Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap)

Diposting pada

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap) – Negara Indonesia memiliki lambang negara yaitu Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Makna semboyan tersebut ialah walaupun berbeda beda tetapi tetap satu juga. Pedoman hidup berbangsa dan bernegara pun juga tersirat pada gambar burung garuda itu sendiri. Bentuk lambang negara Indonesia ialah burung Garuda yang menoleh ke arah kanan. Kemudian di bagian depannya terdapat perisai yang menggantung pada leher. Burung Garuda tersebut mencengkeram sebuah pita dengan semboyan yang bertuliskan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Lambang negara Indonesia ini dirancang oleh Sultan Hamid II. Rancangan tersebut kemudian disempurnakan oleh Ir. Soekarno dan resmi sebagai lambang negara Indonesia pada tanggal 11 Februari 1950. Lambang ini diresmikan pada sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat dengan berdasar pada Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 1958.

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap)
Lambang Garuda Pancasila

Tapi ternyata tak semua orang sadar apa arti lambang garuda pancasila beserta makna kuat yang terkandung di dalamnya. Hal inilah yang ingin coba saya gali karena arti lambang pada gambar burung garuda sering muncul sebagia butir soal ujian. Ironisnya, mayoritas siswa justru mengalami kesulitan saat menjawab persoalan tersebut.

Bila kita hitung, burung Garuda memiliki jumlah bulu yang bermakna tanggal kemerdekaan Indonesia yaitu 17 Agustus 1945. Masing-masing tersebar pada bulu sayap, bulu ekor, dan pada bagian leher serta kakinya. Kali ini saya akan menjelaskan tentang makna lambang Garuda Pancasila dan arti lambang Garuda Pancasila lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap)

Berdasarkan mitologi kuno, burung Garuda merupakan tunggangan Dewa Wisnhu yang menyerupai burung elang rajawali. Garuda Pancasila memiliki filosofi agar bangsa Indonesia menjadi negara yang besar dan kuat. Burung Garuda tersebut memiliki warna keemasan yang maknanya keagungan dan kejayaan.

Garuda Pancasila memiliki paruh, sayap, cakar dan ekor yang artinya kekuatan dan tenaga pembangungan. Makna lambang Garuda Pancasila mengungkapkan bahwa negara Indonesia akan menjadi sebuah negara maju dan selalu jaya.

Secara garis besar kita bisa menjumpai materi ini hampir di semua jenjang pendidikan. Bahkan pancasila mulai diperkenalkan pada siswa sejak berada di bangku sekolah dasar sebagai penguatan karakter bangsa. Seiring berjalannya waktu, kita pun dituntut harus mengetahui arti lambang burung garuda pancasila.

Baca juga : Makna dan Tujuan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Pada kesempatan kali ini kita akan lebih condong membahas makna dan arti lambang garuda pancasila. Setelah membaca artikel di bawah saya harapkan mampu menambah wawasan kalian dan mengurangi frekuensi pertanyaan makna gambar burung garuda. Artikel berikut, juga berfungsi sebagai penguatan karakter agar insan muda lebih mempunyai rasa cinta tanah air.

Arti Jumlah Bulu Burung Garuda

Selain arti lambang yang terdiri dari bintang, rantai emas, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas. Ternyata ada makna tersurat pada gambar burung garuda yang jarang orang ketahui. Tanpa sadar jumlah bulu pada burung garuda merepresentasikan tanggal kemerdakaan Indonesia.

Makna bulu burung garuda tersebut tertulis secara rapi di buku LKS pendidikan kewarganegaraan. Tapi mayoritas siswa sering salah saat menyebutkan urutannya. Jadi, untuk membantu kalian menjawab persoalan tersebut maka simaklah gambar yang sudah saya persiapkan.

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap)
Keterangan Jumlah Bulu pada Burung Garuda

Berdasarkan gambar di atas bisa kita tarik kesimpulan bahwa jumlah bulu bermaka tanggal kemerdekaan (17 Agustus 1945). Berikut beberapa arti jumlah bulu pada lambang Garuda Pancasila yaitu:

  • Bulu pada sayap berjumlah 17 helai yang artinya tanggal 17.
  • Bulu pada ekor berjumlah 8 helai yang artinya bulan 8 (Agustus).
  • Bulu di bawah perisai (pangkal ekor) berjumlah 19 helai yang artinya tahun 19
  • Bulu pada leher berjumlah 45 helai yang artinya tahun 45.

Perisai

Lambang Garuda Pancasila memiliki perisai yang menggantung dileher. Pada dasarnya makna lambang Garuda Pancasila tidak hanya terdapat pada jumlah bulunya saja. Melainkan bentuk perisai yang terletak di depan burung Garuda tersebut. Perisai dikenal sebagai tameng dalam peradaban dan budaya Nusantara yang artinya senjata pertahanan, perlindungan dan perjuangan dalam menggapai tujuan.

Baca juga : Penyebab Hilangnya Kewarganegaraan Indonesia Beserta Penjelasan Lengkap

Perisai tersebut memiliki garis hitam tebal yang maknanya letak negara Indonesia yang dilintasi oleh garis khatulistiwa dan memiliki iklim tropis. Selain itu perisai juga memiliki warna dasar merah putih yang melambangkan bendera Indonesia. Di dalam perisai tersebut terdapat lima ruang yang menjadi dasar negara Pancasila.

