8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap

Diposting pada

8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap – Makalah adalah karya tulis ilmiah berdasarkan hasil analisis lapangan dan analisis teori mengenai pembahasan masalah tertentu. Makalah tersebut tersusun oleh beberapa bagian penting. Salah satunya ialah bagian penutup. Lalu bagaimana contoh penutup makalah yang baik dan benar? Bagian penutup makalah merupakan bagian terakhir dalam laporan sebelum daftar pustaka. Sebagian orang mungkin kebingungan dan sulit menulis bagian penutup ini. Hal ini dikarenakan penutup makalah yang baik dan benar harus berisi kesimpulan akhir dalam laporan disertai saran yang terkait.

Sebagai siswa, harusnya kalian sudah sangat familiar dengan struktur makalah yang baik. Pasalnya guru sering sekali menyuruh siswa untuk menyusun makalah berkenaan tentang suatu topik. Misalnya makalah berisi tugas untuk merangkum fenomena alam di sekitar sekolah. Sayangnya asumsi ini tak sepenuhnya disetujui karena berdasarkan fakta ternyata ada pula beberapa siswa yang belum paham cara membuat karya tulis tersebut.

8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap
Contoh Penutup Makalah

Dalam membuat makalah yang baik dan benar harus disertai dengan penulisan penutup yang seefektif mungkin dan jelas serta tidak asal asalan. Bagian penutup makalah ialah bagian laporan yang berisi kesimpulan dan saran mengenai isi uraian masalah yang ditulis dengan singkat. Bagian penutup tersebut sering dinamakan dengan Bab Kesimpulan. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh penutup makalah yang baik dan benar terlengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

8 Contoh Penutup Makalah Yang Baik dan Benar Terlengkap

Secara garis besar penyusunan makalah menjadi salah satu materi dasar yang harus dikuasai siswa. Cara membuat karya tulis ini bahkan sudah mulai diajarkan bahkan semenjak kita berada di bangku SMP. Menurut saya pribadi, cakupan pembahasan yang lumayan banyak membuat beberapa siswa kesulitan menghafal struktur makalah dengan benar.

Makalah selalu diawali dengan pendahuluan yang biasanya berisi rasa syukur dan apresiasi. Lalu dilanjutkan isi yang menjadi intisari informasi apa yang sedang dibahas. Bagian selanjutnya adalah kesimpulan lalu diakhiri dengan penutup makalah singkat. Meski terdengar mudah tapi ternyata masih banyak siswa yang bingung menentuan tiap aspek pada masing-masing bagian.

Baca juga : Pengertian Kohesi dan Koherensi Dalam Wacana Beserta Contoh

Selain dari penjelasan guru sebenarnya siswa bisa mempelajari sendiri materi penyusunan makalah dari buku pedoman bahasa. Karena pada buku tersebut terkandung semua aspek serta unsur baik itu tata bahasa sampai struktur penulisan. Dalam artikel singkat kali ini saya ingin membahas bagaimana cara membuat penutup karya ilmiah. Selain itu, kalian juga akan disuguhkan beberapa contoh penutup makalah singkat beserta strukturnya.

Cara Membuat Penutup Makalah

Sebelum membagikan contoh penutup makalah yang baik dan benar, saya akan menjelaskan beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis penutup tersebut. Bagian penutup makalah berisi kesimpulan yang isinya berupa keseluruhan isi pembahasan dalam makalah tersebut. Selanjutnya adapula saran yang terdapat dalam bagian penutup. Saran tersebut berupa rekomendasi penulis mengeni persoalan atau tema dalam makalah. Dalam membuat penutup makalah, anda harus memperhatikan beberapa hal penting seperti:

Kalimatnya Singkat dan Padat

Contoh penutup makalah yang baik dan benar harus menggunakan kata kata yang to the point dan tidak bertele tele. Bagian penutup yang baik biasanya hanya terdiri dari satu halaman saja. Jika pembahasan dalam makalah cukup panjang maka bagian penutupnya maksimal hanya dua halaman saja dan tidak lebih dari itu. Hal ini dikarenakan bagian penutup makalah berisi pembahasan akhir dan kesimpulan dari isi persoalan yang diangkat dalam makalah. Penutup tersebut sekaligus menjadi jawaban mengenai tujuan pendahuluan yang telah disampaikan sebelumnya. 

