8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan

Diposting pada

8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan – Karangan persuasi merupakan sebuah karya tulis yang bertujuan untuk mempengaruhi dan mengubah sudut pandang pembaca agar melakukan suatu kegiatan sesuai dengan apa yang ditulis pengarang. Dalam konteks kehidupan nyata, kita bisa menemukan berbagai contoh karangan persuasi singkat yang bersifat baik dan membangun seperti karangan persuasi tentang lingkungan, kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya.

Contoh karangan persuasi tentang lingkungan

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, lebih tepatnya di jenjang sekolah menengah keatas kita bisa dengan mudah menemukan contoh karangan persuasi lengkap dengan pengertian dan strukturnya. Lantas apa yang dimaksud karangan persuasi itu?  Karangan persuasi sendiri terdiri dari sekumpulan paragraf persuasi. Artinya setiap paragraf yang ada pada karangan persuasi juga bersifat mengajak atau mempengaruhi pembaca.

Dalam menulis contoh karangan persuasi ataupun menyusun paragraf bersifat persuasif tentunya kita wajib menggunakan kalimat ajakan atau sugesti. Tujuannya agar mampu mempengaruhi dan mengubah sudut pandang orang yang membacanya. Selanjutnya paragraf persuasi tersebut disusun sedemikian rupa dan terbentuklah sebuah karangan persuasi.

8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan

Mampu menulis karangan persuasif merupakan salah satu capaian pembelajaran yang harus dikuasai oleh siswa. Dalam konteks pendidikan, materi satu ini mulai diperkenalkan pada siswa saat ada di SMP. Seiring bertambahnya jenjang maka tingkat kompleksitasnya pun juga meningkat dan jadi semakin sulit. Kini tak jarang guru meminta kita untuk membuat sendiri teks berbau karangan yang sifatnya mengajak.

Selain contoh paragraf persuasi tentang lingkungan, sebenarnya masih terdapat berbagai contoh teks bertema lain seperti pendidikan, kesehatan, keselematan, alam sekitar dan lain sebagainya. Namun dalam artikel kali ini kita akan berfokus membahas karangan persuasi tentang lingkungan saja.

8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan
Contoh karangan persuasi singkat

Sejatinya, contoh karangan persuasi tentang lingkungan ditulis dengan tujuan untuk mempengaruhi pembaca untuk menjaga lingkungan sekitar dimana dia tinggal. Hal ini tentunya sejalan dengan kebiasaan masyarakat sekarang ini yang terkesan kurang mampu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Menyadari kejadian ini akhirnya banyak orang yang menuangkan aspirasinya melalui karya tulis berbentuk contoh karangan persuasi singkat tentang lingkungan.

Baca juga: Pengertian, Jenis, Ciri-ciri, dan Contoh Paragraf Persuasi

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Lingkungan

Jika kita tinggal di kota padat seperti bandung dan jakarta, sebaiknya kita menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan memunculkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Pentingnya menanamkan budaya membuang sampah ini dilakukan bukan tanpa alasan.

Setiap kota besar memiliki saluran irigasi dan sungai, karena ulah sebagian orang yang tidak memiliki kesadaran membuang sampah akibatnya kita bisa menemukan banyak sampah mengapung dan menyumbat pintu pintu air di kota besar. Apabila penyumbatan pintu air ini terus terjadi dan intensitas sampah terus meningkat, maka banjir tidak akan bisa dihindari ketika masuk musim penghujan.

8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan
contoh karangan persuasi tentang lingkungan

Jadi bisa disimpulkan bahwa banjir yang terjadi di kota besar sebenarnya bukanlah kesalahan alam ataupun faktor cuaca melainkan karena ulah manusia yang tak sanggup menjaga kebersihan lingkungan. Banjir tidak akan terjadi jika masyarakat menanamkan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. Maka dari itu sebagai seorang manusia yang diberikan akal pikiran untuk berpikir, hendaknya kita bisa menyikapi hal ini.

Pada contoh karangan persuasi tentang lingkungan di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa pengarang ingin mengajak pembaca untuk menanamkan budaya buang sampah pada tempatnya. Sebelum mulai mengajak dan mempengaruhi pembaca, pengarang menjelaskan terlebih dahulu bahaya yang timbul akibat buang sampah sembarangan

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Membuang Sampah

Sampah merupakan barang atau benda sisa yang sudah tidak dibutuhkan oleh manusia. Lazimnya sampah harusnya berada di tempat sampah, namun faktanya kita bisa menemukan sampah di berbagai tempat khususnya di tempat tempat umum seperti jalan, taman, stasiun, selokan dan sungai. Penyebab sampah yang berceran tersebut tidak lain adalah karena ulah manusia yang tidak membuang sampah pada tempatnya.

8 Contoh Karangan Persuasi Singkat Tentang Lingkungan
contoh karangan persuasi tentang lingkungan

Padahal sampah yang dibiarkan menumpuk terus menerus dapat menyebabkan berbagai masalah baik untuk lingkungan dan kehidupan manusia. Sampah yang menumpuk di sungai akan menyebabkan banjir, dan sampah yang menumpuk di lingkungan atau pemukiman akan menyebabkan berbagai penyakit seperti diare, TBC, hingga demam berdarah. Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan harus ditanamkan kepada masyarakat sejak dini.

