Contoh Kalimat Sederhana Beserta Pengertiannya Terlengkap

Diposting pada

Contoh Kalimat Sederhana Beserta Pengertiannya Terlengkap – Ada banyak jenis kalimat yang dapat kita pelajari ketika masuk ke mata pelajaran Bahasa Indonesia. Misalnya kalimat perintah, ajakan, tanya, serta kalimat dengan struktur yang spesifik. Mampu menyebutkan contoh kalimat sederhana menjaid salah satu tujuan yang wajib dicapai oleh para siswa. Umumnya, pola kalimat sederhana terbentuk secara simpel tanpa melibatkan komponen atau aspek bahasa lain.

Contoh Kalimat Sederhana Beserta Pengertiannya Terlengkap
Contoh Kalimat Sederhana Bahasa Indonesia

Pembentukan kalimat sederhana mengarah dalam elemen proposal yang diperluas. Hal ini dikarenakan eksistensi menuju elemennya tidak dimiliki oleh kalimat sederhana ini. Berbeda dengan satu kalimat yang elemen elemennya memiliki perluasan. Bagaimana contoh kalimat sederhana itu? Apa pengertian kalimat sederhana? Kalimat sederhana merupakan kalimat yang memuat satu kalimat. Selain itu adapula pola dalam kalimat sederhana yang menggunakan sistem predikat di dalamnya.

Menulis sendiri contoh kalimat sederhana menurut saya sangatlah mudah. Bahkan implementasinya pun sebenarnya dapat kita jumpai dalam konteks keseharian hidup bermasyarakat. Misalnya pada saat berjumpa lalu menyapa selamat pagi kepada teman sekelas. Tapi beberapa siswa yang masih ragu sering mempertanyakan seperti apa pola kalimat sederhana beserta contohnya.

Contoh Kalimat Sederhana Beserta Pengertiannya Terlengkap

Umumnya, dalam pola kalimat sederhana penulis dapat memasukan predikat serta objek. Kedua unsur itu harus ada sebagai unsur utama kalimat agar terlihat lengkap. Dalam kalimat sederhana ini terdapat unsur predikat dan subjek yang menghasilkan kalimat, frasa ataupun kata. Kalimat ini secara umum memang memiliki pola subjek (S) dan predikat (P). Namun selain itu adapula elemen lainnya yang berupa tambahan, objek dan penjelasan.

Kalimat sederhana memang berhubungan dengan dasar dalam pola kalimat. Beberapa pakar menyebutkan contoh kalimat sederhana masuk dalam kategori kalimat tunggal berdasar strukturnya. Namun kalimat tunggal terkadang tidak dapat dikatakan sebagai kalimat sederhana. Hal ini dikarenakan kalimat sederhana tidak mengalami perluasan unsur di dalamnya. Berbeda lagi dengan unsur kalimat tunggal yang dapat diperluas.

Baca juga : Perbedaan Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Lengkap

Dalam konteks pendidikan guru biasanya akan membedah contoh kalimat sederhana bahasa indonesia. Materi yang tak terlalu rumit harusnya membuat siswa mudah memahami tanpa ada kendala apapun. Untuk menambah wawasan maka saya pun juga ingin merangkum kembali pengertian, jenis, serta contoh kalimat sederhana bahasa indonesia.

Pengertian Kalimat Sederhana

Pengertian kalimat sederhana ialah kalimat yang memuat satu klausa di dalamnya. Kalimat sederhana memiliki pola yang berupa subjek dan predikat, tetapi dapat pula ditambahkan dengan pelengkap, objek dan keterangan, meskipun tidak selalu ditemukan. Sebelum membagikan contoh kalimat sederhana, tentunya anda harus mengetahui karakteristik dari jenis kalimat ini. Di bawah ini terdapat beberapa karakteristik kalimat sederhana yaitu meliputi:

  • Urutan yang digunakan dalam grub kata atau setiap kata cukup logis dalam mendukung fungsinya seperti judul, predikat, topik dan objek.
  • Mengandung kejelasan pesan, isi dan makna di dalamnya.
  • Terdapat dua atau lebih kalimat pada paragraf.
  • Mengandung predikat intransitif yang mengandung pelengkap, sedangkan predikat transitif mengandung objek.

