Pengertian Ekspor dan Impor, Tujuan, Manfaat, Beserta Dampaknya

Diposting pada

Pengertian Ekspor dan Impor, Tujuan, Manfaat, Beserta Dampaknya – Dalam sebuah negara pasti terdapat transaksi keluar maupun masuk suatu barang untuk mencukupi kebutuhan warganya. Inilah yang selanjutnya dinamakan sebagai kegiatan ekspor impor yang notabenya mampu memberi dampak positif untuk masyarakat. Aktivitas perdagangan satu ini sudah lazim kita jumpai hampir di semua negara. Misalnya Indonesia yang mengimpor beras dari thailand, hp dari cina, daging wagyu dari korea dan lain sebagainya.

Tapi kegiatan itu tak serta merta selalu memberikan dampak positif karena porsi yang tidak berimbang. Tanpa perlu saya jelaskan harusnya kalian sudah paham karena impor barang yang salah sasaran pun merajalela di Indonesia. Contohnya pada saat petani panen raya pemerintah justru mengimpor beras dari negara tetangga yang tentunya akan menimbulkan inflasi. Karena stok beras impor menumpuk maka harga dari petani pun akan menurun.

Pengertian Ekspor dan Impor, Tujuan, Manfaat, Beserta Dampaknya

pengertian, tujuan, dan manfaat ekspor impor

Telepas dari berbagai polemik di atas ternyata beberapa siswa masih tak mengetahui apa itu ekspor impor. Padahal istilah ini tanpa sadar sering terdengar dalam konteks kehidupan sehari-hari.  Aktvitas tersebut akan terus melekat dalam sebuah negara agar pemenuhan kebutuhan masyarakat dan negaranya dapat tercukupi. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian ekspor dan impor, tujuan ekspor dan impor, manfaat ekspor dan impor beserta dampak ekspor dan impor. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian Ekspor dan Impor, Tujuan, Manfaat, Beserta Dampaknya

Kegiatan ekspor impor sendiri menjadi salah satu materi dasar yang harus kita kuasai. Materinya bahkan mulai diajarkan ketika siswa berada di bangku SMP. Seiring berjalannya waktu saat menginjak SMA kita pun akan disuguhkan berbagai pembahasan yang lebih kompleks. Tak hanya definisi, tapi kalian juga harus memahami tujuan, manfaat, hingga dampak positif dan negatifnya untuk masyarakat.

Di lain sisi, guru biasanya juga akan menyampaikan setiap aspeknya secara detail. Mengapa demikian? sudah jelas karena pengertian, dampak, dan manfaat ekspor impor sering muncul sebagai butir soal ketika ujian. Meski seluruh penjelasannya sudah tertulis di buku pedoman tapi masih banyak siswa yang tak mampu menghafalnya.

Baca juga : Kekuatan Politik Militer Era Orde Baru di Indonesia

Ekspor Impor merupakan aktivitas yang mendatangkan keuntungan bagi negara dan rakyatnya. Aktivitas ini tentunya memiliki tujuan, manfaat dan dampak bagi sebuah negara yang menjalankannya. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai pengertian ekspor dan impor, tujuan ekspor dan impor, manfaat ekspor dan impor beserta dampak ekspor dan impor.

Apa Itu Ekspor dan Impor

Sebagai siswa yang duduk di bangku sekolah menengah kita tentunya sudah tak asing lagi ketika diminta menjelaskan definisi ekspor impor. Istilah satu ini sering terdengar ketika kalian mendegarkan berita di televisi ataupun membaca di internet. Meski sudah tau seperti apa konsepnya, tapi alangkah lebih baik jika kita mengulas lebih dalam kegiatan jual beli komoditas satu ini.

Pengertian Impor

Pengertian Impor adalah kegiatan membeli barang dari luar negeri ke dalam negeri. Hal ini dilakukan agar kebutuhan masyarakat di dalam negeri dapat terpenuhi. Biasanya kegiatan impor suatu komoditas hanya dilakukan jika memang pada suatu negara tak bisa memproduksinya.

Contohnya negara Indonesia membutuhkan gandum yang cukup banyak namun wilayahnya tidak dapat menanamnya. Maka dari itu Negara kita mendatangkan gandum dari luar negeri agar kebutuhan masyarakatnya dapat terpenuhi. Jadi jangan kaget meskipun Indonesia memiliki memproduksi ponsel tapi di pasaran kalian masih bisa menjumpainya karena sistem impor tersebut.

Pengertian Ekspor

Pengertian Ekspor ialah kegiatan menjual barang dari dalam negeri ke luar negeri. Contohnya tumbuhan jahe yang terdapat di Indonesia cukup melimpah. Maka dari itu Jahe akan dikirim ke benua eropa memenuhi kebutuhan mereka akan konsumsi rempah-rempah.

