Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Diposting pada

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya – Ketika dibangku sekolah tentunya kita pernah mempelajari tentang materi gelombang. Materi ini telah dijelaskan oleh guru di beberapa waktu kesempatan. Meski begitu masih ada saja murid yang belum memahami apa yang dimaksud gelombang itu. Gelombang tersebut dapat berbentuk gelombang transversal maupun gelombang longitudinal. Apakah anda tahu pengertian gelombang itu? Apa saja contoh contoh gelombang?

Gelombang merupakan getaran yang dapat merambat. Gelombang tersebut dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Salah satu gelombang yang sering kita jumpai ialah gelombang transversal. Gelombang transversal ialah jenis gelombang yang memiliki arah getaran dan arah rambatnya saling tegak lurus. Jenis gelombang ini termasuk kedalam jenis gelombang mekanik karena perambatannya memerlukan medium. Selain itu adapula rumus gelombang transversal yang disertai dengan contoh soal gelombang transversal.

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya
Gelombang Transversal

Gelombang transversal dapat disebut sebagai Puncak Gelombang (titik paling tinggi yang terdapat dalam gelombang), Simpangan (jarak antara titik gelombang yang posisinya setimbang), Bukit Gelombang (lengkungan yang letaknya diatas dengan posisi setimbang), Amplitudo (jarak antara pucak dengan dasar gelombang yang memiliki posisi setimbang), Lembah Gelombang (lengkungan yang letaknya dibawah dengan posisi setimbang), dan Dasar Gelombang (titik paling rendah yang terdapat di gelombang). Kali ini saya akan menjelaskan mengenai rumus gelombang transversal lengkap dengan contoh soal gelombang transversal. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya

Apakah anda tahu sifat sifat gelombang itu? Gelombang memiliki sifat sifat seperti dispersi (gelombang bisa berubah bentuknya) seperti terbentuknya peristiwa pelangi, refraksi (gelombang bisa dibiaskan) seperti dua medium yang dilalui gelombang meski kerapatannya berbeda, refleksi (gelombang bisa dipantulkan) seperti peristiwa gema dan gaung.

Gelombang menurut arah getar dan arah rambatnya dapat dibedakan menjadi dua jenis seperti gelombang longitudinal dan gelombang transversal. Salah satu macam gelombang yang akan saya bahas adalah gelombang transversal. Gelombang transversal merupakan gelombang yang memiliki arah rambat tegak lurus dengan arah getarnya.

Sebelum membahas rumus gelombang transversal dan contoh soal gelombang transversal, saya akan menjelaskan sedikit tentang contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari hari. Contoh gelombang transversal dapat kita jumpai pada air yang mendapatkan gangguan maka akan mengakibatkan sebuah gelombang. Selain itu, gelombang transversal juga terdapat pada gelombang tali, gelombang yang terdapat di dalam danau, dan gelombang pada ombak laut.

Baca juga : Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

Rumus Gelombang Transversal

Untuk menghitung besarnya gelombang transversal dapat menggunakan rumus gelombangnya. Di bawah ini terdapat rumus gelombang transversal sebagai berikut:

Rumus Gelombang Transversal Beserta Contoh Soalnya
Rumus Pada Gelombang Transversal

Keterangan rumus gelombang transversal di atas:
λ (Lamda) = panjang gelombang (m)
V = cepat rambat gelombang (m/s)
f = frekuensi gelombang (sekon atau detik)
n = jumlah gelombang
t = waktu (sekon atau detik)

Baca juga : Bunyi dan Rumus Hukum Archimedes

Contoh Soal Gelombang Transversal

Untuk lebih memahami mengenai gelombang transversal, saya juga akan membagikan beberapa contoh soalnya. Berikut beberapa contoh soal gelombang transversal:

1. Sebuah tali digetarkan hingga membentuk gelombang yang panjangnya 50 cm. Apabila periode gelombangnya memiliki besar 3 sekon, maka berapakah cepar rambat gelombangnya?

Pembahasan
Diketahui : λ = 50 cm = 0.5 m; t = 3 sekon
Ditanya : V = ?
Jawab :
V = λ / t
   = 0,5/3
   = 0,167 m/s

2. Sebuah gelombang melakukan 240 kali getaran dengan waktu 2 menit. Apabila panjang gelombangnya 3 meter. Berapakah besar cepat rambat gelombangnya?

Pembahasan
Diketahui : n = 240 kali; t = 2 menit = 120 sekon; λ = 3 m
Ditanya : V = ?
Jawab :
Sebelumnya kita cari nilai frekuensi gelombangnya terlebih dahulu
f = n/t
  = 240/120 = 2 Hz
Lalu masukan kedalam rumus gelombang transversal
V = λ x f
    = 3 x 2
    = 6 m/s

Demikianlah penjelasan mengenai rumus gelombang transversal beserta contoh soal gelombang transversal. Gelombang transversal merupakan jenis gelombang yang memiliki arah getaran dan arah rambatnya saling tegak lurus. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Rumus Pemuaian Panjang, Luas, dan Volume Beserta Contoh Soal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.