Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap

Diposting pada

Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap – Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang definisi musik ansambel, jenis jenis musik ansambel dan contoh musik ansambel lengkap. Dalam sebuah aransemen vokal terdapat ambitus suara manusia yang perlu kita ketahui terlebih dahulu sebelum membuat sebuah aransemen. Ambitus sendiri memiliki pengertian yaitu jangkauan luas wilayah nada atau suara dalam mengolah vokal yang dapat di capai oleh seseorang. Dalam diri manusia terdapat jumlah wilayah nada yang tidak lebih dari empat oktaf.

Dalam permainan ansambel terdapat beberapa komponen yang saling berperan aktif satu sama lain. Semua komponen tersebut akan menunjang satu sama lain sehingga terciptalah sebuah hasil musik yang harmonis dan bagus. Apakah anda tahu apa yang dimaksud musik ansambel itu? Apa saja macam macam musik ansambel? Bagaimana bentuk contoh musik ansambel?

Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap
Bentuk Permainan Musik Ansambel

Berdasarkan gambar di atas, dapat kita lihat bahwa permainan ansambel terdiri dari beberapa komponen musik. Permainan musik tersebut tentunya dimainkan secara bersamaan sehingga terciptalah sebuah alunan musik yang harmonis. Lalu apa pengertian musik ansambel itu? Apa saja jenis jenisnya? Apa saja contoh musiknya? Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Musik Ansambel, Jenis dan Contoh Lengkap

Musik adalah seni yang memiliki berbagai bentuk dan ragam ekspresi. Salah satunya adalah musik ansambel yang mulai diperkenalkan sebagai materi saat siswa menginjak bangku sekolah menengah. Musik ansambel mengacu pada berbagai instrumen yang tampil bersama menciptakan paduan yang harmonis.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa musik adalah sesuatu yang sangat familiar untuk kita. Musik tersebut dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan genrenya. Tak banyak orang mengetahui apa itu musik ansambel karena memang jarang dimainkan secara umum. Kita hanya akan menjumpainya di acara khusus seperti seremonial, atau opera.

Dalam pembahasan musik ansambel tersebut, saya akan membaginya menjadi beberapa sub menu yaitu pengertian, jenis jenis, dan contoh musiknya. Jenis permainan musik ini tentunya berbeda dengan jenis musik lainnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Musik Ansambel

Menurut bahasa Perancis, kata ansambel artinya sebuah rombongan dalam musik. Sedangkan berdasarkan kamus musik, kata ansambel memiliki pengertian yaitu jenis kegiatan dalam kelompok musik yang sudah disertakan dalam sebutan kelompoknya. Untuk itu definisi musik ansambel adalah permainan musik yang menggunakan beberapa alat musik tertentu untuk memainkan aransemen lagu secara bersama sama. Dalam arti sederhananya, jenis musik ini merupakan permainan musik secara bersama sama.

Beberapa ahli juga mengemukakan pengertian musik ansambel sebagai kelompok musisi yang bermain bersama-sama. Mereka menggunakan berbagai instrumen musik, suara vokal, atau keduanya. Ansambel ini mungkin terdiri dari beberapa pemain atau bahkan puluhan musisi yang berkolaborasi untuk menciptakan musik yang harmonis.

Berdasarkan klasifikasinya kita bisa membagi jenis musik ansambel menjadi beberapa kategori. Misalnya rock ansambel, orkestra klasik, keroncong, dan lain sebagianya. Untuk lebih jelas lagi kalian harus menyimak penjelasan di sesi selanjutnya.

Jenis Jenis Musik Ansambel

Macam macam musik ansambel terdiri dari beberapa kategori. Permainan musik tersebut dibagi menjadi beberapa jenis sesuai dengan fungi dan peranan alat musiknya, penyajian musiknya serta golongan alat musiknya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Berdasarkan Penyajiannya

Jenis musik ansambel yang pertama dibagi berdasarkan penyajiannya. Berdasarkan penyajiannya, jenis permainan musik ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam diantaranya yaitu:

Musik Ansambel Sejenis
Macam musik ansambel berdasarkan penyajiannya yang pertama tergolong sejenis. Permainan ansambel sejenis ialah permainan musik yang disajikan menggunakan alat alat yang sejenis. Adapun contoh musik ansambel sejenis yaitu ansambel rekorder.

