Pengertian Qada dan Qadar Beserta Perbedaannya

Diposting pada

Pengertian Qada dan Qadar Beserta Perbedaannya – Bagi masyarakat yang beragama Islam tentunya memahami dan mengenal segala sesuatu yang ada dalam kehidupan seperti takdir Allah SWT, baik berbentuk kehidupan, rezeki, kematian, maupun kelahiran seseorang. Selain itu takdir yang digariskan oleh Allah SWT merupakan hal yang tidak dapat kita pungkiri dalam segala sesuatu yang terjadi dalam hidup seorang makhluk.

Semua masyarakat muslim pada umumnya percaya dengan takdir Allah tersebut. Hal ini dikarenakan Allah adalah Dzat yang memiliki segala kekuatan dalam menciptakan dan Dzat yang Maha Kuasa serta dapat memeberikan keputusan bagi semua urusan makhluk hidupnya. Maka dari itu setiap umat muslim wajib percaya dengan salah satu rukun iman yaitu percaya kepada qada dan qadar.

Pengertian Qada dan Qadar
Qada dan Qadar

Definisi qada dan qadar ini sudah sepatutnya untuk anda pahami demi meningkatkan dan menumbuhkan kepercayaan tentang hal itu. Qada dan qadar secara umum berbeda, namun keduanya juga memiliki beberapa persamaan di dalamnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian qada, pengertian qadar beserta perbedaan qada dan qadar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Qada dan Qadar Beserta Perbedaannya

Seperti yang kita tahu bahwa bagi seorang muslim tentunya wajib meyakini salah satu rukun iman yaitu iman kepada qada dan qadar. Allah SWT menciptakan takdir yang berbentuk baik ataupun buruk. Istilah qada dan qadar bagi umat muslim tentunya terdengar serupa, tetapi sebenarnya istilah ini memiliki pengertian yang tidak sama.

Apa pengertian qada itu? Apa pengertian qadar? Apa saja perbedaan qada dan qadar? Perbedaan antara qada dan qadar ini sebenarnya sangat penting untuk dipahami karena dapat membantu meningkatkan iman kepada Allah sesuai dengan takdir yang diberikan kepada makhluk-Nya. Letak perbedaan diantara kedua takdir Allah ini berada pada artinya.

Baca juga : Semua Nama dan Tugas Malaikat Allah Beserta Dalilnya

Di bawah ini terdapat pembahasan mengenai pengertian qada, pengertian qadar, contoh qada, contoh qadar serta perbedaan qada dan qadar. Berikut penjelasan selengkapnya:

Pengertian Qada

Berdasarkan istilah, qada adalah sebuah ketetapan sejak zaman azali oleh Allah SWT atau segala sesuatu yang suatu saat nantinya akan terjadi dan berhubungan dengan makhluk ciptaan Allah SWT. Sedangkan secara bahasa, qada dapat diartikan sebagai perintah, pemberitahuan, kehendak, ketetapan, hukum dan penciptaan. Qada berhubungan dengan semua hal baik dan buruk serta hal hal lainnya. Adanya qada terjadi setelah qadar.

Kita dapat mengubah qada dengan cara ikhtiar, usaha dan takawal secara bersungguh sunggu agar hasil yang diperoleh sesuai dengan keinginan. Pada umumnya tidak ada yang tidak dapat merubah nasib sebuah kaum sebagaimana yang telah tercantum dalam kitab suci Allah SWT, kecuali mereka sendiri yang dapat merubahnya sendiri. Maka dari itu qada adalah sebuah ketetapan Allah SWT yang telah diputuskan dan terjadi oleh Allah SWT.

Pengertian Qadar

Selain pengertian qada di atas, adapula definisi qadar yang akan saya jelaskan selanjutnya. Qadar secara istilah dapat diartikan sebagai bentuk perwujudan atas ketetapan dari Allah SWT atau berhubungan dengan semua hal tentang makhluk makhluknya sejak mereka dalam kandungan. Kata qadar menurut bahasa adalah sebuah kepastian, ukuran, ataupun peraturan.

Qadar dapat berhubungan dengan takdir yang akan terjadi dikemudian hari, sedang terjadi maupun sudah terjadi. Bagaimanapun caranya kita tidak dapat mengubah qadar lagi, sehingga tidak sama dengan qada. Hal ini dikarenakan sejak kamu dalam kandungan, qadar telah tertulis dalam Lauhul Mahfudz. Misalnya maut, jodoh dan sebagainya.

