12 Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang Pendidikan

Diposting pada

12 Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang PendidikanContoh tentang tajuk rencana umumnya terdapat dalam surat kabar. Tajuk rencana tersebut digunakan sebagai penentu baik buruknya kualitas dari sebuah surat kabar. Hal hal yang dibahas dalam tajuk rencana tersebut biasanya berupa topik yang sedang diperbincangkan masyarakat maupun topik topik yang menarik.

Tajuk rencana pada surat kabar dapat diartikan sebagai pendapat ataupun opini dari media kepada penerbit tentang hal hal yang fenomencontal, kontroversional maupun persoalan faktual yang berkembang dikalangan masyarakat. Pendapat tersebut sebagai wujud pencerminan pendapat media secara keseluruhan kepada pihak penerbit. Umumnya sebuah contoh tajuk rencana tidak hanya berisi pendapat pribadi saja, melainkan opini dari seluruh karyawan maupun wartawan dari lembaga penerbitan pers.

12 Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang Pendidikan12 Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang Pendidikan
contoh tajuk rencana pada surat kabar

Contoh tajuk rencana dalam surat kabar biasanya ditulis tanpa disertai nama penulisnya, Hal ini disebabkan karena berisi kumpulan opini banyak orang. Pembuatan tajuk rencana dalam surat kabar harus memenuhi beberapa hal penting seperti menggunakan bahasa normatif, berhati hati dalam menggunakan bahasa, tidak bersifat mengritik secara langsung, memiliki kepribadian pers, cenderung konservatif, dan berkarakter. Namun untuk jenis tajuk rencana surat kabar dikalangan papan atas biasanya berupa hal hal yang cenderung bersifat politis daripada aspek sosiologis. Sedangkan untuk tajuk rencana dikalangan menengah bersifat sebaliknya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh tentang tajuk rencana di surat kabar tentang pendidikan. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

12 Contoh Tajuk Rencana di Surat Kabar Tentang Pendidikan

Baik buruknya surat kabar pada umumnya dapat ditentukan menggunakan tajuk rencana. Tajuk rencana ini memiliki beberapa aspek yang perlu dipahami dan dipelajari. Lantas apa itu tajuk rencana?

Sebelum saya membagikan contoh tentang tajuk rencana pada surat kabar tentang pendidikan. Saya akan menjelaskan pengertian tajuk rencana terlebih dahulu. Tajuk rencana ialah sebuah artikel pokok atau utama dalam surat kabar yang menjadi perhatian redaksi karena peristiwanya sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Tajuk rencana dapat disebut sebagai teks editorial. Di dalamnya terdapat informasi aktual, pendapat redaksi mengenai masalah tersebut, harapan redaksi melalui peran serta pembaca, penegasan tentang pentingnya masalah tadi, dan kritik saran yang berkaitan dengan permasalahan. 

Baca juga : 50 Contoh Kalimat Ajakan Dalam Bahasa Indonesia

Dalam contoh tajuk rencana pada surat kabar biasanya terdapat kalimat opini dan kalimat fakta yang saling berhubungan. Didalam tajuk tersebut terdapat beberapa aspek penting seperti:

  1. Judul
  2. Latar belakang
  3. Tokoh
  4. Masalah
  5. Peristiwa yang ingin disampaikan
  6. Opini penulis
  7. Saran serta solusi permasalahan
  8. Kesimpulan
  9. Sumber berita
  10. Anggota redaksi

Selain aspek aspek di atas, adapula ciri ciri yang harus ada dalam tajuk rencana. Berikut ciri ciri tajuk rencana surat kabar:

  • Didalamnya terdapat pendapat redaksi yang berkaitan dengan masalah yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat.
  • Ulasan yang dimuat memiliki skala yang sifatnya nasional sehingga dapat diterima pembaca diberbagai kalangan.

Dalam membuat contoh tajuk rencana pada surat kabar haruslah berhati hati karena tidak menggunakan cara yang sembarangan. Cara membuat tajuk rencana yang benar harus memuat hal hal di bawah ini:

  • Ide topik yang dibahas.
  • Menyeleksi dan mencari data data yang berkaitan dengan topik.
  • Penambahan substansi tesis dan materi keseluruhan mengenai uraian tajuk rencana.
  • Penulisan tajuk rencana.