Musik Ansambel Campuran
Macam musik ansambel berdasarkan penyajiannya selanjutnya tergolong campuran. Permainan ansambel campuran ialah permainan musik yang disajikan menggunakan alat alat musik yang beraneka macam. Adapun contoh musik ansambel campuran yaitu rekorder, simbal, pianika, tamborin, gitar, dan triangle.

Berdasarkan Fungsi dan Peranannya

Jenis musik ansambel selanjutnya dibagi berdasarkan fungsi dan peranannya. Berdasarkan fungsi dan peranannya, jenis permainan musik ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa macam diantaranya yaitu:

Ansambel Melodis
Macam musik ansambel berdasarkan fungsi dan peranannya yang pertama ialah ansambel melodis. Ansambel melodis ialah penggunaan beberapa macam serangkaian alat musik untuk memainkan sebuah nada melodi lagu. Adapun contoh ansambel melodis yaitu biola, piano, harmonica, terompet, recorder, tamborin dan pianika.

Ansambel Ritmis
Macam musik ansambel berdasarkan fungsi dan peranannya selanjutnya ialah ansambel ritmis. Ansambel ritmis ialah penggunaan beberapa macam serangkaian alat musik untuk mengatur irama dalam lagu. Adapun contoh ritmis yaitu gong, tamborin, gendang, drum set dan triangle.

Ansambel Harmonis
Jenis musik ansambel berdasarkan fungsi dan peranannya selanjutnya ialah ansambel harmonis. Ansambel harmonis ialah penggunaan beberapa macam serangkaian alat musik untuk mengatur irama lagu dan memainkan melodi sebuah lagu.

Berdasarkan Golongannya

Macam musik ansambel selanjutnya dibagi berdasarkan golongannya. Pembagian jenis ansambel ini dilihat dari peranan musiknya, aspek sumber bunyi dan cara memainkan musiknya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Sumber Bunyi
Macam musik ansambel berdasarkan golongannya yang pertama di pandang menurut sumber bunyinya. Berikut beberapa macam ansambel menurut sumber bunyinya yaitu:

  1. Akrofon ialah alat musik yang bunyinya bersumber dari adanya getaran udara. Contoh alat musik ansambel akrofon yaitu terompet dan seruling.
  2. Membranofon ialah alat musik yang bunyinya bersumber dari plastik. Contoh alat musik ansambel membranofon yaitu drum, gendang dan rebana.
  3. Kordofon ialah alat musik yang bunyinya bersumber dari tali atau dawai. Contoh alat musik ansambel kordofon yaitu biola, gitar dan kecapi.
  4. Idiofon ialah alat musik yang bunyinya bersumber dari permainan alat musik itu sendiri. Contoh alat musik ansambel idiofon yaitu gong dan angklung.
  5. Elektrofon ialah alat musik yang bunyinya bersumber dari tegangan listrik. Contoh alat musik ansambel elektrofon yaitu gitar listrik dan organ listrik.

Cara Memainkan Alat Musik
Jenis musik ansambel berdasarkan golongannya selanjutnya di pandang menurut cara memainkan alat musiknya. Berikut beberapa macam ansambel menurut cara memainkan alat musiknya yaitu:

  1. Dipukul. Adapun contoh alat musiknya yaitu saron, drum, gendang dan bongo.
  2. Dipetik. Adapun contoh alat musiknya yaitu kecapi dan gitar.
  3. Ditiup. Adapun contoh alat musiknya yaitu klarinet, terompet dan seruling.
  4. Digetarkan atau digoyangkan. Adapun contoh alat musiknya yaitu angklung.
  5. Digesek. Adapun contoh alat musiknya yaitu selo, biola dan rebab.

Sekian penjelasan dari pengertian musik ansambel, jenis jenis musik ansambel dan contoh musik ansambel lengkap. Musik ansambel ialah permainan musik yang menggunakan beberapa alat musik tertentu untuk memainkan aransemen lagu secara bersama sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi musik ansambel di atas.

Baca Juga  Pengertian Tangga Nada Mayor Beserta Ciri Cirinya

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.