Dalam contoh penutup makalah yang baik dan benar memang menggunakan kalimat yang to the point atau langsung pada inti permasalahannya. Kalimat yang ditulis dalam bagian penutup harus berupa inti sari penting mengenai keseluruhan isi makalah. Anda tidak perlu menggunakan kalimat penjabaran yang tidak penting atau bertele tele dalam penutup makalah tersebut.

Mengandung Inti Rangkuman Isi Makalah

Contoh penutup makalah yang baik dan benar harus berupa inti rangkuman dari isi makalah. Banyak para penulis yang salah membuat penutup makalah karena kurang berfokus dalam melakukan rangkuman isi pembahasannya. Hal ini sering terjadi karena para penulis kurang paham mengenai apa yang akan ia tulis pada bagian penutup tersebut. Bagian penutup tersebut sebenarnya berisi poin poin dari tema yang dibahas sebelumnya. Dengan mengetahui poin pembahasannya maka anda akan lebih mudah menulis penutup makalahnya.

Menulis Saran Sesuai Dengan Temanya

Contoh penutup makalah yang baik dan benar harus disertai dengan saran yang sesuai dengan tema persoalannya. Terkadang bagian saran penutup tersebut dianggap remeh oleh sebagian penulis. Sampai pada akhirnya saran ditulis dengan panjang lebar dan tidak menjurus pada tema makalah. Padahal sebenarnya penulisan saran yang baik harus tetap berhubungan dengan tema dan isi makalahnya.

Baca juga : Pengertian Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas Beserta Contoh

Penulisan saran dalam contoh penutup makalah yang baik dan benar harus berhubungan dengan hasil analisis yang anda temukan sebelumnya. Jika saran berkaitan dengan hasil analisis lapangan maka dapat ditujukan untuk pelaku lapangan terkait tema makalahnya. Tetapi jika saran berkaitan dengan analisis teori atau pustaka dalam buku refereni maka dapat berupa wacana yang berasal dari beberapa sumber literasinya. Pada intinya pembuatan saran dalam penutup makalah ialah harus berfokus pada hasil pembahasannya dan tidak menyimpang dari pokok persoalan.

Setelah membahas mengenai beberapa hal penting dalam membuat penutup makalah diatas, sekarang tiba saatnya untuk saya membagikan beberapa contoh penutup makalah yang baik dan benar. Kita bisa menganalisa beberapa faktor yang terkandung dalam contoh penutup makalah seperti yang saya jelaskan diatas. Berikut beberapa contohnya yaitu:

Contoh Penutup Makalah Pengamatan

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Harga bahan pangan antar pedagang di Pasar Tradisional Kliwon tidak mengalami perbedaan yang signifikan. Perbedaan harga yang mencapai 5,5 persen tersebut tidak berdampak pada pola perdagangan yang menjatuhkan pedagang satu dengan yang lainnya. Harga rata rata bahan pangan dari 10 pedagangan yang diwawancarai tidaklah jauh berbeda.

Untuk harga cabai rawit perkilogram sekitar Rp 16.000 – Rp 25.000, harga cabai keriting perkilogram sekitar Rp 28.000 – Rp 38.000, harga bawang putih per kilogram sekitar Rp 28.000 – Rp 32.000, dan harga bawang merah perkilogram sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000. Berdasarkan data tersebut dapat kita simpulkan bahwa para pedagang bersaing secara sehat. Dengan demikian, para pedagang Pasar Tradisional Kliwon tidak melakukan adanya monopoli antar pedagang lainnya.