Dalam membuat contoh tentang rajuk rencana juga harus memperhatikan judul teksnya. Hal ini dikarenakan judul akan mempengaruhi minat pembaca. Jika judulnya tidak bagus maka pembaca tidak akan tertarik untuk melihatnya meskipun isi teksnya bagus. 

Baca juga : Pengertian Nomina dan Pronomina Beserta Contohnya

Judul dalam contoh tajuk rencana pada surat kabar harus memuat hal hal penting seperti penulisannya singkat sesuai isi teks (to the point), tidak melenceng dari isi teks (relevan), dan dapat menarik perhatian pembaca (provokatif). 

Contoh Tajuk Rencana Tentang Pendidikan

Bullying Anak Sekolah, Salah Siapa?
Pergaulan anak sekoah sekarang ini sedang menjadi perbincangan dikalangan masyarakat. Terlebih lagi karena banyak video pembullyan dikalangan anak sekolah. Bahkan pelaku dan korban kasus pembullyan merupakan anak sekolah itu sendiri. Kebanyakan kasus ini terjadi dikalangan senior dan junior (siswa baru). Siswa senior tersebut memiliki anggapan bahwa dirinya memperoleh respect dari juniornya. Bahkan siswa siswa tersebit tidak segan untuk melakukan berbagai cara dalam mempermalukan juniornya seperti pemberian hukuman secara fisik maupun tindakan yang bersifat negatif lainnya.

Kasus bullying yang terjadi dikalangan anak sekolah memang sudah bersifat turun temurun. Bahkan telah menjadi budaya dikalangan senior dalam memberi pelajaran dikalangan juniornya meski dengan cara yang salah. Lalu, siapa yang patut disalahkan dalam hal ini?

Apabila kita lihat beberapa tahun ke belakang, kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) merupakan sarana pembullyan anak sekolah, baik dalam tingkat SMP, SMA, dan perkuliahan. Tujuan MOS sebenarnya untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada siswa baru, melatih kekompakan antar siswa, serta hal hal positif lainnya. Namun kenyataannya malah disalah gunakan untuk hal hal yang bersifat negatif seperti kekerasan fisik.

Sekarang ini kegiatan MOS sudah ditiadakan bahkan telah dirubah sistemnya. MOS sekarang dilakukan oleh pihak guru untuk membekali siswa siswa baru sesuai peraturan Permendikbud Nomor 18 tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Tetapi masih ada sisa sisa pembullyan yang terjadi dikalangan anak sekolah. Siapa yang patut disalahkan? Apabila tindakan pembullyan terjadi dilingkup sekolah maka yang patut disalahkan adalah pihak sekolah karena telah lalai dalam mengawasi kegiatan siswanya. Namun jika bullying dilakukan diluar sekolah maka yang patut disalahkan ialah pelaku serta pihak orang tua karena kurang mengawasi tindakan anak anaknya.

Baca juga : Menentukan Keteladanan dan Keistimewaan Tokoh Dalam Teks Biografi Lengkap

Dalam video bullying yang sedang viral sekarang ini, peristiwa tersebut terjadi diluar jam sekolah dan diluar lingkup sekolah. Maka dari itu pihak yang perlu disalahkan ialah orang tua dari pelaku itu sendiri. Namun pihak sekolah juga harus menanggapi hal hal yang berkaitan dengan masalah tersebut. Terlepas dari hal hal tersebut, tindakan bullying memang patut diperhatikan oleh seluruh lapisan masyrakat. Hal ini dilakukan untuk membimbing anak menjadi lebih baik agar tidak terjadi hal hal seperti ini lagi.

Demikianlah contoh tajuk rencana di surat kabar tentang pendidikan yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Pada dasarnya contoh tajuk rencana sangat mudah untuk kita temukan karena surat kabar merupakan bagian dari kehidupan kita sehari hari.

Baca Juga  Contoh Soal Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 dan Jawabannya Terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.