Contoh Soal Cermin Datar Beserta Pembahasannya Lengkap

Diposting pada

Contoh Soal Cermin Datar Beserta Pembahasannya Lengkap – Cermin merupakan salah satu benda yang sering kita jumpai dalam keseharian. Fungsinya untuk memantulkan, membias, maupun memfokuskan objek dipakai untuk berbagai keperluan. Mulai dari berias sampai dijadikan alat-alat laboratorim. Namun sampai kini cermin dijadikan sebagai salah satu materi ilmu Fisika yang mencakup pengertian cermin datar, rumus cermin datar, sifat bayangan cermin datar dan contoh soalnya.

Sekarang, contoh soal cermin datar menjadi salah satu materi yang wajib kita pelajari di jenjang sekolah menengah. Soal cermin datar itu sendiri mencakup berbagai aspek mulai dari sifat, rumus hitung, sampai dengan menyebutkan gambarnya. Karena kurang memahami materi akhirnya tak sedikit siswa mengeluh tak mampu menjawab contoh soal tersebut dengan benar. Padahal menurut saya pribadi cermin datar termasuk materi yang sederhana dan mudah untuk dikuasai.

Proses Pemantulan Cahaya Pada Cermin
Proses Pemantulan Cahaya Pada Cermin

Padahal cermin sendiri bisa dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan jenisnya. Setiap jenis memiliki pengertian, rumus, sifat bayangan dan cara pengerjaan contoh soalnya masing masing. Misalnya saja cara mengerjakan contoh soal cermin datar. Apakah kalian kesulitan mengerjakan soal cermin datar atau membedakannya dengan jenis cermain lain? jika iya beruntunglah. Sebab dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan seperti apa konsep serta rumus cermin datar.

Contoh Soal Cermin Datar Beserta Pembahasannya Lengkap

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa cermin dalam ilmu Fisika dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun macam macam cermin secara umum yaitu cermin datar, cermin cembung dan cermin cekung. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal cermin datar berserta pembahasannya lengkap. Selain itu saya juga akan menjelaskan tentang pengertian cermin datar, rumus cermin datar dan sifat bayangan cermin datar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Apa yang dimaksud cermin datar itu? Pengertian cermin datar ialah jenis cermin yang memiliki permukaan pantul berbentuk bidang datar. Cermin sendiri diartikan sebagai keping kaca yang permukaannya cukup halus di bagian salah satu sisi dan berlapis logam mengkilap atau emulgram perak kasar di bagian belakangnya. Dengan begitu cahaya tidak dapat menembusnya dan dapat memantulkan cahaya yang datang dari semua berkas ke bagian permukaan halus.

Baca juga : Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap

Berdasarkan pengertian cermin datar di atas kita dapat mengetahui ciri khas dari cermin ini yaiitu permukaan bidang pantulnya memiliki bentuk datar. Agar anda lebih memahami tentang jenis cermin tersebut, maka saya akan menjelaskan lebih detail mengenai sifat bayangan cermin datar, rumus cermin datar dan contoh soal cermin datar. Berikut penjelasan selengkapnya:

Sifat Bayangan Cermin Datar

Setelah membahas tentang pengertian cermin datar. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang sifat bayangan cermin datar. Mengapa demikian? karena ternyata masih ada sebagian siswa yang kewalahan saat muncul soal cermin datar berkaitan dengan sifanya.

Secara garis besar sifat bayangan cermin datar sendiri memang sudah tertulis di buku pedoman. Tapi untuk lebih jelasnya simaklah rangkuman yang akan saya berikan di bawah ini:

  1. Maya (semu), karena pembentukan bayangannya terletak di bagian belakang cermin. Bayangan maya ialah terjadinya bayangan yang disebabkan oleh perpanjangan sinar pada cahayanya bertemu. Selain itu adapula bayangan nyata yaitu terjadinya bayangan yang disebabkan oleh sinar sinar pada cahayanya bertemu secara langsung sehingga tidak berupa perpanjangannya saja.
  2. Arah hadapnya berkebalikan atau berlawanan dengan cermin dan tegak.
  3. Bendanya memiliki tinggi yang sama dengan bayangannya.
  4. Benda memilik jarak di depan cermin yang sama dengan bayangannya.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa sifat bayangan cermin datar yaitu maya, tegak, sama besar. Sifat tersebut sering kali juga muncul sebagai pertanyaan pada contoh soal cermin datar kelas SMP sampai SMA. Agar memiliki pemahaman lebih baik maka simaklah ilustrasi gambar sifat cermin datar di bawah:

Pembentukan Bayangan Pada Cermin Datar
Pembentukan Bayangan Pada Cermin Datar

Sifat bayangan di atas sedikit banyak akan membantu memahami sekaligus mengerjakan contoh soal cermin datar di berbagai jenjang. Tapi informasi di atas menurut saya kurang spesifik kita pakai sebagai acuan. Maka dari itu, kita perlu mendalami rumus cermin datar sebagai pelengkap materi.

