Pengertian Motif Ekonomi dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Motif Ekonomi dan Contohnya – Apa yang dimaksud motif ekonomi itu? Apa saja contoh motif ekonomi? Apa tujuan motif ekonomi? Manusia memiliki masing masing tindakan atau keinginan dalam melakukan usaha agar kebutuhan hidupnya dapat dipenuhi melalui dorongan alasan atau sebab sebab tertentu. Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh manusia dalam usahanya memang beraneka ragam. Pada  akhirnya motif ekonomi memiliki akibat dan latar belakang yang berbeda beda.

Sebenarnya kita dapat melihat contoh pada motif ekonomi yang beraneka ragam. Kita dapat menjumpai contoh motif ekonomi seperti seseorang melakukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan cara mencari penghasilan, siswa yang ingin pintar dengan cara belajar, pelayanan seorang pedagang yang dilakukan dengan baik supaya pembeli menjadi pelanggan tetap dan nyaman. Selain contoh, adapula pengertian motif ekonomi dan tujuan motif ekonomi yang perlu anda pahami pula.

Pengertian Motif Ekonomi dan Contohnya
Motif Ekonomi

Materi motif ekonomi telah diajarkan ketika dibangku sekolah dalam ilmu pengetahuan sosial. Materi ini termasuk dalam pembelajaran IPS bab aktivitas memenuhi kebutuhan. Lalu apa yang dimaksud motif ekonomi itu? Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian motif ekonomi, tujuan motif ekonomi dan contoh motif ekonomi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Motif Ekonomi dan Contohnya

Secara umum motif dapat diartikan sebagai corak yang pembentukannya sedemikian rupa sampai menghasilkan berbagai jenis bentuk. Sedangkan ekonomi adalah serangkaian besar kegiatan konsumsi dan produksi yang saling berhubungan untuk mencari bagaimana cara mengalokasikan sumber daya yang langka. 

Motif ekonomi secara sederhana adalah dorongan dan motivasi seseorang untuk melakukan kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi tersebut pasti dilakukan oleh manusia dengan dorongan sesuatu alasan. Misalnya petani yang rajin dan tekun menghasilkan panen yang baik, penghasilan pemulung akan bertambah jika bekerja sampai malam, dan sebagainya.

Agar anda lebih paham mengenai materi motif ekonomi di atas. Maka saya akan menjelaskan tentang definisi motif ekonomi, contoh motif ekonomi dan contoh motif ekonomi yaitu sebagai berikut:

Pengertian Motif Ekonomi

Motif ekonomi dapat diartikan sebagai masing masing dorongan, kegiatan dan alasan badan atau seseorang yang dilakukan dengan tujuan melaksanakan tindakan ekonomi. Asal kata motif sendiri ialah dari bahasa Inggris yaitu “Motive” dengan makna penggerak atau alasan. Alasan ini akan membuat manusia terdorong untuk melakukan tindakan, kegiatan atau perbuatan. Masing masing tindakan, perbuatan atau kegiatan seseorang tersebut dilakukan dengan tujuan tertentu karena memperoleh dorongan dari sebuah motif atau keinginan.

Baca juga : Persamaan Negara Indonesia dan Singapura Beserta Perbedaannya

Berdasarkan pengertian motif ekonomi di atas tentunya kita tahu bahwa motif ini memiliki tujuan dan maksud tertentu. Maksud dan tujuan tersebut merupakan sebuah dorongan untuk melakukan kegiatan atau tindakan tertentu. Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai tujuan motif ekonomi dan contoh motif ekonomi yaitu diantaranya:

Contoh Motif Ekonomi

Motif ekonomi dapat kita jumpai dalam beberapa contoh. Adapun contoh contoh pelaksanaan motif ekonomi yaitu:

  • Seorang petani yang bekerja dengan rajin dan tekun supaya hasil panennya baik.
  • Seorang pemulung yang hingga malam terus bekerja supaya bertambah penghasilannya.
  • Seorang pengusaha yang melakukan promosi produk miliknya di televisi supaya laku produknya.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kebutuhan manusia tentunya ingin dipenuhi secara maksimal sesuai dengan keinginan dalam dirinya masing masing. Kebutuhan yang terpenuhi ini tidak dapat dilepaskan dari adanya langkah langkah tindakan. Manusia yang melakukan tindakan untuk menenuhi kebutuhan tersebut dapat disebut juga dengan tindakan ekonomi.

Seseorang melakukan suatu tindakan tentunya didasari dengan dorongan yang kuat dan alasan jelas sehingga tindakan ekonomi dapat dilakukan. Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh manusia tersebut memiliki alasan yang disebut dengan motif ekonomi. Untuk itu pengertian motif ekonomi juga dapat berupa upaya atau usaha manusia untuk mendorong pelaksanaan tindakan ekonomi. Hal ini juga sudah terlihat dalam contoh motif ekonomi yang saya bagikan di atas.

Baca juga : Pengertian Politik Isolasi Beserta Dampaknya

Tujuan Motif Ekonomi

Motif ekonomi memiliki tujuan akhir yaitu untuk memperoleh kemakmuran. Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh seseorang tersebut didasarkan oleh macam macam alasan seperti:

  • Untuk memperoleh kemampuran yang meningkat, baik disebabkan oleh adanya innovator atau prinsip perbaharuan maupun dorongan ingin memperoleh laba.
  • Untuk mendapatkan penghargaan masyarakat.
  • Untuk mendapatkan kekuasaan masyarakat.
  • Ingin melaksanakan sesuatu yang sifatnya sosial.

Dari penjelasan tentang pengertian motif ekonomi, tujuan motif ekonomi dan contoh motif ekonomi ini kita dapat menyimpulkan bahwa masing masing orang memiliki kebutuhan yang tidak terbatas. Hal ini dikarenakan kebutuhan lain akan bermunculan ketika kebutuhan yang satu sudah dipenuhi. Akan tetapi kebutuhan ini hanya memiliki alat pemuas yang terbatas. Untuk itu seseorang harus memiliki pedoman prinsip ekonomi sebelum melakukan tindakan. Pengertian prinsip ekonomi ialah bentuk pengorbanan tertentu agar hasil yang diperoleh dapat lebih maksimal. Jadi motif ekonomi akan mendorong pelaksanaan tindakan ekonomi serta didasarkan pada prinsip ekonomi.

Datangnya motif ekonomi dalam diri seseorang tentunya dapat berasal dari lingkungan maupun diri sendiri. Motif yang berasal dalam diri seseorang tersebut dinamakan dengan motif intrinsik. Sedangkan motif ekstrinsik merupakan motif yang berasal dari lingkungan sekitar. Berikut penjelasan selengkapnya yaitu:

  • Motif instriksik yaitu timbulnya tindakan ekonomi yang memperoleh dorongan atas keamanannya sendiri. Adapun contohnya yaitu Budi membeli sebotol air mineral untuk menghilangkan rasa haus.
  • Motif ekstrinsik ialah tindakan ekonomi yang memperoleh dorongan dari orang lain atau lingkungan. Adapun contohnya yaitu ketika disekolah para siswa menggunakan sepatu berwarna hitam.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian motif ekonomi, tujuan motif ekonomi dan contoh motif ekonomi. Motif ekonomi merupakan dorongan, kegiatan dan alasan badan atau seseorang yang dilakukan dengan tujuan melaksanakan tindakan ekonomi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  12 Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia Beserta Ketinggiannya