10 Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian

Diposting pada

10 Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian – Apa itu paragraf? Paragraf adalah gagasan yang bentuknya serangkaian kalimat yang berhubungan satu sama lain. Paragraf ini dapat disebut juga dengan wacana mini. Paragraf secara umum berguna untuk menandai dimulainya topik yang baru dan membuat gagasan utama terpisah dengan yang lainnya.

Dalam bahasa Indonesia sering kita jumpai beberapa jenis paragraf. Paragraf tersebut meliputi paragraf induktif maupun paragraf deduktif. Setiap paragraf memiliki pengertian dan contoh masing masing. Salah satunya ialah pengertian paragraf deduktif dan contoh paragraf deduktif. Ketika kita dibangku sekolah, tentunya diberikan pelajaran mengenai paragraf deduktif. Jenis paragraf tersebut berguna untuk membantu kita dalam mencari inti dari sebuah kalimat. Dengan kata lain, baik paragraf induktif ataupun deduktif memberikan kemudahan dalam menemukan inti kalimat dalam sebuah paragraf atau cerita.

10 Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian
Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif juga memiliki ciri ciri yang dapat membedakannya dengan jenis paragraf lainnya. Paragraf ialah suatu bagian dari karangan yang didalamnya terdapat satu kalimat utama dan beberapa kalimat penjelas. Yang membedakan paragraf deduktif dengan paragraf lainnya ialah letak kalimat utamanya. Untuk paragraf deduktif memiliki kalimat utama yang terletak di bagian awal paragraf kemudian diikuti dengan kalimat penjelas. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian paragraf deduktif dan contoh paragraf deduktif. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

10 Contoh Paragraf Deduktif Beserta Pengertian

Apa perbedaan paragraf deduktif dan paragraf induktif? Perbedaan diantara dua paragraf ini terletak pada letak ide pokoknya. Ide pokok pada paragraf deduktif ada di awal paragraf dan gagasan yang disampaikannya berasal dari umum (luas) ke khusus. Sedangkan ide pokok paragraf induktif ada di akhir paragraf dan gagasan yang disampaikannya berasal dari khusus ke umum.

Dalam paragraf deduktif terdapat format khusus yang berupa umum menuju khusus. Dengan begitu kita akan lebih mudah mengetahui kalimat utama dalam paragraf deduktif. Ciri utama dalam paragraf ini ialah letak kalimat utamanya di awal paragraf dan memiliki format berupa umum kemudian diikuti dengan penjelasannya.

Paragraf ini pada dasarnya dapat dipelajari dengan mudah karena materi ini dapat dipelajari dari berbagai sumber, seperti buku panduan Bahasa Indonesia maupun internet. Untuk lebih memahami tentang paragraf tersebut maka dapat anda simak pengertian paragraf deduktif  dan contoh paragraf deduktif dibawah ini.

Baca juga : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis dan Contoh Paragraf Argumentasi

Pengertian Paragraf Deduktif

Hal pertama yang akan saya bahas ialah pengertian paragraf deduktif. Paragraf ialah satu bagian yang didalamnya terdapat kalimat utama dan kalimat pendukung atau penjelas. Paragraf tersebut dikatakan deduktif atau induktif tergantung letak kalimat utamanya. Untuk paragraf deduktif memiliki letak kalimat utama di bagian awal paragraf kemudian diikuti dengan kalimat penjelas. Kemudian format kalimatnya dari umum menuju khusus. Dengan begitu akan memudahkan anda dalam membuat atau menulis artikel maupun karangan. Agar lebih memahami mengenai paragraf ini, telah saya sajikan beberapa contoh paragraf deduktif di bawah ini.

