Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya

Diposting pada

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta ContohnyaDaun adalah bagian dari tumbuhan yang terdapat di batang ataupun ranting. Daun umumnya berwarna hijau karena didalamnya terdapat kandungan krorofil. Bagian tumbuhan ini juga menyerap sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis atau pembuatan makanannya sendiri. Hampir seluruh tanaman memiliki daun yang  berguna sebagai tempat pembuatan makanan. Namun tidak semua bentuk tulang daun pada tumbuhan sama. Setiap tumbuhan memiliki macam macam bentuk tulang daunnya sendiri. Hal ini dikarenakan struktur dan susunan setiap tumbuhan berbeda.

Apa itu tulang daun? Pengertian tulang daun adalah bagian dari daun yang mempunyai peranan sebagai penopang daun agar dapat menjadi kuat. Tulang daun ini tidak hanya sebagai penguat saja, tetapi juga termasuk dalam organ yang berfungsi untuk mengangkut zat yang diperlukan tanaman dalam proses perkembangan dan pertumbuhannya.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam daun terdapat zat klorofil yang digunakan sebagai bahan dasar dalam proses fotosintesis. Selain itu adapula bahan lain yaitu air (H2O), gas Karbon Dioksida (CO2) dan cahaya matahari. Kemudian bahan bahan tersebut diubah menjadi Gula dan gas Oksigen (O2). Proses perubahan seyawa inilah yang dinamakan fotosintesis. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai macam macam bentuk tulang daun beserta contohnya. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya

Mengapa bentuk dan tulang daun berbeda beda? Karena daun memiliki struktur yang berupa monokotil dan dikotil. Untuk kategori dikotil memiliki struktur yang dipisahkan oleh kambium dan susunannya teratur. Sedangkan monokotil tidak memiliki kambium, strukturnya melebar dan memiliki berkas pembuluh. Lantas apa saja jenis jenis bentuk tulang daun itu?

Dalam tumbuhan terdapat beberapa jenis daun yang dikategorikan sebagai daun lengkap dan daun tidak lengkap. Daun lengkap merupakan jenis daun yang terdiri dari tangkai daun, helaian daun dan pelepah daun. Misalnya tumbuhan pisang dan bambu. Sedangkan untuk jenis daun yang tidak lengkap merupakan jenis daun yang tidak memiliki bagian bagian yang lengkap. Tetapi semua itu ditunjang dengan berbagai macam bentuk tulang daun yang terdapat didalamnya.

Baca juga : Bentuk Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan

Sebelum membahas mengenai macam macam bentuk tulang daun dan contohnya, saya akan membahas mengenai fungsi daun secara umum bagi tumbuhan. Berikut fungsinya:

  1. Untuk tampat fotosintesis (proses pembuatan makanan sendiri).
  2. Alat pernapasan tumbuhan melalui mulut daun (stomata) yang terletak dibagian permukaan daun.
  3. Tempat terjadinya penguapan air, apabila kandungan air dalam tumbuhan terlalu banyak.
Macam Macam Bentuk Tulang Daun Beserta Contohnya
Bentuk Tulang Daun
 

Macam Macam Bentuk Tulang Daun

Berikut penjelasan mengenai macam macam bentuk tulang daun beserta contohnya:

Baca juga : Pembelahan Mitosis dan Meiosis Beserta Gambarnya

Tulang Daun Menyirip

Bentuk tulang daun yang pertama ialah tulang daun menyirip. Bentuk tulang daun ini memiliki struktur daun seperti sirip ikan. Contohnya daun jambu, daun mangga, dan daun nangka.

Tulang Daun Menjari

Bentuk tulang daun selanjutnya ialah tulang daun menjari. Bentuk tulang daun ini memiliki struktur daun seperti jari tangan. Contohnya daun pepaya dan daun jarak.

Tulang Daun Melengkung

Bentuk tulang daun selanjutnya ialah tulang daun melengkung. Bentuk tulang daun ini memiliki struktur daun seperti garis melengkung. Contohnya daun sirih dan daun genjer.

Tulang Daun Sejajar

Bentuk tulang daun selanjutnya ialah tulang daun sejajar. Bentuk tulang daun ini memiliki struktur daun seperti garis lurus sejajar. Contohnya rumput teki, alang alang dan tanaman tebu.

Demikianlah penjelasan mengenai macam macam bentuk tulang daun beserta contoh tanamannya. Tulang daun merupakan bagian dari daun yang mempunyai peranan sebagai penopang daun agar dapat menjadi kuat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung di blog ini. 

Baca Juga  Proses Fotosintesis pada Tumbuhan Beserta Tempat Berlangsungnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.