Jenis Jenis Kalimat Sederhana

Selain memahami ciri ciri, kalian juga wajib mengetahui macam macam kalimat sederhana. Pasalnya tak semua siswa mampu menyebutkan contoh kalimat sederhana bahasa indonesia dengan benar lantaran tak memahami jenisnya.

Sebenarnya jenis jenis itu sama sekali tak tertera di buku pedoman sehingga wajar saja apabila muncul kebingungan di kalangan peserta didik. Biasanya guru akan mengelompokan contoh kalimat sederhana berdasarkan jenisnya. Hal ini secara tak langsung membuat siswa lebih mudah memahami materi karena lebih tertata. 

Kalimat Tak Berklausa

Pengertian kalimat sederhana tak berklausa ialah kalimat yang di dalamnya tidak memiliki klausa. Klausa sendiri merupakan gabungan antara dua atau lebih frasa sehingga dapat membentuk arti baru. Ternyata, kalimat sederhana pun ada yang sama sekali tak mengandung unsur kebahasaan satu ini. Adapun contoh kalimat sederhana tak berklausa yaitu:

  1. Selamat pagi!
  2. Berdiri!
  3. Awas!
  4. Tolong!
  5. Diam kau!

Baca juga : Pengertian Makna Tersirat dan Tersurat Beserta Perbedaannya

Kalimat Berklausa Satu

Jenis kalimat sederhana selanjutnya ialah kalimat berklausa satu. Kalimat ini memiliki satu klausa di dalamnya. Adapun contoh kalimat sederhana berklausa satu yaitu:

  1. Kakek berusia 80 tahun.
  2. Rina hanya ingin bertanya alamat saja.
  3. Eka dan Eki berlari sangat cepat.
  4. Reni sekeluarga bertamasya bersama.

Contoh Kalimat Sederhana

Setelah menjelaskan tentang pengertian kalimat sederhana, karakteristik kalimat sederhana, dan jenis jenis kalimat sederhana di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh dalam kalimat sederhana yaitu diantaranya:

  1. Badanmu gemuk.
  2. Aku kelaparan.
  3. Ibu membeli sayur.
  4. Ayah menjual ikan di pasar.
  5. Andi bertanya pada orang tua.
  6. Kucing itu mencakar.
  7. Suara petir menggelegar.
  8. Kakak membaca.
  9. Anjing itu berlarian.
  10. Ibu tidur di kamar.
  11. Ibu pergi ke taman.
  12. Roni menggambar hewan.
  13. Tina menutup pintu.
  14. Adik menangis.
  15. Kakak membuat roti.

Kalimat sederhana ini memang memiliki pola yang mendasar. Pola kalimat sederhana tersebut dapat berupa Subjek (S) dan Predikat. Namun adapula kalimat sederhana yang di berikan unsur lain seperti pelengkap, objek, ataupun keterangan. Hal ini tentu sudah saya jelaskan pada pengertian kalimat sederhana di atas. Di bawah ini terdapat contoh kalimat sederhana lainnya yaitu meliputi:

  1. Dia terdiam.
  2. Dia terkejut.
  3. Ayah bersujud.
  4. Kami bersyukur.
  5. Adik tertawa.
  6.  Mereka tertawa.
  7. TNI bersiap.
  8. Aku bernyanyi.
  9. Dokter merawat pasien.
  10. Rika membuka mata.
  11. Sinta membuat teh.
  12. Adik mengikuti Ibu.
  13. Pengrajin membuat tikar.
  14. Ibu menanti ayah.
  15. Kami berenang bersama.

Demikianlah contoh kalimat sederhana beserta pengertian kalimat sederhana terlengkap yang dapat saya bagikan. Kalimat sederhana merupakan kalimat yang memuat satu klausa di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Kalimat Efektif Kelogisan dan Kesepadanan Lengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.