Sebutkan Kegunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis

Diposting pada

Sebutkan Kegunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis – Apa yang dimaksud seni rupa itu? Pengertian seni rupa adalah sebuah bentuk seni yang dapat disentuh tangan dan ditangkap oleh mata. Adapula arti seni rupa lainnya yaitu karya seni yang membutuhkan imajinasi dan kreativitas tinggi untuk membuatnya. Apakah anda tahu jenis jenis seni rupa itu?

Seni rupa menurut fungsinya dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu seni murni dan seni terapan. Kedua jenis seni rupa ini tentunya berbeda. Perbedaan seni rupa murni dan terapan tersebut tentunya telah saya jelaskan dalam artikel sebelumnya. Pada dasarnya seni murni mengarah pada nilai keindangan, sedangkan seni terapan mengarah pada tujuan tertentu. Jika membahas tentang seni rupa maka tidak dapat dilepaskan dari adanya unsur unsur di dalamnya. Apakah anda tahu kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis?

Sebutkan Kegunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis
Penggunaan Unsur Gelap Terang

Unsur unsur seni rupa tersebut memiliki fungsinya masing masing dengan tujuan untuk memperindah sebuah karya seni. Biasanya dalam pembuatan desain grafis diperlukan untuk menumbuhkan kreatifitas pelukis untuk menciptakan karya yang amazing. Desain grafis ini biasanya diwujudkan dengan penuangan ide yang eyecatching. Maka dari itu penikmat desainnya dapat merasakan jiwa seni yang ada dalam seni tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan jawaban terkait pertanyaan yang sering muncul seperti sebutkan kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sebutkan Kegunaan Unsur Gelap Terang dalam Desain Grafis

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang unsur unsur seni rupa. Unsur unsur ini dapat digunakan untuk membuat desain grafis menjadi lebih bagus. Penggunaan unsur unsur desain grafis ini disesuaikan dengan hasil yang diinginkan sehingga adapula salah satu unsur yang bisa mendominasi. Salah satu unsur desain grafis yang sering digunakan adalah gelap terang. Unsur gelap terang ini dapat mempengaruhi nilai estetis karya seni rupa karena dipengaruhi oleh adanya cahaya. Suatu karya akan terlihat lebih terang warnanya jika terkena cahaya dari pada benda yang tidak dikenai cahaya.

Baca Juga  11 Tari Daerah Kalimantan Barat Beserta Penjelasannya Lengkap

Apa itu gelap terang? Pengertian gelap terang adalah kondisi sebuah bidang yang dibedakan menjadi warna muda untuk terang dan warna tua untuk gelap karena terjadinya unsur ini dipengaruhi oleh cahaya atau intensitas warna. Gelap terang dalam tata letak desain grafis berfungsi untuk membuat efek benda tiga dimensi, memperjelas kontras, dan menampilkan kesan kedalaman. Unsur gelap terang ini membuat suatu visual lebih terlihat dramatis sehingga yang melihatnya dapat lebih terkesan. Dari sini apakah anda sudah paham dengan kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis tersebut?

Dalam karya desain grafis terdapat unsur gelap terang yang diciptakan dengan menggunakan efek efek khusus dan mengatur intensitas warna. Hal ini telah dijelaskan dalam pengertian dan contoh seni rupa dua dimensi pada artikel sebelumnya. Jika membahas materi desain grafis tersebut tentunya kita sering menemukan pertanyaan seperti di bawah ini:

Sebutkan kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis?

Jawabannya adalah untuk memberikan suasana tiga dimensi (3D) dalam suatu desain grafis.

Berdasarkan jawaban di atas tentunya kita dapat menyimpulkan bahwa gelap terang adalah unsur seni rupa yang dapat menimbulkan efek tertentu dalam suatu objek. Contohnya menambah bayangan dalam objek lukisan sehingga efek tiga dimensi dalam seni tersebut dapat diberikan, sehingga objek dapat terlihat seakan akan nyata.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa timbulnya kesan gelap terang karena adanya intensitas cahaya. Unsur gelap terang ini juga dapat dimanfaatkan untuk beberapa keperluan seperti membuat ilusi ruang dan dalam, membuat suasanan atau kontras tertentu, serta membuat kesan trimatra sebuah bentuk menjadi lebih kuat. Demikianlah penjelasan mengenai kegunaan unsur gelap terang dalam desain grafis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.