Menentukan Keteladanan dan Keistimewaan Tokoh Dalam Teks Biografi Lengkap

Diposting pada

Menentukan Keteladanan dan Keistimewaan Tokoh Dalam Teks Biografi Lengkap – Teks Biografi adalah jenis teks hasil karya orang lain yang berisi riwayat hidup seseorang. Jenis teks ini mengandung berbagai penjelasan tokoh mulai dari ia kecil sampai ia tua maupun sampai tokoh tersebut meninggal. Bahkan penceritaan tokoh tersebut juga berisi seluruh kegiatan yang dilakukan tokoh, hasil karya tokoh dan seluruh jasa jasa tokoh tersebut. Teks biografi ini dapat dijadikan sebagai buku ataupun soal soal ujian. Ketika dibangku sekolah terdapat beberapa soal yang menunjukkan bahwa para siswa diharuskan untuk menentukan keteladanan tokoh dalam teks biografi maupun menentukan keistimewaan tokoh dalam teks biografi.

Biografi pada dasarnya sering disamakan dengan autobiografi. Tetapi pada kenyataannya biografi dan autobiografi berbeda. Apa perbedaan biografi dan autobiografi? Kalau biografi merupakan riwayat hidup seseorang yang ditulis orang lain. Sedangkan autobiografi adalah riwayat hidup pribagi yang kita sendiri yang tulis. Biografi sendiri ditulis dengan maksud untuk diperoleh keistimewaan dan keteladanannya.

Menentukan Keteladanan dan Keistimewaan Tokoh Dalam Teks Biografi Lengkap
Menentukan Keteladanan dan Keistimewaan Tokoh

Dalam teks biografi terdapat keteladanan dan keistimewaan tokoh yang dapat kita peroleh. Sebenarnya apa itu keteladanan tokoh? Apa itu keistimewaan tokoh? Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara menentukan keteladanan tokoh dalam teks biografi dan cara menentukan keistimewaan tokoh dalam teks biografi. Berikut ulasan selengkapnya.

Menentukan Keteladanan dan Keistimewaan Tokoh Dalam Teks Biografi Lengkap

Keteladanan tokoh ialah sikap terpuji yang dimiliki oleh seseorang yang terdapat dalam teks biografi dan patut untuk diteladani oleh pembaca. Sedangkan keistimewaan tokoh ialah kelebihan dari tokoh teks biografi. Contohnya tokoh tersebut memiliki kelebihan yakni suaranya merdu dan khas maka dari itu ia berprofesi sebagai penyanyi. Menentukan keteladanan tokoh dalam teks biografi dengan cara membaca seluruh teks dengan teliti. Begitu pula saat menentukan keistimewaan tokoh dalam teks biografi.

Baca juga : 4 Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu Tercinta Dalam Bahasa Indonesia

Untuk kategori teks biograsi singkat, biasanya hanya berisi peran tokoh dan fakta kehidupan tokoh saja. Namun untuk kategori teks biografi panjang biasanya berisi informasi penting mengenai tokoh secara terperinci dan gaya penulisan yang baik. Maka dari itu keahlian penulis sangat berpengaruh pada kemenarikan teksnya. Selain itu teks biografi juga harus mencakup sikap tokoh yang istimewa dan patut diletadani oleh pembaca.

Untuk lebih memahami tentang keteladanan dan keistimewaan tokoh teks biograsi, saya juga sertakan contoh teksnya. Berikut contoh menentukan keteladanan tokoh dalam teks biografi dan menentukan keistimewaan tokoh dalam teks biografi.

Contoh 1

“B.J. Habibie”
B.J. Habibie adalah anak dari Alwi Abdul Jalil Habibie dengan R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Beliau merupakan anak yang ke 4 dari delapan bersaudara. Alwi Abdul Jalil Habibie (Ayah B.J.Habibie) lahir di Gorontalo pada tangga 17 Agustus 1908. Kemudian R.A. Tuti Marini Puspowardojo (Ibu B.J.Habibie) lahir di Yogyakarta dan merupakan anak dari Puspowardojo selaku pemilik sekolah tempat B.J. Habibie menuntut ilmu. Pada tanggal 12 Mei 1962, B.J. Habibie mempersunting Hasri Ainun Besari sebagai istrinya. Beliau dikaruniai dua putra yang bernama Thareq Kemal dan Ilham Akbar.

