20 Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar

Diposting pada

20 Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan BenarSeperti yang kita tahu bahwa kalimat dalam Bahasa Indonesia memang cukup banyak jenisnya. Setiap macam majas memiliki definisi dan karakteristiknya masing masing. Tidak terkecuali dengan kalimat tanggapan yang akan saya jelaskan dalam artikel kali ini.

Dalam sebuah diskusi pastinya memerlukan sebuah tanggapan atau respon dari orang lain mengenai hal hal yang dibicarakan. Tanggapan tersebut dapat berupa tanggapan positif maupun negatif. Namun terkadang tanggapan tersebut diungkapkan dengan kalimat yang kurang baik dan kurang benar. Apa sebenarnya pengertian kalimat tanggapan? Bagaimana contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar? Kalimat tanggapan ialah sebuah kalimat sambutan orang lain dalam bentuk komentar mengenai pernyataan yang sedang didiskusikan. Kalimat ini nantinya akan menghasilkan sebuah kesimpulan diskusi yang tentunya demi kepentingan bersama.

20 Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar
Contoh kalimat tanggapan diskusi yang baik dan benar

Arti kata tanggapan ialah sambutan terhadap sebuah ucapan, baik berupa komentar, kritik, saran dan lain lain. Dalam menyampaikan sebuah tanggapan, perlu kita perhatikan beberapa hal penting seperti tata tulis, metode, penyampaian, dan materi yang ingin disampaikan. Bentuk dari kalimat tanggapan dalam diskusi ialah berupa kritikan, masukan, pertanyaan, perintah dan sebagaimya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar. Langsung saja dapat anda simak di bawah ini.

20 Contoh Kalimat Tanggapan Dalam Diskusi yang Baik dan Benar

Seperti yang kita tahu bahwa kalimat tanggapan merupakan jawaban sebuah kalimat, baik kalimat perintah, kalimat pujian ataupun kalimat ajakan. Hasil jawaban atau tanggapan yang diberikan harus disesuaikan dengan kalimat didalamnya. Sebuah tanggapan dikatakan baik apabila kata kata yang digunakannya sopan.

Untuk menghasilkan contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar harus memperhatikan hal lainnya seperti:

  1. Kalimat tanggapan yang diberikan harus sesuai dengan materi pembicara.
  2. Kalimatnya harus efektif.
  3. Penyampaian tanggapan harus urut.
  4. Penyampaian kalimat tanggapan harus santun.

Baca juga : Contoh Kalimat Persuasif Dalam Teks Negosiasi

Pada dasarnya memang terdapat berbagai komponen dalam diskusi terlepas dari kalimat tanggapan. Seperto contoh tanya jawab dan kritikan, Namun tanggapan sendiri memegang peran penting dalam menjembatani interaksi yang terjadi dalam sebuah diskusi. Agar anda lebih paham mengenai jenis kalimat ini. Saya akan membagikan beberapa contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar. Berikut beberapa contohnya:

  • Apa yang melatarbelakangi penelitian yang anda pilih ini?
  • Apakah populasi sebenarnya sudah tergambarkan melalui sampel tersebut?
  • Jelaskan pedoman penelitian anda melalui kerangka teoritis tersebut!
  • Seharusnya, anda hanya cukup menyampaikan topik pembahasan dalam bentuk skema!
  • Kami merasa sampel yang anda berikan kurang lengkap.
  • Apa alasan anda memilih topik penelitian ini?
  • Saya pikir, sampel yang anda berikan tidak berhubungan dengan topik penelitiannya.
  • Daftar pustaka anda seharusnya ditulis dengan urutan yang benar.
  • Penjelasan yang anda sampaikan terlalu panjang. Seharusnya penjelasan anda tersebut menggunakan kalimat yang efektif sehingga tidak membuang waktu.
  • Topik penelitian anda kurang spesifik, sehingga belum menjurus kepada apa yang anda observasi.
  • Saya setuju dengan pendapat anda.
  • Penjelasan yang anda sampaikan tepat sekali. Saya rasa semua itu telah menjelaskan apa yang terjadi di kalangan masyarakat sekarang ini.
  • Sebaiknya penjabaran anda dilengkapi dengan contoh yang berasal dari sudut pandang yang berbeda.

Kalimat tanggapan dalam diskusi tersebut dapat berbentuk penjelasan, pembelaan, saran, ataupun penerimaan. Contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar dapat menggunakan kata hubung seperti “Sebaliknya” maupun “Akan tetapi”. Untuk kata hubung “Akan tetapi” berguna untuk menyampaikan kalimat pertentangan dengan keadaan yang sebelumnya telah dijabarkan. Sedangkan untuk kata hubung “Sebaliknya” berguna untuk menyampaikan pendapat yang berkebalikan dengan pernyataan sebelumnya.

Di bawah ini terdapat contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang baik dan benar lainnya yaitu:

  • Pihak kepolisian akan menindak tegas para pelaku korupsi. Akan tetapi, pelaku korupsi nampaknya tidak begitu memperdulikannya bahkan tidak terdapat efek takut ataupun jera. Mereka justru melakukan korupsi terus menerus.
  • Masyarakat tidak menghiraukan peristiwa banjir yang setiap tahun melanda perkampungannya. Sebaliknya, mereka bahkan tetap membuang sampah pada aliran sungai.
  • Para Cagub dan Cawagub gencar melakukan kampanye disetiap kota. Bahkan mereka berlomba lomba untuk mengambil hati masyarakatnya dengan berbagai cara. Akan tetapi, mereka kurang memperhatikan orang orang yang kehidupannya jauh dari kecukupan.
  • Para siswa sepertinya kurang peduli dengan nilai hasil ujiannya. Sebaliknya, mereka hanya membuang waktu untuk bermain game online ataupun main main saja.

Baca juga : Pengertian Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks Beserta Contoh

  • Bencana banjir yang terjadi setiap tahun dapat diatasi dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kebersihan lingkungan. Selain itu juga diimbangi dengan tindak lanjut pemerintah agar banjir dapat ditanggulangi. Akan tetapi, masih ada beberapa masyarakat yang terus membuang sampah sembarangan.
  • Pemerintah berniat untuk memberdayakan masyarakat yang kurang mampu. Maka dari itu pemerintah mengeluarkan peraturan untuk tidak mengemis dan memberikan uang kepada pengemis. Sebaliknya, masyarakat kurang memperdulikan peraturan tersebut dan tetap memberikan uang kepada pengemis.

Pada dasarnya cara memberikan tanggapan dalam diskusi haruslah disampaikan dengan baik dan benar. Hal hal yang harus diperhatikan dalam menyampaikan kalimat tanggapan diskusi adalah tutur bahasa dan pemilihan kata harus sesuai, tanggapan mengandung beberapa elemen yang menjadi topik diskusi, dan lain sebagainya. Inilah beberapa contoh kalimat tanggapan dalam diskusi yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  30 Contoh Kalimat Langsung dan Tidak Langsung Beserta Strukturnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.