Rumus Cermin Datar

Selain pengertian cermin datar dan sifat bayangan cermin datar di atas. Adapula rumus cermin datar yang digunakan untuk menyelesaikan contoh soal cermin datar. Pada cermin datar terdapat bayangan yang jarak dan tingginya sama dengan bendanya di depan cermin tersebut. Tinggi bayangan dapat dibandingkan dengan tinggi benda di depan cermin yang dinamakan dengan perbesaran bayangan.

Sebelum mulai menghitung contoh soal cermin datar alangkah baiknya kalian simak rumusnya terlebih dulu. Di bawah ini terdapat rumus perbesaran bayangan cermin datar yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Rumus Menghitung Besaran Gelombang dan Contoh Soalnya

Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin Datar
Rumus Perbesaran Bayangan Pada Cermin Datar
Keterangan:

M adalah perbesaran bayangan
h’ adalah tinggi bayangan
h adalah tinggi benda
s adalah jarak benda ke cermin
s’ adalah jarak bayangan ke cermin

Dari rumus cermin datar di atas dapat kita ketahui bahwa bayangan benda memiliki tinggi dan jarak yang sama seperti aslinya. Jika dua buah cermin diletakkan sebuah benda didepannya dengan sudut θ yang terbentuk satu sama lain, maka akan menghasilkan berbagai bayangan di dalamnya.

Dengan demikian pembentukan bayangan pada dua buah cermin datar tersebut dapat diketahui jumlahnya menggunakan rumus tertentu. Rumus ini tentunya digunakan untuk menyelesaikan contoh soal cermin datar yang berkaitan dengan materi tersebut. Adapun rumus jumlah bayangan yang terbentuk dalam cermin datar yaitu diantaranya:

Rumus Cara Mencari Jumlah Bayangan pada Cermin Datar
Rumus Cara Mencari Jumlah Bayangan pada Cermin Datar

Keterangan:
n adalah jumlah bayangan
θ adalah sudut apit kedua cermin

Selain rumus di atas, adapula rumus lainnya untuk mencari panjang minimun pada cermin datar. Adapun rumus panjang minimum cermin datar yaitu:

Panjang Minimum Cermin = 1/2 x tinggi badan

Contoh Soal Cermin Datar

Setelah membahas tentang pengertian cermin datar, sifat bayangan cermin datar dan rumus cermin datar. Selanjutnya saya akan membagikan contoh soal terkait rumus tersebut. Berikut latihan soal cermin datar dan pembahasannya:

Dika berdiri di depan cermin yang letaknya di atas lantai, dimana bagian bawah cermin memiliki ketinggian tertentu. Dika memiliki tinggi badan 150 cm dan mata dengan bagian kepala atasnya memiliki jarak 10 cm. Apabila di wujudkan dalam bentuk gambar, maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

ilustrasi pantulan cermin
Gambar Dika Berdiri di Depan Cermin

Bunyi soal cermin datar adalah: Hitunglah panjang dan tinggi cermin yang digunakan agar seluruh badan Dika terlihat dalam cermin tersebut?

Baca juga : Rumus Hitung Frekuensi dan Periode Getaran Benda Beserta Contohnya

Pembahasan Soal Cermin Datar

Jika gambar di atas di lengkapi dengan bayangannya sekaligus, maka hasilnya akan seperti di bawah ini:

Pembentukan Bayangan Dika pada Cermin Datar
Pembentukan Bayangan Dika pada Cermin Datar

Diketahui : hA = AC = 150 cm, CD = 10 cm
Ditanyakan : Panjang cermin (EF) dan tinggi cermin (GF) = ?

Jawabam soal cermin datar di atas adalah:

Langkah pertama ialah mencari nilai AB yang membentuk segitiga sama kaki yaitu segitiga AFC. Hal ini dikarenakan dari ujung kaki terdapat sinar yang datang sehingga mata dapat menangkap pemantulannya. Selain itu besar sudut datang dengan sudut pantulnya juga sama. Adapun langkah langkah mencari nilai AB yaitu:

AB = BC = 1/2 AC
AB = 1/2 (150 – 10)
AB = 1/2 (140)
AB = 70 cm
Nilai AB = GF = Tinggi Cermin = 70 cm

Setelah tinggi cermin diketahui, selanjutnya mencari panjang cermin (EF) dengan cara menentukan panjang EO terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu:

EO = 1/2 x CD
EO = 1/2 x 10
EO = 5 cm

Maka,
EF = EG – FG – EO
= 150 – 70 – 5
= 75 cm

Jadi tinggi cermin dan panjang cerminnya adalah 70 cm dan 75 cm. Dengan begitu agar badan Dika terlihat seluruhnya, maka membutuhkan cermin yang panjang 75 cm dengan letak dari lantai sejauh 70 cm.

Sekian contoh soal cermin datar berserta pembahasannya lengkap yang dapat saya bagikan. Selain contoh di atas, adapula pembahasan tentang pengertian cermin datar, sifat bayangan cermin datar dan juga rumus cermin datar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Ciri Ciri GLB (Gerak Lurus Beraturan) Beserta Penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.