2. Saran
Para pedagang di Pasar Tradisional Kliwon sebaiknya tetap menjaga atmosfer kegiatan ekonomi seperti sekarang karena pada dasarnya kegiatan ekonominya berjalan dengan sehat. Maka yang perlu dilakukan oleh para pendagang ialah menjaga keseimbangan perdagangan di Pasar Tradisional Kliwon agar tetap stabil dan tidak rusak.

Jika kita amati, dalam contoh penutup makalah diatas kita bisa menganalisa bahwa terdapat dua bagian utama yakni kesimpulan dan saran. Kesimpulan merupakan bagian dimana intisari makalah dirangkum dan ditulis sedangkan saran maupun kritik saran adalah bagian dimana kita akan menemukan berbagai sugesti, saran maupun kritik selama proses pembuatan makalah.

Bahasa yang digunakan dalam contoh penutup makalah diatas juga terlihat lugas dan tidak bertele tele, melainkan langsung pada inti pembahasannya. Meskipun demikian pembaca masih bisa menangkap apa yang ingin disampaikan oleh penulis dalam kesimpulan tersebut karena gaya penulisan yang mudah dipahami.

Contoh Penutup Makalah Penelitian

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Berdasarkan penjelasan data dan informasi diatas dapat disimpulkan bahwa bahan pengawet banyak digunakan dalam jajanan anak sekolah. Hal ini tentunya membahayakan kesehatan tubuh anak, maka dari itu pemerintah dinas kesehatan diharapkan dapat mencegah dan menindaklanjuti tindakan negatif tersebut. Para siswa dan siswi dilarang untuk jajan sembarangan serta pihak kantin sekolah juga lebih memperhatikan jajanan yang dihidangkannya. Adanya pengawasan dari orang tua dan guru merupakan faktor penting dalam menangani masalah tersebut.

Baca juga : 12 Contoh Kutipan Langsung Lebih dari 4 Baris Terbaru

2. Saran
Penulis sebenarnya menginginkan penyusunan makalah yang sempurna dan rapi. Namun masih banyak kekurangan dalam makalah ini yang perlu diperbaiki oleh penulis. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan penulis. Maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun penulisan makalah ini sebagai bahan evaluasi selanjutnya.

Contoh Penutup Makalah Singkat

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan
Karir pertama Wiliam Kaye Estes terjadi ketika berada di University of Indianan. Estes melakukan beberapa percobaan dan mengungkapkan salah satu percobaan elemen stimulus menggunakan cara all-or-none. Tetapi karena dalam satu percobaan hanya terdapat sedikit sampel maka proses belajarnya hanya berlangsung secara gradual atau inkremental.

Estes mengungkapkan terori Sampling Stimulus (SST) merupakan wujud pengembangan dari teori transfer elemen Thorndike secara matematis. Yaitu teori perluasan dalam menciptakan prediksi transfer training antar situasi secara cepat berdasarkan dua elemen stimulus yang sama. Pembelajaran menurut SST dilakukan dengan cara all-or-none (belajar sekaligus atau tidak sama sekali) dan membutuhkan respons setra kontiguitas tertentu antar stimulus.

Pada dasarnya kita bisa menemukan berbagai contoh penutup makalah pada berbagai referensi baik online maupun offline. Terlebih lagi jika masih di bangku sekolah tentunya sudah sangat familiar dengan pembukaan makalah, isi makalah maupun penutup makalah yang terdiri dari kesimpulan dan saran. Dalam penulisan penutup makalah pun ada aturan tersendiri baik dari segi gaya penulisan maupun informasi yang terkandung didalamnya.

Sekian pembahasan mengenai contoh penutup makalah yang baik dan benar terlengkap. Dalam membuat penutup makalah sebaiknya menggunakan kata kata yang to the point (tidak bertele tele), didalamnya terdapat rangkuman isi makalah, dan berisi saran yang sesuai dengan tema pembahasannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga  Pengertian Pidato Persuasif, Tujuan, Struktur, dan Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.