pengertian administrasi ialah kegiatan dan usaha dalam menggapai tujuan tertentu yang berhubungan dengan pengelolaan kebijaksanaan. Selain pengertian secara umum, adapula pengertian menurut para ahli.

Sebelum menjelaskan tentang tujuan administrasi, fungsi administrasi dan unsur unsur administrasi. Saya akan menjelaskan tentang pengertian administrasi menurut para ahli terlebih dahulu. Pengertian ini dikemukakan oleh beberapa ahli yang berbeda beda dengan pendapat yang berbeda pula.

Pengertian administrasi

Ada banyak sekali pakar yang mendeskripsikan administrasi sebagai sebuah proses yang berhubungan dengan pembukuan. Hal ini sejalan dengan pengertian administrasi dalam kamus besar bahasa indonesia. Beberapa pakar di bawah ini memberikan teori terkait administrasi, diantaranya adalah:

Ulbert

Definisi administrasi menurut Ulbert ialah catatan dan susunan informasi/data yang berasal dari luar maupun dalam secara berurutan sehingga pemerolehan kembali dapat dimudahkan serta keterangan dapat disediakan tujuannya, baik secara menyeluruh ataupun sebagian. Dalam arti sempit, administrasi didefinisikan sebagai Tata Usaha.

WH Evans

Pengertian administrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh WH Evans. Menurut WH Evans, administrasi ialah sebuah hal yang berkaitan dengan pengarahan dan manajemen mengenai pengolahan materi ingatan, keterangan dan komunikasi organisasi di semua bagian operasi dalam perusahaan. 

Arthur Grager

Selain tujuan administrasi yang akan saya jelaskan nanti. Adapula pengertian dari administrasi menurut Arthur Grager yaitu fungsi tata penyediaan untuk pelayanan surat dan komunikasi dalam sebuah organisasi.

Edwin Robinson dan William Leffingwell

Pengertian administrasi menurut para ahli selanjutnya dikemukakan oleh Edwin Robinson dan William Leffingwell. Menurut Edwin Robinson dan William Leffingwell, administrasi ialah cabang ilmu manajemen yang perlu dilakukan secara efisien, dimana dan kapan, namun berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan di perkantoran tersebut. 

Baca Juga  Badan Usaha Firma: Pengertian, Ciri-ciri, Sifat, Kelebihan dan Kelemahannya

Tujuan Administrasi

Setelah menjelaskan tentang pengertian administrasi secara umum maupun pengertian administrasi menurut para ahli. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang tujuan administrasi. Administrasi memiliki beberapa tujuan seperti di bawah ini:

  1. Agar aktivitas administrasi dalam perusahaan dapat dipantai oleh seorang usaha.
  2. Agar kegiatan pengorganisasian dalam perusahaan dapat dinilai oleh seorang pelaksana usaha.
  3. Agar program peningkatan kegiatan dan usaha organisasian dapat disusun oleh seorang pelaksana usaha.
  4. Agar kegiatan organisasi dan usaha dalam perusahaan dapat diamankan oleh seorang pelaksana usaha.

Fungsi Administrasi

Setelah membahas tentang tujuan administrasi, selanjutnya saya akan fungsi administrasi, Administrasi memiliki beberapa fungsi seperti di bawah ini:

Planning atau Perencanaan

ungsi dari administrasi yang pertama ialah planning atau perencanaan. Perencanaan ialah sebuah perencana yang disusun untuk kegiatan administrasi. Contohnya penyusunan perencanaan, pengumpulan data dan pengolahan data.

Organizing atau Pengorganisasian

Fungsi administrasi selanjutnya ialah organizing atau pengorganisasian. Organizing ialah sebuah aktivitas dalam menggapai target tujuan dalam kesatuan usaha melalui pembangunan dan penyusunan komunikasi kerja diantara angota anggotanya.

Coordinating

Selain tujuan administrasi di atas, adapula fungsi dari administrasi yang berupa coordinating. Coordinating ialah pelaksanaan sejumlah aktivitas yang berupa sebagian fungsi manajemen sehingga terjadinya kekosongan, kekacauan dan bentrok dalam aktivitas dapat dijauhi dan berjalan dengan baik melalui hubungan, penyesuaian, dan penyatuan yang dilakukan dalam pekerjaan bawahan. Dengan begitu, sebuah usaha dapat direncanakan dengan kerjasama yang baik sehingga tujuan organisasinya dapat dicapai.

Reporting

Fungsi administrasi selanjutnya ialah reporting. Reporting ialah manajemen tentang hasil atau perkembangan yang disampaikan dari pelaksanaan kegiatan melalui fungsi dan tugas dalam sebuah laporan yang diberikan kepada para pejabat tinggi, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan. Dengan begitu laporan yang diterima dapat menjelaskan gambaran tugas orang untuk melakukan pemberian laporan.

Budgeting

Salah satu tujuan sekaligus fungsi administrasi adalah mengatur budgeting. Tak banyak orang tau karena istilah ini sangat asing di telinga masyarakat. Pengertian budgeting yaitu sebuah aktivitas dalam merencanakan dan mengelola anggaran atau keuangan yang berkepanjangan.

Unsur Unsur Administrasi

Selain tujuan administrasi dan fungsi administrasi di atas. Adapula unsur unsur administrasi. Administrasi memiliki beberapa unsur di dalamnya seperti berikut ini:

Unsur Administrasi Menurut The Liang Gie

Administrasi menurut The Liang Gie memiliki beberapa unsur seperti di bawah ini:

  • Unsur statis yang berupa manajemen, informasi, finansial, relasi publik, organisasi, material, komunikasi, dan personalia.
  • Unsur dinamis yang berupa tata pimpinan, tata keterangan, tata keuangan, tata humas, tata keragaman, tata perbekalan, tata hubungan, dan tata kepegawaian.

Unsur Administrasi Secara Umum

Adinistrasi memiliki unsur secara umum seperti di bawah ini yaitu sebagai berikut:

  • Manajemen
  • Kepegawaian
  • Perbekalan
  • Hubungan Masyarakat
  • Organisasi
  • Ketatausahaan
  • Komunikasi
  • Keuangan

Sekian penjelasan mengenai tujuan administrasi beserta fungsi administrasi dan unsur unsur administrasinya. Administrasi ialah semua proses kerjasama dalam menggapai tujuan diantara dua orang atau lebih dengan menggunakan fasilitas infrastruktur tertentu secara berhasil guna maupun berdaya guna. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.