Dari pengertian ekspor dan impor dapat kita peroleh kesimpulan bahwa kegiatan ini merupakan transaksi jual beli yang melibatkan antar negara. Namun dalam melakukan aktivitas Impor terdapat dua hal yang perlu diperhatikan yaitu kuota dan pajak dalam peraturan perdagangan. Produk produk impor biasanya dikenakan pajak yang dibebankan pada importir.

Setelah itu pajak tersebut akan dibebankan lagi kepada konsumen yang membeli barang barang impor tadi. Hal inilah yang membuat harga harga barang impor cukup mahal. Selain itu pemerintah juga membatasi jumlah kuota produk impor yang masuk ke dalam negara.

Tujuan Ekspor dan Impor

Apa tujuan ekspor impor? pertanyaan ini mungkin terdengar sepele. Tapi faktanya tak semua siswa mampu menyebutkan secara spesifik apa yang melandasi kegiatan jual beli internasional. Sebenarnya kita bisa menjumpai tujuan transaksi antar negara secara lengkap di buku pedoman IPS khususnya ekonomi. Tapi dalam sesi ini akan saya paparkan apa saja tujuan impor dan ekspor:

Tujuan Ekspor

Dibawah ini terdapat beberapa tujuan pelaksanaan ekspor yaitu:

  1. Mengontrol harga produk ekspor didalam negeri.
  2. Menghasilkan iklim usaha yang sifatnya kondusif.
  3. Menjaga agar kurs valuta asing tetap stabil.

Baca juga : Pengertian Akulturasi, Sinkretisme, Milenarisme dan Adaptasi Lengkap

Tujuan Impor

Dibawah ini terdapat beberapa tujuan pelaksanaan impor yaitu:

  1. Devisa yang keluar dari luar negeri dapat dikurangi.
  2. Posisi neraca pembayaran dapat diperkuat.
  3. Kebutuhan dalam negeri dapat terpenuhi.

Manfaat Ekspor dan Impor

Pada dasarnya setiap kegiatan perdagangan pasti menghasilkan manfaat untuk para pelakunya. Namun aspek tersebut sering diabaikan oleh siswa karena mereka hanya berfokus pada pengertian serta tujuannya saja. Padahal manfaat impor dan ekspor pun sudah pasti muncul sebagai butir soal ujian yang menyulitkan.

Setelah membahas mengenai definisie serta tujuan kegiatan ekspor impir. Saya akan melanjutkannya dengan menjelaskan tentang manfaatnya untuk kedua belah pihak. Untuk lebih jelasnya simaklah poin-poin berikut:

Manfaat Ekspor

Kegiatan ekspor ke luar negeri menghasilkan beberapa manfaat bagi rakyat dalam negeri. Adapun beberapa manfaat ekspor yaitu:

  1. Negara Indonesia dapat memperluas wilayah perdagangan atau pasarnya.
  2. Devisa negara dapat bertambah.
  3. Devisa negara dapat lebih luas.

Manfaat Impor

Kegiatan impor menghasilkan beberapa manfaat bagi rakyat dalam negeri tersebut. Adapun beberapa manfaat impor yaitu:

  1. Mendapatkan barang dan jasa yang tidak diperoleh dari dalam negeri.
  2. Mendapatkan teknologi yang lebih modern.
  3. Mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan.

Baca juga : Pembagian Waktu di Indonesia (WIB, WIT, dan WITA)

Dampak Ekspor Impor

Selanjutnya adapula dampak ekspor dan impor baik berupa dampak positif ataupun dampak negatif. Kegiatan ekspor dan impor ini akan memberikan dampak dalam perdagangan maupun pemanfaatannya. Di bawah ini terdapat beberapa dampak negatif dari pelaksanaan kegiatan impor ke dalam negeri yaitu :

  1. Angka pengangguran semakin meningkat.
  2. Menimbulkan persaingan industri dalam negeri.
  3. Menciptakan adanya konsumenrisme.

Untuk mengatasi dampak ekspor dan impor ini maka harus dilakukan kegiatan pembatasan impor yang masuk. Hal ini dilakukan agar produsen dalam negeri dapat terlindungi. Selain itu pembatasan produk impor juga memberikan dampak positif yaitu:

  • Jumlah pengeluaran devisa untuk negara importir dapat dikurangi.
  • Ketergantungan akan barang barang impor dapat diminimalisir.
  • Meningkatkan rasa cinta kepada produk produk dalam negeri.
  • Neraca pembayaran dapat diperkuat.

Sekian penjelasan mengenai pengertian ekspor dan impor, tujuan ekspor dan impor, manfaat ekspor dan impor beserta dampak ekspor dan impor. Sebuah negara tidak akan terlepas dari kegiatan ekspor dan impor karena kedua hal ini merupakan aktivitas penting dalam pemenuhan kebutuhan rakyat didalamnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Tujuan Pemerintah Jepang Membentuk Gerakan 3A Adalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.