Segala sesuatu yang telah ditetapkan Allah SWT di Lauhul Maahfudz tidak dapat diketahui oleh makhluk makhluk-Nya karena sudah tidak dapat diubah lagi. Maka dari itu qadar adalah sebuah ketetapan Allah SWT yang belum terjadi.

Baca Juga  Semua Nama dan Tugas Malaikat Allah Beserta Dalilnya

Baca juga : Manfaat Iman Kepada Hari Akhir (Kiamat) Terlengkap

Perbedaan Qada dan Qadar

Qada dan qadar secara garis besar dapat dibedakan menurut beberapa aspek seperti ketetapan, ayat ayat Al Quran yang menjelaskannya, pengertian, hingga contohnya. Di bawah ini terdapat perbedaan antara qada dan qadar yaitu sebagai berikut:

Berdasarkan Pengertian

Perbedaan qada dengan qadar yang pertama dapat dilihat dari segi pengertiannya. Pengertian qada menurut istilah adalah sebuah ketetapan Allah yang berhubungan dengan makhluk yang diciptakannnya dan telah ada sejak kita berada dikandungan. Sedangkan pengertian qadar menurut istilah adalah segala hal yang berkaitan dengan makhluk di zaman azali atau suatu bentuk perwujudan dari sebuah ketetapan dari Allah SWT. Kemudian qada menurut bahasa adalah sebuah penciptaan, perintah, hukum, pemberitahuan, kehendak, dan ketetapan. Sedangkan qadar menurut bahasa adalah sebuah ukuran, peraturan, atau kepastian.

Berdasarkan Ketetapannya

Perbedaan qada dan qadar selanjutnya didasarkan pada ketetapan di dalamnya. Qadar menurut ketetapan Allah SWT adalah suatu takdir yang dapat diubah dengan berbagai cara oleh seseorang seperti melakukan ikhtiar dan berusaha sungguh sungguh agar dapat mencapai segala sesuatu yang diinginkan. Berbeda dengan qadar yang merupakan sebuah ketetapan Allah SWT yang tidak dapat diubah lagi oleh makhluknya.

Berdasarkan Contohnya

Perbedaan antara qada dan qadar tidak hanya ditinjau dari pengertian qada, pengertian qadar dan ketetapan ketetapan di dalamnya. Tetapi juga ditinjau dari segi contoh contohnya pula. Adapun contoh qada yaitu jika seseorang memiliki keinginan sebuah rezeki yang banyak atau melimpah dan berkah, maka seseorang itu harus berusaha sungguh sungguh yang disertai dengan berdoa, berikhtiar dan kemudian bertawakal pada Allah SWT. Pelaksanaan ini bertujuan agar nasib seseorang dapat diubah, sehingga keinginan seseorang itu dapat diperoleh sesuai harapan.

Kemudian adapula contoh qadar yaitu ajal seorang manusia. Seseorang pada umumnya tidak akan mengetahui kapan ia meninggal dunia, karena Allah SWT sudah menetapkan hal ini sehingga tidak dapat diubah lagi meskipun bagaimana caranya. Selain itu kita juga dapat menemukan contoh dari qadar yaitu jenis kelamin, hari kiamat, dan sebagainya.

Berdasarkan Ayat Ayat Al Qur’an

Perbedaan qada dan qadar selanjutnya didasarkan pada ayat ayat Al Quran yang menjelaskan kedua hal tersebut. Qada dijelaskan dalam beberapa ayat Al Qur’an seperti Qs. Al-Isra ayat 23, Qs. Ali Imran ayat 47, Qs. Fussilat ayat 12, dan Qs. An-Nisa ayat 65. Sedangkan qadar dijelaskan dalam beberapa ayat Al Qur’an seperti Qs. Fussilat ayat 10, Qs. Al-Mursalat ayat 23, Qs. Ar-Ra’d ayat 17, dan Qs. Al-Baqarah ayat 236.

Persamaan Qada dan Qadar

Selain pengertian qada, pengertian qadar, serta perbedaan qada dan qadar di atas. Adapula persamaan qada dan qadar yang akan saya jelaskan selanjutnya. Qada dan qadar memiliki beberapa persamaan seperti di bawah ini:

  • Qada dan qadar dapat menentukan kehidupan dari masing masing manusia.
  • Qada dan qadar disebut bersama dan disetarakan dalam rukun iman.

Kita dapat merasakan kebesaran Allah yang tidak bisa dipungkiri dalam bentuk keputusan-Nya atas segala kehidupan ini dengan cara beriman kepada qada dan qadar. Sekian penjelasan mengenai pengertian qada, pengertian qadar serta perbedaan qada dan qadar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.