Masing-masing lambang tentu memiliki arti serta makna berbeda sesuai rumusan dasar negara. Penasaran seperti apa bunyinya? simaklah penjelasan di bawah sampai selesai.

Bintang Tunggal

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap)
Lambang Sila Pertama

Makna lambang Garuda Pancasila yang pertama berkaitan dengan bintang tunggal pada perisai. Bintang tunggal tersebut melambangkan sila pertama Pancasila yang berbunyi,”Ketuhanan Yang Maha Esa”. Dalam perisai terdapat lambang bintang yang bersudut 5 dengan latar belakang hitam. Arti lambang Garuda Pancasila ini ialah cahaya rohani untuk setiap manusia selayaknya cahaya dari Tuhan.

Baca juga : Pengertian dan Macam Macam Teori Kedaulatan Lengkap

Rantai Emas

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap)
Lambang Sila Kedua

Arti lambang Garuda Pancasila selanjutnya berkaitan dengan rantai emas pada perisai. Rantai emas tersebut melambangkan sila kedua Pancasila yang berbunyi,”Kemanusiaan yang Adil dan Beradab”. Dalam perisai terdapat lambang rantai yang tersusun oleh gelang kecil berbentuk persegi dan lingkaran dengan latar belakang merah. Arti lambang Garuda Pancasila ini ialah hubungan antar manusia agar saling membantu satu sama lain. Bentuk gelang kecil yang persegi melambangkan seorang pria, sedangkan bentuk gelang kecil yang lingkaran melambangkan seorang wanita.

Pohon Beringin

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap)
Lambang Sila Ketiga

Arti lambang Garuda Pancasila selanjutnya berkaitan dengan pohon beringin pada perisai. Pohon beringin tersebut melambangkan sila ketiga Pancasila yang berbunyi,”Persatuan Indonesia”. Dalam perisai terdapat lambang pohon beringin yang akarnya tunggang masuk kedalam tanah dengan latar belakang putih. Arti lambang Garuda Pancasila ini ialah persatuan dan kesatuan dari negara Indonesia. Selain itu lambang pohon beringin ini juga memiliki akar akar yang menggelantung pada ranting pohon yang maknanya negara Indonesia merupakan negara kesatuan dengan bermacam macam latarbelakang budaya yang tidak sama.

Kepala Banteng

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap)
Lambang Sila Keempat

Makna lambang Garuda Pancasila selanjutnya berkaitan dengan kepala banteng pada perisai. Kepala banteng tersebut melambangkan sila keempat Pancasila yang berbunyi,”Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan”. Dalam perisai terdapat lambang banteng atau lembu liar dengan latar belakang merah. Arti lambang Garuda Pancasila ini ialah memutuskan suatu permasalahan atau perkara menggunakan musyawarah atau berdisukusi.

Padi dan Kapas

Makna dan Arti Lambang Garuda Pancasila (Lengkap)
Lambang Sila Kelima

Makna lambang Garuda Pancasila selanjutnya berkaitan dengan padi dan kapas pada perisai. Padi dan kapas tersebut melambangkan sila kelima Pancasila yang berbunyi,”Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Dalam perisai terdapat lambang padi dan kapas (pangan dan sandang) dengan latar belakang putih. Arti lambang Garuda Pancasila ini ialah adanya persamaan sosial dan menghindari adanya kesenjangan sosial antar manusia.

Warna Pada Garuda Pancasila

Selanjutnya saya akan membahas tentang makna lambang Garuda Pancasila yang berhubungan dengan warna yang digunakan. Peletakan warna dalam Garuda Pancasila tidak sembarangan dan biasanya terdapat pada setiap bagian pada lambang tersebut. Adapun penjelasan masing masing warna dalam arti lambang Garuda Pancasila yaitu:

  • Warna hitam melambangkan keabadian. Warna hitam merupakan warna dasar dalam latarbelakang bintang tunggal dalam perisai. Selain itu warna hitam juga digunakan sebagai warna kepala banteng. Warna ini bahkan dijadikan sebaga warna tulisan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  • Warna merah melambangkan keberanian. Warna merah tersebut berguna sebagai warna dasar dalam latarbelakang perisai sebelah kanan bawah dan kiri atas.
  • Warna hijau melambangkan kemakmuran dan kesuburan. Warna hijau tersebut digunakan sebagai warna pohon beringin.
  • Warna putih melambangkan kemurnian, kesucian dan kebenaran. Warna putih digunakan sebagai warna pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu warna putih merupakan warna dasar dalam latarbelakang perisai sebelah kanan atas dan kiri bawah.
  • Warna kuning melambangkan keluhuran, kebesaran dan kemegahan. Warna kuning digunakan sebagai warna padi, bintang, kapas dan rantai. Selain itu warna kuning juga merupakan warna dasar dari Garuda Pancasila.

Sekian penjelasan mengenai makna lambang Garuda Pancasila dan arti lambang Garuda Pancasila. Negara Indonesia memiliki lambang negara yaitu Garuda Pancasila dengan berbagai arti dan makna. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Baca Juga  Pengertian Landasan Idiil, Konstitusional dan Landasan Operasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.