Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Diposting pada

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah) – Secara garis besar pecahan dari pembilang dan penyebut. Operasi hitung pada pecahan terbagi menjadi beberapa cara yaitu penjumlahan pecahan, perkalian pecahan, pengurangan pecahan dan pembagian pecahan. Masing masing cara tersebut memiliki pengoperasian yang berbeda beda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara mudah menghitung perkalian bilangan pecahan dan cara mudah menghitung pembagian bilangan pecahan. 

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)
Rumus cepat perkalian dan pembagian bilangan pecahan

Agar tidak membuang waktu ketika sedang ujian ataupun mengerjakan tugas matematika. Maka kita harus menerapkan rumus perkalian dan pembagian bilangan pecahan ala bimbel. Selain itu rumus cepat juga berfungsi untuk memudahkan kita ketika mengerjakan soal ujian sehingga bisa lebih menghemat waktu. Namun faktanya untuk mencari rumus cepat bilangan pecahan sangatlah sulit.

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Menyelesaikan soal perkalian dan  pembagian bilangan pecahan memang tidak mudah. Banyak siswa yang kesulitan dan membuang waktu hanya untuk menghitung berputar-putar. Semua itu terjadi karena kesalahan konsep dan rumus hitung yang dipakai untuk mengerjakan.

Jika kita ikut dalam program bimbingan belajar, kita akan mendapatkan buku panduan yang berisi rumus cepat matematika. Namun bagaimana kalo kita tidak ikut bimbel? jawabannya tentu adalah internet. Di internet kita bisa mencari banyak sekali rumus, termasuk rumus cepat perkalian dan pembagian bilangan pecahan.

Baca juga : Operasi Hitung Pecahan Aljabar Beserta Contoh Soal Lengkap

Pecahan ialah bilanngan yang tersusun oleh a/b namun b ≠ 0. Untuk bilangan a merupakan pembilang dan bilangan b merupakan penyebut. Untuk perkalian bilangan pecahan dan pembagian bilangan pecahan dapat dibagi menjadi beberapa kategori pengoperasian yaitu untuk kategori bilangan pecahan biasa, pecahan bilangan bulat dan pecahan campuran. Berikut penjelasan selengkapnya:

Perkalian Pecahan

Operasi perkalian bilangan pecahan dapat diselesaikan menggunakan rumus yang ada. Meskipun bentuk pecahannya berbeda (pecahan biasa, pecahan bilangan bulat dan pecahan campuran), namun operasi perhitungannya hampir sama. Berikut rumus umum perkalian pecahan yaitu:

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Seperti yang telah saya bahas diatas bahwa perkalian bilangan pecahan dapat dibagi menjadi tiga cara yaitu untuk perkalian pecahan biasa, perkalian pecahan bilangan bulat dan perkalian pecahan campuran.

Perkalian Pecahan Biasa

Cara mudah menghitung perkalian bilangan pecahan biasa yaitu cukup mengalikan pembilang dengan pembilang dan mengalikan penyebut dengan penyebut. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh dibawah ini:

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Pecahan biasa adalah bentuk yang paling umum kita jumpai ketika berada di bangku sekolah. Ada banyak sekali contoh perkalian pecahan biasa yang bisa kita kerjakan di buku latihan. Rumus hitungnya pun juga cukup sederhana karena kita hanya perlu mengalikan pembilang dan penyebut seperti pada rumus di atas.

Perkalian Pecahan Bilangan Bulat

Cara menghitung perkalian bilangan pecahan untuk bilangan bulat yaitu cukup mengalikan pembilang dengan bilangan bulat tersebut, setelah itu dibagi dengan penyebutnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh dibawah ini:

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Baca juga : Rumus Bangun Ruang Sisi Lengkung Beserta Contoh Soal

Sebenarnya cara menyelesaikan soal perkalian pecahan bilangan bulat sangat mudah. Bahkan lebih mudah daripada harus berurusan dengan pecahan biasa. Secara garis besar rumus hitungnya pun juga lebih sederhana.

Perkalian Pecahan Campuran

Tak sedikit siswa yang mengeluh ketika bertemu contoh soal perkalian pecahan campuran. Ketika mengerjakan jenis pecahan satu ini maka kalian akan dipaksa bekerja dua kali karena harus merasionalkan dua bentuk pecahan. Tidak heran jika banyak yang kehabisan waktu hanya untuk mengerjakan soal pecahan campuran.

Cara mudah menghitung perkalian bilangan pecahan campuran yaitu cukup mengalikan pembilang dengan pembilang dan mengalikan penyebut dengan penyebut. Operasi perkalian pecahan ini sama dengan perkalian pecahan biasa. Tetapi sebelumnya anda harus mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh dibawah ini:

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Pembagian Pecahan

Operasi pembagian bilangan pecahan dapat diselesaikan menggunakan rumus yang ada. Pada dasarnya pembagian pecahan hampir sama dengan perkalian pecahan. Tetapi untuk pembagian bilangan pecahan, posisi penyebut dan pembilangnya dibalik dan operasinya berubah menjadi perkalian pecahan. Berikut rumus umum pembagian pecahan yaitu:

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Untuk pembagian bilangan pecahan dapat dibagi menjadi dua cara pengoperasian yaitu untuk pembagian pecahan biasa dan pembagian pecahan campuran.

Pembagian Pecahan Biasa

Menurut saya pribadi, rumus pembagian pecahan biasa memiliki tingkat kesulitan daripada perkalian. Mengapa demikian? karena kita dipaksa harus mengubah posisi antara pembilang dan penyebut lalu mengalikannya. Hal ini mungkin terdengar mudah tapi faktanya masih banyak siswa yang kesulitan mengerjakannya.

Cara menghitung pembagian bilangan pecahan biasa hampir sama dengan perkalian pecahan diatas. Tetapi untuk pembagian pecahan, anda harus membalik posisi pembilang dengan penyebutnya lalu juga merubah operasi pembagian menjadi perkalian. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh dibawah ini:

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Pembagian Pecahan Campuran

Cara mudah menghitung pembagian bilangan pecahan campuran yaitu cukup mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Setelah itu tinggal membalik posisi pembilang menjadi penyebut, begitu pula sebaliknya. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh di bawah ini:

Rumus Cepat Perkalian dan Pembagian Bilangan Pecahan (Cara Mudah)

Sekian penjelasan mengenai cara mudah menghitung perkalian bilangan pecahan dan cara mudah menghitung pembagian bilangan pecahan. Untuk perkalian dan pembagian pecahan campuran, alangkah lebih baik jika mengubah pecahan campuran tersebut menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Dengan begitu, cara pengoperasiannya akan lebih mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.