Rumus dan Sifat Logaritma Beserta Contoh Soal Logaritma

Diposting pada

Rumus dan Sifat Logaritma Beserta Contoh Soal LogaritmaSelain Trigonometri, adapula rumus logaritma dalam materi pembelajaran Matematika. Materi ini mengandung sifat sifat Logaritma yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan contoh soal Logaritma yang ada. Logaritma pernah diajarkan ketika dibangku sekolah tingkat SMP ataupun SMA sederajat. Namun logaritma yang diajarkan masih tergolong Logaritma dasar dalam ilmu Matematika.

Logaritma merupakan kebalikan (invers) dari sistem pemangkatan. Logaritma berguna untuk menghitung jumlah pangkat dalam sebuah bilangan pokok. Untuk mencari besar pangkatnya, biasanya menggunakan rumus ataupun sifat dari logaritma itu sendiri. Materi logaritma ini secara umum dapat dipelajari dengan mudah melalui sifat sifat yang terkandung di dalamnya.

Rumus dan Sifat Logaritma Beserta Contoh Soal Logaritma
Logaritma Dalam Matematika

Dalam cabang ilmu Matematika, logaritma memiliki beberapa hal yang terkait didalamnya seperti rumus, sifat, sistem pertidaksamaan logaritma dan sebagainya. Maka dari itu untuk menyelesaikan soal soalnya, anda harus hafal dan paham mengenai hal hal tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang rumus logaritma, sifat sifat logaritma, dan contoh soal logaritma. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus dan Sifat Logaritma Beserta Contoh Soal Logaritma

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa logaritma yang saya jelaskan ini tergolong logaritma dasar. Maka dari itu jenis logaritma ini masih tergolong awal. Meskipun termasuk materi logaritma dasar, namun masih ada beberapa siswa yang belum memahami materi tersebut. Lantas apa yang dimaksud logaritma itu?

Logaritma pada umumnya memiliki persamaan khusus. Persamaan logaritma ialah persamaan yang memiliki peubah berupa numerus atau bilangan pokok. Logaritma tersebut pada dasarnya dapat digunakan dalam berbagai bidang, tidak terkecuali bidang Matematika ini. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai rumus logaritma, sifat sifat logaritma dan contoh soal logaritma yaitu sebagai berikut:

Baca juga : Metode Penyelesaian Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Lengkap

Rumus Logaritma

Hal pertama yang akan saya bahas ialah rumus persamaan Logaritma. Apa itu logaritma? Pengertian logaritma ialah bentuk operasi bilangan Matematika yang mengandung invers dari pemangkatan (eksponen). Misalnya:

Rumus dan Sifat Logaritma Beserta Contoh Soal Logaritma

Berdasarkan contoh logaritma diatas dapat disimpulkan bahwa Logaritma dapat dirumuskan dalam bentuk seperti di bawah ini:

Rumus dan Sifat Logaritma Beserta Contoh Soal Logaritma

Keterangan:
a = Bilangan pokok (basis)
b = Bilangan yang dilogaritma (hasil pemangkatan)|
x = Hasil Logaritma (hasil pangkat)

Sifat Sifat Logaritma

Logaritma memiliki beberapa sifat yang terkandung didalamnya. Sifat sifat pada logaritma tersebut berlaku jika a ≠ 1, a>0, b>0, c>0 dan m ≠ 1. Berikut beberapa sifatnya:

Baca juga : Rumus Perpangkatan Aljabar Beserta Contoh Soal

Rumus dan Sifat Logaritma Beserta Contoh Soal Logaritma
Sifat Sifat Logaritma

Contoh Soal Logaritma

Selain rumus logaritma dan sifat sifat logaritma di atas. Adapula beberapa contoh soal yang akan saya bagikan terkait. Berikut contoh soal dan pembahasannya:

Rumus dan Sifat Logaritma Beserta Contoh Soal Logaritma
Contoh Soal Logaritma

Sekian penjelasan mengenai rumus logaritma, sifat sifat logaritma dan contoh soal logaritma. Logaritma ialah bentuk operasi Matematika dalam bentuk invers atau kebalikan dari sistem pemangkatan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Materi Limit Fungsi Aljabar Beserta Rumus dan Contoh Soalnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.