Contoh Paragraf Deduktif

Dibawah ini telah saya sajikan beberapa contoh paragraf deduktfi untuk anda. Dengan contoh tersebut bertujuan agar anda lebih memahami mengenai jenis paragraf ini.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Teknologi

Smartphone memiliki kegunaan penting dalam kehidupan manusia sehari hari. Alat komunikasi tersebut memiliki kecanggihan yang efisien daan ekeftif. Jaman dahulu manusia melakukan komunikasi melalui surat menyurat. Surat tersebut harus dikirimkan oleh pos dalam waktu yang lama, namun sekarang telah ditemukan handphone yang dapat melakukan komunikasi dengan waktu cepat dan dapat menempuh jarak yang jauh. Dulunya hanya berguna sebagai komunikasi, sekarang telah memiliki kegunaan yang banyak seperti memudahkan pekerjaan manusia. Didalamnya terdapat tambahan fungsi fitur seperti GPS, aplikasi, kamera, penyimpanan foto, memo, kalkulator dan masih banyak lagi.

Baca juga : 8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, sugestif, dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya

Dengan berbagai fitur tadi disajikan dalam bentuk sebuah handphome dengan beberapa kemudahan dalam urusan manusia, misalnya anda tersesat, anda cukup membuka handphone dan melihat jalan keluarnya.

Contoh paragraf deduktif di atas dapat kita uraikan menjadi beberapa pola pengembangan paragraf deduktif. Berikut penjelasannya:

  • Smartphone memiliki kegunaan penting… (Termasuk gagasan utama 1/umum)
  • Alat komunikasi tersebut memiliki… (Termasuk pendukung utama 1/khusus )
  • Jaman dahulu manusia melakukan… (Termasuk tambahan utama 1/khusus)
  • Surat tersebut harus… (Lanjutan tambahan utama 1/khusus)
  • Dulunya hanya berguna sebagai komunikasi… (Termasuk pendukung utama 2/khusus)
  • Didalamnya terdapat tambahan fungsi… (Termasuk pendukung tambahan 2,1/khusus)
  • Dengan berbagai fitur tadi… (Termasuk pendukung tambahan 2.2/ khusus)

Catatan:
Gagasan utama dalam contoh paragraf deduktif di atas merupakan topik yang akan dibahas. Pendukung utama merupakan sebuah kalimat penjelas dari gagasan utama. Pendukung tambahan merupakan sebuah kalimat penjelas selanjutnya dari gagasan penjelas atau pendukung.

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Lalu Lintas

Kemacetan merupakan masalah biasa yang terdapat dikota besar seperti Jakarta. Terdapat beberapa faktor kemacetan seperti ketidakseimbangan antara luas jalan ibukota dengan jumlah kendaraan. Faktor kedua ialah kurangnya kesadaran dan kedisiplinan dari setiap pengguna jalan raya. Faktor ketiga ialah adanya area yang menjadi sumber kemacetan, misalnya halte yang tidak digunakan lagi, banjir, pedagang kaki lima, pasar, kereta api, dan sebagainya. Faktor terakhir ialah pihak berwenang memiliki ketegasan dan sanksi yang minim bagi pelanggar aturannya.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Pemuda Rejosari menetapkan sebuah kebijakan dalam pelaksanaan jam belajar yang tertip dan disiplin dalam masyarakat. Sebelum adanya kebijakan ini, banyak anak anak sekolah yang sengaja dibiarkan keluyuran di luar sekolah ataupun duduk di pinggir jalan saat jam pelajaran dimulai. Pemuda tadi akan bekunjung kerumah orang tua setiap siswa dengan tujuan memberikan pengertian mengenai kegiatan belajar bagi anak anak yang sangat penting.

Jika terdapat masyarakat yang melihat anak sekolah malah duduk duduk dijalan ketika jam belajar, maka mereka harus memberikan peringatan dan mengajaknya untuk ikut belajar. Menurut kebijakan tadi, jam belajar dalam masyarakat berlaku ada pukul 18.00 sampai pukul 20.00.

