Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran Terlengkap

Diposting pada

Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran Terlengkap – Apa pengertian unsur itu? Apa pengertian senyawa? Apa pengertian campuran? Apa saja contoh unsur? Apa saja contoh senyawa? Apa saja contoh campuran? Pada dasarnya perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran dapat dilakukan dengan melihat karakteristik atau ciri ciri unsur, ciri ciri senyawa dan ciri ciri campuran tersebut. Lantas bagaimana cara mengenali ketiga objek itu? Unsur, senyawa dan campuran pada umumnya dapat dikenali melalui materi penyusunnya.

Ketika di bangku sekolah tentunya kita pernah diajarkan mengenai materi unsur, senyawa dan campuran. Materi ini berisi pengertian unsur, pengertian senyawa, pengertian campuran, contoh unsur, contoh senyawa dan contoh campuran. Selain itu adapula perbedaan unsur, senyawa dan campuran yang juga ikut dijelaskan. Pada umumnya disekitar kita terdapat objek yang semuanya disusun oleh materi. Apa yang dimaksud materi itu? Materi ialah objek yang mempunyai massa dan menempati volume.

Materi yang dimaksud dalam ilmu Kimia ini memiliki wujud berbentuk benda cair, benda gas dan benda padat. Di sekitar kita tentunya banyak sekali materi yang dapat kita temukan seperti besi, kertas, batu, kayu, air, oksigen dan lain lain. Benda benda tersebut memiliki bentuk gas, padat ataupun cair. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan unsur, senyawa dan campuran terlengkap. Selain itu adapula pembahasan mengenai pengertian unsur, pengertian senyawa, pengertian campuran, contoh unsur, contoh senyawa dan contoh campuran. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran Terlengkap

Dalam pembelajaran kimia tentunya kita mengenal istilah tentang zat tunggal. Zat tunggal sendiri merupakan zat apapun yang mempunyai karakteristik sifat dan komposisi kimia yang tetap. Misalnya saja oksigen yang termasuk zat tunggal yang tidak berbau dan tidak berwarna. Kemudian adapula contoh zat tunggal yang termasuk jenis senyawa, meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Maka dari itu senyawa dan unsur dapat dikategorikan sebagai kelompok zat tunggal yaitu zat yang susunannya terdiri dari satu macam zat. Contohnya gula, air dan besi. Sedangkan campuran merupakan materi yang susunannya terdiri dari dua atau lebih jenis zat.

Suatu objek atau benda pada dasarnya tidak hanya berbentuk padat, gas ataupun cair. Namun objek ini juga dapat dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan unsur, senyawa ataupun campuran. Untuk itu penting sekali memahami pengertian unsur, pengertian senyawa, pengertian campuran, contoh unsur, contoh senyawa dan contoh campuran untuk memahami perbedaan dari ketiga objek tersebut. 

Baca juga : Pengertian Difusi, Proses, Contoh dan Jenis Jenisnya

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai perbedaan unsur, senyawa dan campuran jika dilihat dari segi pengertian dan contohnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran Terlengkap
Ilustrasi Unsur, Senyawa dan Campuran

Unsur

Unsur dapat didefinisikan sebagai zat yang tidak bisa dipisahkan lagi melalui reaksi kimia biasa mejadi unsur sederhana lainnya. Unsur dengan zat yang lebih sederhana ini memang tidak dapat dipisahkan lagi. Di alam semesta ini tentunya banyak unsur yang tersedia. Bahkan beberapa ilmuan mencatat lebih dari unsur yang dimiliki oleh bumi yang telah mereka temukan.

Selain pengertian unsur tersebut, adapula jenis jenis unsur yang tersedia. Unsur secara umum memang dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti unsur semi logam, unsur logam dan unsur non logam. Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Unsur logam yang mempunyai karakteristik berbentuk zat padat dengan titik leleh atau titik didih tinggi serta berguna untuk menghantarkan listrik dengan baik. Adapun contoh unsur logam yaitu Emas (Au), Alumunium (Al), Besi (Fe) dan Perak (Ag).
  • Unsur non logam yang mempunyai karakteristik berbentuk zat cair, gas ataupun padat serta bukan penghantar panas dan listrik yang baik. Adapun contoh pada unsur non logam yaitu Oksigen (O), Karbon (C), Hidrogen (H) dan Florin (F)
  • Unsur semi logam yang mempunyai karakteristik berbentuk zat padat, berperan sebagai isolator ketika suhu rendah, lebih rapuh teksturnya daripada unsur logam dan berperan sebagai konduktor ketika suhu tinggi. Contohnya Arsen (As) Semilogam dan Boron (B) Semilogam.

Baca juga : Contoh Senyawa Beserta Sifat dan Ciri Cirinya

Senyawa

Perbedaan unsur, senyawa dan campuran di atas tidak hanya ditinjau dari segi pengertian unsur dan contoh unsur di atas. Namun adapula pengertian senyawa dan contoh senyawa yang perlu anda ketahui juga. Beberapa unsur yang mengalami reaksi kimia pada umumnya akan membentuk senyawa. Senyawa ini bisa dipisahkan melalui reaksi kimia menjadi unsur ataupun senyawa lainnya. Senyawa dalam bahasa kimia dapat didefinisikan sebagai zat kimia murni yang berasal dari dua unsur atau beberapa unsur. Contohnya reaksi kimia untuk memisahkan senyawa H20 (air) hingga menjadi unsur penyusunnya seperti oksigen dan hidrogen.

Senyawa menurut asal pembentukannya dapat dibagi menjadi beberapa macam seperti senyawa anorganik dan senyawa organik. Asal senyawa organik ini ialah dari makhluk hidup, sedangkan asal senyawa anorganik ialah dari sumber daya mineral Bumi. Senyawa organik dapat dicontohkan dalam bentuk C2H5OH (alkohol), CH3COOH (asam asetat), CO(NH2)2 (urea) dan C12H22O11 (gula). Sedangkan senyawa anorganik dapat dicontohkan dalam bentuk H2O (air), NaCl (Natrium klorida) dan CO2 (Karbon Dioksida).

Campuran

Perbedaan antara unsur, senyawa dan campuran di atas tidak hanya ditinjau dari segi pengertian unsur, contoh unsur, pengertian senyawa dan contoh senyawa di atas. Namun adapula pengertian campuran dan contoh campuran yang perlu anda ketahui juga. Campuran ialah zat yang berasal dari dua atau lebih zat yang berbeda dan tidak mengalami reaksi kimia. Terbentuknya zat ini dilakukan dengan menggabungkan dua jenis zat yang secara fisik dapat dipisahkan. Pemisahan zat campuran ini dapat dilakukan melalui proses penyaringan. Di bawah ini terdapat contoh zat campuran yaitu meliputi:

  • Susu bubuk coklat yang dimasukkan dalam air.
  • Pasir yang terdapat dalam air.

Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran

Agar anda lebih paham mengenai perbendaan antara unsur, senyawa dan campuran di atas. Maka perhatikan tabel perbedaan pada unsur, senyawa dan campuran seperti di bawah ini:

Perbedaan Unsur, Senyawa dan Campuran Terlengkap

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan unsur, senyawa dan campuran terlengkap. Selain itu adapula pembahasan mengenai pengertian unsur, pengertian senyawa, pengertian campuran, contoh unsur, contoh senyawa dan contoh campuran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Pengertian Larutan Elektrolit Kuat dan Elektrolit Lemah Beserta Perbedaannya