Dari contoh karangan persuasi tentang lingkungan di atas kita bisa menarik kesimpulan bahwa pengarang ingin mengingatkan tentang bahaya membuang sampah bagi lingkungan dan keberlangsungan manusia itu sendiri. Selain itu, pengarang juga mengajak masyarakat untuk menanamkan pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih

Contoh Paragraf Persuasi Tentang Lingkungan Hidup

Kita harus memiliki kesadaran bahwasanya lingkungan merupakan elemen penting dimana semua makhluk hidup di dunia. Karena lingkungan mampu mempengaruhi keberlangsungan makhluk hidup, artinya lingkungan juga memiliki peran penting untuk kehidupan manusia. Jika keadaan lingkungan baik, maka dapat dipastikan setiap makhluk yang hidup di dalamnya juga akan baik pula dan begitu juga sebaliknya. Maka dari itu, kita sebagai makhluk yang hidup di dalam lingkungan haruslah menjaga kebersihan agar lingkungan yang kita tempati menjadi bersih dan nyaman.

contoh karangan persuasi tentang lingkungan

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar adalah dengan menjaga kebersihan. Namun akan lebih baik lagi jika kita juga menanamkan budaya menjaga kebersihan ini pada diri kita sendiri terlebih dulu. Mulailah dari hal hal kecil terlebih dulu seperti menjaga kebersihan diri baru menjaga lingkungan setelahnya. Jika perilaku baik sudah tertanam pada diri kita, tentunya akan mendorong kita melakukan hal yang lebih besar seperti menjaga lingkungan.

Baca juga: 50 Contoh Kalimat Ajakan Dalam Bahasa Indonesia

Contoh umum yang bisa kita temukan adalah budaya membuang sampah pada tempatnya. Jika setiap orang memiliki budaya ini tentunya lingkungan sekitar dimana kita tinggal akan selalu bersih karena setiap orang sudah memiliki kesadaran untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Selain itu kita juga bisa mengingatkan orang lain untuk menjaga kebersihan melalui slogan sloga, ataupun karya sastra seperti contoh karangan persuasi tentang lingkungan hidup dan lain sebagainya.

Mengapa berbagai tindakan di atas perlu dilakukan? Hal ini mengacu kepada tingkat kesadaran masyarakat yang masih tergolong rendah untuk menjaga kebersihan lingkungan. Pernyataan ini bisa dibuktikan dengan banyaknya sampah di sekitar kita dimana sampah plastik, daun daun kering, botol bekas dan sisa makanan berceceran hampir di setiap tempat.

Masyarakat tidak menyadari bahwa tumpukan sampah tersebut bisa menyebabkan berbagai masalah dan menjadi sumber penyakit. Mirisnya lagi, ditempat umum yang notabennya sudah disediakan tempat sampah masih saja terdapat sampah yang tercecer dan mengotori lingkungan.

Bahkan tempat sampah tersebut telah dipisah berdasarkan kategorinya (organin, non organik, kaca/logam, dan kertas) dan diletakkan di tempat yang bisa dibilang strategis atau mudah untuk dijangkau. Namun faktanya upaya tersebut tetap sia sia karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Baca juga: Contoh Cerpen Singkat Romantis Tentang Cinta (Contoh, Struktur, Alur dan Tema)

Jika kita peduli terhadap keberlangsungan hidup manusia maka hendaknya kita menjaga kebersihan lingkungan. Sebagai bentuk dan upaya menjaga lingkungan kita bisa membiasakan diri untuk membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan. Selain itu kita juga bisa mengolah kembali sampah sampah tersebut menjadi barang daur ulang (recycle).

Dengan upaya tersebut kita telah turut andil dalam pelestarian alam dan lingkungan. Secara tidak langsung kita juga telah meminimalisir terjadinya bencana banjir dan mencegah berbagai penyakit yang timbul akibat sampah. Singkatnya, marilah bersama sama kita menjaga kebersihan lingkungan agar hidup kita selalu sehat.

Dalam contoh karangan persuasi itu dapat kita tarik kesimpulan bahwa sampah, kebersihan, makhluk hidup dan lingkungan saling terkait satu sama lain. Pengarang ingin merubah sudut pandang pembaca tentang pentingnya membuang sampah dan menjaga lingkungan agar tetap bersih. Dalam pengaplikasiannya pengarang menggunakan pola kalimat deduktif dimana dia menjelaskan hal hal umu di awal karangan dan menutupnya dengan informasi informasi yang lebih spesifik.

Kesimpulan

Dalam penggunaanya, contoh paragraf persuasi singkat bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis diantaranya adalah:

  • Persuasi propaganda
  • Persuasi advertising (periklanan)
  • Persuasi pendidikan
  • Persuasi politik

Keempat jenis karangan persuasi tersebut tentunya memiliki ciri ciri tujuan yang berbeda beda. Karangan persuasi propaganda umumnya disampaikan dengan seruan yang keras dan lantang agar pembaca mengikuti pesan yang ada dalam karangan tersebut. Sedangkan persuasi advertising biasanya menggukakan bahasa yang menarik serta mengajak pembaca atau pendengar untuk menggunakan produk yang diiklankan.

Lain halnya dengan persuasi pendidikan dan politik. Namun kita bisa menarik kesimpulan bahwa contoh karangan persuasi tentang lingkungan termasuk dalam kategori persuasi propaganda karena mengingatkan dan mengajak kita untuk menjaga lingkungan melalui kalimat kalimat ajakan yang keras dan lantang.

Itulah berbagai contoh karangan persuasi tentang lingkungan hidup dan sampah yang dikemas singkat padat dan pendek yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Sebenarnya masih terdapat banyak sekali contoh paragraf persuasi lain yang bisa kita temukan di berbagai media baik cetak maupun internet. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  12 Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang Pendidikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.