Pengertian Gaya Sentuh dan Gaya Tak Sentuh Beserta Contohnya

Diposting pada

Pengertian Gaya Sentuh dan Gaya Tak Sentuh Beserta Contohnya – Para siswa pada umumnya sering mempertanyakan apa itu gaya sentuh, pengertian, contoh gaya sentuh dan tak sentuh. Tanpa kita sadari sebenarnya campur tangan gaya bisa kita jumpai dalam kontek kehidupan sehari-hari. Kalian bisa melihatnya pada fenomena benda yang bergerak, berhenti, maupun berpindah tempat.

Gaya dalam ilmu sains dapat didefinisikan sebagai dorongan, kayuhan, tarikan, tendangan atau hal lain yang menyebabkan benda berhenti atau bergerak. Gaya sendiri pada umumnya dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu gaya sentuh dan gaya tak sentuh. Apa pengertian gaya sentuh itu? Apa pengertian gaya tak sentuh? Apa saja contoh gaya sentuh? Apa saja contoh gaya tak sentuh?

Pengertian Gaya Sentuh dan Gaya Tak Sentuh Beserta Contohnya
Contoh Gaya Sentuh dan Tak Sentuh

Kita tahu bahwa gaya selalu ada dalam kehidupan sehari hari karena dapat menggerakkan atau menghentikan sebuah benda. Ketika di bangku sekolahpun para siswa juga telah diajarkan mengenai pengertian gaya sentuh, pengertian gaya tak sentuh, contoh gaya sentuh dan contoh gaya tak sentuh. Secara umum gaya dapat berpengaruh terhadap suatu benda seperti membuat benda diam menjadi bergerak, membuat benda bergerak menjadi diam, membuat kecepatan gerak benda menjadi berubah, membuat bentuk benda berubah dan membuat arah gerak benda menjadi berubah.

Pengertian Gaya Sentuh dan Gaya Tak Sentuh Beserta Contohnya

Ada banyak sekali jenis gaya yang diajarkan pada siswa ketika berada di bangku sekolah menengah. Karena definisi, rumus hitung, dan perbedaannya cukup kompleks akhirnya siswa pun merasa kesulitan menguasainya. Padahal guru pun juga telah menyampaikan materi secara lengkap dan tak henti-hentinya memberi contohnya. Di lain sisi, siswa dapat memperdalam ilmu dengan belajar mandiri karena perbedaan gaya sentuh dan tak sentuh tertulis rapi di buku pedoman.

Gaya yang diperlukan suatu benda untuk bergerak harus lebih besar atau sebanding dengan benda itu sendiri. Apabila gayanya memiliki besar yang tidak sepadan, maka benda tersebut tidak akan melakukan gerakan. Misalnya sebuah gelas yang kita dorong dengan tangan, karena berat gelas tersebut ringan. Kemudian adapula benda yang tidak dapat kita dorong seperti dinding karena dinding tersebut berat.

Baca juga : Rumus Asas Black, Pengertian dan Contoh Soal

Setelah menjelaskan sedikit mengenai gaya secara umum di atas. Selanjutnya saya akan membahas tentang pengertian gaya sentuh, pengertian gaya tak sentuh, contoh gaya sentuh dan contoh gaya tak sentuh. Berikut penjelasan selengkapnya:

Gaya Sentuh

Gaya sentuh dapat diartikan sebagai gaya yang melakukan sentuhan dengan benda secara langsung seperti gaya gesek, mesin, otot dan pegas. Misalnya saat kita menggunakan trolly dalam berbelanja di supermarket. Trolly tersebut menggunakan gaya untuk mendoronngnya. Gaya yang dimaksud tersebut itulah gaya otot. Gaya ini juga dapat disebut juga dengan gaya sentuh.

Setelah menjelaskan sedikit mengenai definisi gaya sentuh di atas. Kita dapat menyimpulkan bahwa gaya sentuh tersebut diberikan secara langsung untuk melakukan sentuhan. Contoh gaya sentuh tersebut dapat berupa gaya otot, gaya pegas dan gaya gesek. Gaya gesekan sendiri dapat dibagi menjadi dua macam yaitu gaya gesek kinetis dan gaya gesek statis.

Baca juga : Rumus Kinematika, Pengertian dan Contoh Soal

Gaya Tak Sentuh

Selain pengertian gaya sentuh dan contoh gaya sentuh di atas. Adapula pengertian gaya tak sentuh yaitu gaya yang tidak melakukan sentuhan dengan suatu benda. Adapun contoh gaya tak sentuh yaitu gaya magnet dan gaya gravitasi bumi. 

Kemudian adapula yang mengartikan gaya tak sentuh sebagai bekerjanya suatu gaya tanpa menyentuh bendanya. Gaya tak sentuh tersebut juga dapat berbentuk gaya listrik. 

Kesimpulan:

  1. Gaya sentuh merupakan gaya yang timbul karena adanya sentuhan secara langsung kepada bendanya. Contohnya gaya tarik menarik, gaya dorong dan sebagainya.
  2. Gaya tak sentuh merupakan gaya yang tidak memerlukan tenaga manusia. Misalnya gaya gravitasi.

Sekian penjelasan mengenai pengertian gaya sentuh, pengertian gaya tak sentuh, contoh gaya sentuh dan contoh gaya tak sentuh. Secara umum gaya memang dapat dibagi menjadi gaya sentuh dan tak sentuh tersebut. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Lensa Cembung, Rumus dan Sifat Bayangan Lengkap