Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

Diposting pada

Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah – Seperti yang kita tahu bahwa bunyi hukum archimedes adalah benda yang dicelupkan seluruhnya atau sebagian ke dalam zat cair akan mengalami gaya ke atas dengan berat yang sama seperti perpindahan zat cairnya. Hukum tersebut berisi penjelasan tentang gaya berat yang berhubungan dengan gaya ke atas sebuah benda ketika masuk ke dalam air. Dengan begitu akan terbentuk gaya apung (gaya ke atas) sehingga berat benda yang terletak di dalam zat cair akan berkurang.

Dengan adanya hukum archimedes ini benda akan terasa ringan ketika diangkat dari dalam air daripada ketika berada di daratan. Hukum archimedes sendiri terjadi karena tiga kondisi yaitu tenggelam, terapung, dan melayang. Lantas teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah apa saja? Seperti yang kita tahu bahwa Archimedes merupakan ilmuan dari Syracuse, Yunani yang menguasai beberapa bidang seperti Fisika, Teknik, Matematika, Filsafat, dan Astronomi.

teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah
Prinsip Hukum Archimedes

Sebelum terciptanya kertas dan pensil, archimedes telah ada saat hukum tersebut dirumuskan karena berhubungan dengan prinsip tuas, sistem katrol, gaya apung dan lain lain. Sampai pada akhirnya terbentuklah hukum archimedes tersebut. Pengertian hukum archimedes ini telah saya bahas dalam artikel sebelumnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Teknologi Berikut Ini Yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimedes Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa hukum archimedes adalah hukum yang menjelaskan bahwa masing masing benda yang tercelup dalam fluida baik sebagian atau keseluruhan akan memperoleh dorongan gaya apung atau gaya ke atas. Penerimaan gaya apung ini memiliki besar yang sama nilainya dengan berat air yang benda tersebut pindahkan serta mempunyai gaya yang arahnya bertolak belakang.

Dari sini kita tahu bahwa nilai berat = massa benda x percepatan gravitasi serta gaya berat dapat ke arah bawah dan gaya apung dapat ke arah atas. Jika berat benda kurang dari pemindahan berat air, maka benda akan mengapung (berat benda < gaya apung). Sedangkan benda akan tenggelam jika berat benda akan lebih besar dibandingkan pemindahan berat air (berat benda > gaya apung). Tetapi jika benda dengan air yang dipindahkan memiliki berat yag sama, maka benda akan melayang (berat benda = gaya apung). Lalu teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah apa saja?

Baca Juga  Siapakah Yang Menerapkan Tanam Paksa

Jika membahas tentang materi hukum archimedes tersebut tentunya kita akan menemukan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah . . .
A. Dongkrak mobil
B. Hidrometer
C. Balon udara
D. Jembatan ponton

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Dongkrak mobil.

Seperti yang kita tahu bahwa teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah dongkrak mobil. Hal ini dikarenakan dongkrak mobil adalah contoh teknologi yang digunakan dengan konsep hukum pascal.

Jika benda yang menganut hukum archimedes dicelupkan ke dalam zat cair, maka akan mengalami beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Mengapung adalah proses terjadinya keseimbangan antara gaya angkat dengan berat benda karena besar massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis zat cair.
  • Melayang adalah proses terjadinya besar gaya angkat zat cair yang hampir sama dengan berat bendanya sehingga massa jenis benda sama seperti massa jenis zat cair.
  • Tenggelam adalah proses terjadinya gaya apung yang lebih kecil besarnya daripada berat benda sehingga besar massa jenis benda lebih besar daripada massa jenis zat cair.

Setelah menjelaskan jawaban dari pertanyaan teknologi berikut ini yang tidak menggunakan prinsip archimedes adalah apa saja di atas. Kemudian saya akan membagikan beberapa contoh teknologi yang menerapkan prinsip hukum Archimedes yaitu diantaranya:

  1. Hidrometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur massa jenis zat cair.
  2. Kapal selam yang dimasukkan ke dalam air akan menyebabkan isi tangki di dalamnya terdapat air hingga dapat menyelamkan kapal tersebut.
  3. Jembatan ponton
  4. Balon udara