Keterangan :
Berdasarkan contoh paragraf deduktif diatas dapat kita ketahui kalimat utamanya yaitu “Pemuda Rejosari menetapkan sebuah kebijakan dalam pelaksanaan jam belajar yang tertip dan disiplin dalam masyarakat”.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

Tikus merupakan binatang yang bermusuhan dengan petani karena mengganggu dan meresahkan. Ladang dan sawah yang luasnya berhektar dapat gagal panen apabila banyak tikus yang melahap hasil padinya. Bahkan hewan pengerat ini juga memakan habis buah petai China yang sudah dewasa serta tanaman singkong. Selain itu binatang tikus juga mengincar hewan hewan ternak seperti bebek ataupun ayam.

Baca juga : Pengertian, Jenis Jenis, dan Contoh Konjungsi

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Kesehatan

Penggunaan narkoba yang salah akan merugikan kesehatan kita, baik secara mental ataupun fisik. Narkoba tersebut mempunyai efek ketagihan, tetapi setiap jenis narkoba memiliki efek yang berbeda beda misalnya menyebabkan kematian apabila overdosis dan membuat jantung berdetak lebih cepat dari keadaan normal.

Contoh Paragraf Deduktif Tema Kebersihan

Menjaga kebersihan ialah suatu hal yang wajib diperhatikan dalam penjagaan kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk kita menjaga kebersihan tempat tinggal beserta pakaian yang dikenakan. Masih banyak orang yang terkena penyaki akibat kebersihan yang kurang dijaga.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sosial Budaya

Indonesia termasuk jenis negara yang majemuk. Di dalamnya terdapat beraneka ragam agama atau kepercayaan serta beraneka ragam suku seperti suku Batak, Madura, Jawa, Ambon dan suku suku lainnya dengan keunikan masing masing.

Contoh Paragraf Deduktif Tema Sekolah

Ketika siswa duduk dibangku sekolah dasar sudah diterapkan pola fikir yang ilmiah. Bagaimana langkah langkah penerapannya? Misalnya saja, siswa disuruh mencatat/menulis dan melihat beberapa jenis atau jumlah tanaman bonsai disekitar area sekolah.

Saat siswa sudah masuk ke bangku SMP. mereka diajak untuk meneliti serta membuat eksperiman dalam skala kecil dan lebih sederhana. Tetapi setelah masuk ke SMA, pembelajaran untuk berfikir ilmiah ditunjukkan dalam pelatihan yang dikembangkan dan lebih bervariasi. Hal tersebut bertujuan agar memiliki pola fikir ilmiah dan siswa tersebut tidak harus menunggu untuk menjadi mahasiswa perguruan tinggi.

Contoh Paragraf Deduktif mengenai Kedisiplinan

Semua pihak diharuskan untuk menaati peraturan lalu lintas dengan baik. Peraturan tersebut dibuat bukan untuk mempersulit pengendara dijalan raya ketika mengemudi kendaraannya dijalan. Namun peraturan tadi bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban bersama sama. Kenyataannya masih banyak kecelakaan yang disebabkan oleh pengguna jalan yang lalai dan kurang mematuhi peraturan lalu lintas. Contohnya saja, pengguna jalan yang meyerobot palang kereta api.

Pelanggaran tersebut banyak mengakibatkan pengendara mengalami kecelakaan. Harusnya pengendara menunggu dengan sabar sampai kereta api lewat walaupun waktu sebentar tetapi keselamatan kita harus tetap diperhatikan. Selain itu kita juga harus memperhatikan beberapa kelengkapan kendaraan seperti SIM, helm, spion, STNK dan lain lain. Dengan begitu dimasa depan keamanan dan ketertiban akan meningkat.

Demikian penjelasan mengenai pengertian paragraf deduktif dan contoh paragraf deduktif. Paragraf deduktif ialah paragraf yang letak kalimat utamanya di awal paragraf dan memiliki format berupa umum kemudian diikuti dengan penjelasannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Baca Juga  12 Contoh Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Terlengkap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.