B.J. Habibie bersekolah di SMAK Dago untuk menuntut ilmu. Kemudian pada tahun 1954, beliau melanjutkan sekolah di Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Mesin. Lalu melanjutkan lagi ke RWTH Aachen, Jerman Barat, jurusan teknik penerbangan yakni spesialisasi konstruksi pesawat terbang pada tahun 1955 sampai tahun 1965. Tahun 1960 B.J. Habibie mendapatkan gelar diplom ingenieur dan tahun 1960, beliau mendapatkan gelar doktor ingenieur dengan predikat summa cum laude. B.J. Habibie adalah tokoh yang memiliki semangat dan daya juang tinggi dalam hal belajar. Maka dari itu beliau dapat menyelesaikan pendidikannya degan baik meskipun tergolong sulit.

Baca juga : Cara Menemukan Pikiran Pokok Teks Bacaan Dengan Cepat

Berdasarkan teks biografi singkat di atas, dapat kita peroleh:

  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi B.J. Habibie yakni mempunyai semangat dan daya juang tinggi dalam hal belajar
  2. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi B.J. Habibie yakni dapat memperoleh predikat summa cum laude dengan gelar doktor ingenieur.

Contoh 2

Seniman sastra Indonesia yang terkenal di Indonesia ialah Habiburrahman El Shirazy. Beliau merupakan penulis dari buku Novel Ketika Cinta Bertasbih dan Ayat Ayat Cinta. Novel tersebut disambut baik oleh penggemar Novel tanah air. Bahkan novel hasil karya dari Habiburrahman El Shirazy juga dijadikan sebagai sinetron dan film.

Menurut Habiburrahman El Shirazy atau Kang Abik bahwa dalam satu waktu beliau dapat membuat beberapa novel. Ibarat sedang makan, ia merasa bosan apabila makan makanan yang menunya cuma satu itu terus dalam beberapa hari. Untuk menghindari kejenuhan dalam menulis, Kang Abik melakukan strategi selang seling dalam membuat Novel yang bergenre Islami.

Habiburrahman El Shirazy lahir pada tanggal 30 September 1976 di kota Semarang. Beliau berpendapat bahwa karya karya novelnya dibuat tanpa adanya kesulitan apapun. Bahkan karyanya tersebut dekat dengan kehidupan ini.

Sejak Kang Abik di bangku sekolah, ia memang suka menghabiskan waktunya untuk membaca dan menulis. Di kala itu, ia sering membuat tulisan tulisan yang bertajuk ilmiah dan tidak sedikit pula mendapatkan penghargaan atas tulisan tersebut. Habiburrahman El Shirazy melanjutkan kuliah S2 nya tanpa beasiswa apapun. Hal ini membuat ia memutar otak agar mendapatkan uang kuliah. Akhirnya ia bekerja sebagai penterjemah tulisan ilmiah maupun non ilmiah yang berbahasa Arab menjadi bahasa Inggris. Pekerjaan tersebut dilakukan dengan tekun, disiplin dan rutin.

Baca juga : Menyusun Paragraf Berdasarkan Gambar Beserta Langkahnya

Berdasarkan teks biografi singkat di atas, dapat kita peroleh keteladanan tokoh dalam teks biografi Habiburrahman El Shirazy yaitu:

  1. Sejak beliau masih muda sering menghabiskan waktunya untuk membaca dan menulis.
  2. Hasil karya dari Habiburrahman El Shirazy telah banyak dibuat menjadi film.
  3. Dalam satu waktu, beliau dapat menulis beberapa bentuk novel.
  4. Beliau juga ahli dalam menterjemahkan buku buku yang berbahasa Arab maupun Inggris.

Demikianlah penjelasan cara menentukan keteladanan tokoh dalam teks biografi dan menentukan keistimewaan tokoh dalam teks biografi. Saya juga menyertakan beberapa contoh agar anda dapat lebih memahaminya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Macam Macam Imbuhan Bahasa Indonesia Beserta Contoh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.