Pengertian dan Macam Macam Hak Asasi Manusia

Diposting pada

Pengertian dan Macam Macam Hak Asasi Manusia– Seperti yang kita ketahui bahwa kesadaran akan hak warga negara cukup penting untuk diketahui segenap masyarakat. Hal ini dikarenakan HAM berguna untuk melindungi harga diri dalam bentuk hak untuk hidup seperti hak atas kebebasan, hak keamanan dan sebagainya. Disisi lain HAM juga membuat sikap saling menghargai antar manusia menjadi semakin berkembang, mendorong sikap tanggung jawab dan kesadaran tentang jaminan hak orang lain yang tidak dapat dilanggar.

Setiap orang sudah diberikan hak asasi manusia atau HAM sejak lahir. Itu disebabkan karena hak asasi manusia sangat dijunjung tinggi oleh setiap orang. Hak asasi manusia telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa untuk semua orang, namun terkadang hak tersebut hancur dikarenakan beberapa orang hanya mementingkan hak pribadi saja. HAM audah pasti terdapat pada sebuah negara untuk bebas berekspresi dan mengungkapkan pendapat.

Pengertian dan Macam Macam Hak Asasi Manusia
Definisi Hak Asasi Manusia (HAM)

Apa yang dimaksud HAM itu? Apa saja jenis jenis HAM itu? Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan artikel mengenai pengertian HAM atau hak asasi manusia dan macam-macam HAM. Semoga dengan adanya artikel ini kita semua menjadi lebih tahu mengenai HAM dan macam-macamnya.

Pengertian dan Macam Macam Hak Asasi Manusia

Mengapa HAM harus dilindungi negara? HAM perlu dilindungi dan dihormati karena manusia adalah makhluk atau insan Tuhan yang paling sempurna daripada makhluk ciptaan Tuhan yang lainnya. Maka dari itu kita memerlukan HAM untuk menjaga harkat, kehormatan dan martabat.

Pengertian HAM menurut UU No 39 Tahun 1999 adalah sekumpulan hak yang terdapat dalam diri manusia sebagai ciptaan dan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus dihormati, dilindungi, maupun dijunjung tinggi oleh negara, pemerintah, setiap orang maupun hukum agar kehormatan, martabat, dan harkat manusia dapat terlindungi.

HAM juga dapat disebut dengan sebuah kebebasan dasar ataupun hak dasar. Setiap manusia pasti memiliki akal, budi, dan nurasi yang dapat membantu mengambil keputusan. Namun kebebasan untuk melakukan suatu hal harus diimbangi denan sikap tanggung jawab terhadap apa yang dilakukan.

Macam-Macam HAM (Hak Asasi Manusia)

Setelah menjelaskan tentang pengertian HAM, selanjutnya saya akan membahas tentang macam macam Hak Asasi Manusia. Ada bermacam macam hak asasi manusia. Namun secara garis besar, hak asasi manusia dapat digolongkan menjadi 6 macam berikut ini:

Hak Asasi Pribadi

Hak asasi pribadi atau Personal Rights adalah hak asasi yang berhubungan dengan kehidupan pribadi manusia. Contoh hak asasi pribadi adalah sebagai berikut:

  • Hak kebebasan untuk berpendapat
  • Hak kebebasan untuk bergerak, bepergian, dan berpindah tempat
  • Hak kebebasan untuk aktif dalam sebuah organisasi atau perkumpulan
  • Hak kebebasan untuk memilih, memeluk, dan menjalankan agama serta kepercayaan yang diyakini.
Baca Juga  Contoh Cerpen Persahabatan Pendek Beserta Unsurnya

Hak Asasi Politik

Hak asasi politik atau Political Rights adalah hak asasi yang berhubungan dengan kehidupan politik, Contoh hak asasi politik adalah sebagai berikut:

  • Hak untuk membuat dan mengajukan usulan petisi
  • Hak untuk ikut serta dalam kegiatan pemerintahan
  • Hak untuk membuat dan mendirikan partai politik serta organisasi politik terkait
  • Hak untuk memilih dan dipilih dalam pemilihan

Hak Asasi Hukum

Hak asasi hukum atau Legal Equality Rights adalah hak kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan, yakni hak yang berkaitan dengan kehidupan hukum dan pemerintahan. Contoh hak asasi hukum adalah sebagai berikut:

  • Hak untuk menjadp Pegawai Negeri Sipil atau PNS
  • Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan
  • Hak untuk mendapat layanan dan perlindungan hukum

Hak Asasi Ekonomi

Hak asasi ekonomi atau Property Rights adalah hak asasi yang berhubungan dengan kegiatan perekonomian. Contoh hak asasi ekonomi adalah sebagai berikut:

  • Hak kebebasan untuk melakukan jual beli
  • Hak kebebasan untuk mengadakan perjanjian kontrak
  • Hak kebebasan untuk menyelenggarakan, sewa-meyewa, dan hutang piutang
  • Hak kebebasan untuk memiliki sesuatu
  • Hak kebebasan untuk memiliki dan mendapatkan pekerjaan yang layak

Hak Asasi Peradilan

Hak asasi peradilan atau Procedural Rights adalah hak untuk diperlakukan sama dalam tata cara peradilan. Contoh hak asasi peradilan adalah sebagai berikut:

  • Hak mendapat pembelaan hukum di pengadilan
  • Hak persamaan atas perlakuan, penangkapan, penahanan, dan penyeidikan di muka hukum

Hak Asasi Sosial Budaya

Hak asasi sosial budaya atau Social Culture Rights adalah hak yang berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat. Contoh hak asasi sosial budaya adalah sebagai berikut:

  • Hak untuk menentukan, memilih, dan mendapatkan pendidikan
  • Hak untuk mendapatkan pengajaran
  • Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat

Nah, mungkin hanya ini artikel yang dapat saya tuliskan mengenai pengertian dan macam-macam hak asasi manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita mengenai pengertian dan macam-macam HAM. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.