Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar

Diposting pada

Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar – Jurnal neraca saldo biasanya disusun setelah kita membuat buku besar. Buku besar tersebut mencakup data transaksi buku harian atau jurnal umum yang berkaitan dengan akun akun didalamnya. Kemudian setiap akun akan dihitung jumlah saldonya dan digunakan dalam penyusunan neraca saldo.

Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Neraca Saldo

Pengertian saldo sendiri ialah selisih dalam buku besar antara jumlah sisi debet dengan kreditnya. Sedangkan pengertian neraca ialah bagian dari laporan keuangan dalam suatu periode akuntansi yang memaparkan posisi keuangan selama akhir periode. Lalu apa pengertian neraca saldo itu? dan bagaimana cara membuat neraca saldo dari buku besar sesuai panduan?

Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar

Dalam konteks pendidikan, cara membuat neraca saldo dari buku besar akan diajarkan ketika siswa duduk di bangku sekolah menengah. Materi ini mendapat porsi yang lebih banyak serta spesifik pada siswa SMK khususnya mereka yang mengambil jurusan akuntansi.

Meski terkesan mudah ternyata banyak yang gagal membuat jurnal penyesuaian itu karena berbagai alasan. Apakah kalian salah satunya? bila iya maka di artikel kali ini saya akan jabarkan seperti apa proses pembuatan neraca keuangan tersebut.

Apa Itu Neraca Saldo

Pengertian neraca saldo adalah kumpulan daftar saldo yang terdapat dalam buku besar dan disusun setiap akhir periode. Pada dasarnya neraca saldo ini termasuk ke dalam jenis laporan keuangan. Berbeda dengan neraca lajur yang sifatnya tidak formal. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat neraca saldo yang baik dan benar. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Sebelum membahas tentang cara membuat neraca saldo, saya akan menjelaskan manfaat neraca saldo terlebih dahulu. Pembuatan neraca saldo tersebut merupakan tahapan dalam proses atau siklus akuntansi yang perlu dilalui. Maka dari itu ada beberapa manfaat neraca saldo yang perlu anda pahami yaitu seperti:

  1. Sebagai ringkasan buku besar dan sumber informasi dalam penyusunan laporan neraca, laba rugi dan perubahan ekuitas.
  2. Bukti bahwa telah melakukan pengujian keseimbangan buku besar dalam jumlah sisi saldo debet dan kreditnya.

Baca juga : Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Neraca Lajur

Cara buat neraca saldo sebenarnya tidaklah sulit. Hal ini dikarenakan data yang diperoleh hanya mengambil data data dari buku besar saja. Kita hanya perlu menginput data dari buku besar seperti data saldo total dan nama akun pada buku tersebut. Setelah itu disusun dalam neraca saldo secara urut berdasarkan nomor kode akunnya. Dibawah ini terdapat beberapa langkah dalam pembuatan neraca saldo yang baik dan benar. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Membuat Neraca Saldo Dari Buku Besar

Proses pembuatan neraca saldo sebenarnya sudah banyak diterangkan dalam pelajaran akuntansi maupun keuangan di jenjang SMK. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa masih ada beberapa orang yang belum mampu membuat neraca saldo sesuai dengan ketentuan yang ada. Bagi anda yang kesulitan dalam membuat neraca saldo, maka dapat mengikuti langkah langkah di bawah ini. Berikut cara membuat neraca saldo dari buku besar adalah:

  • Langkah pertama ialah membuat format neraca saldonya seperti kolom nama akun, kolom debet, kolom kode akun dan kolom kredit.
  • Kemudian amati data data dalam buku besar seperti data saldo dan nama akun yang nantinya akan dicatat dalam neraca saldo.
  • Setelah itu amati kode akun data pada buku besar dan catat data datanya seperti saldo total, kode akun, dan nama akun ke neraca saldo yang telah dipersiapkan tadi. Usahakan pencatatan data dilakukan secara urut sesuai dengan kode nomor akunnya.
  • Langkah terakhir ialah menjumlahkan seluruh saldo pada sisi debet dan kreditnya. Apabila jumlah saldo debet dan kreditnya sesuai, maka neraca saldo yang telah anda buat sudat tepat.

Selain cara membuat neraca saldo di atas, saya juga akan membagikan contoh neraca saldo agar anda lebih memahami cara pembuatan neraca yang baik dan benar. Berikut contoh neraca saldonya yaitu:

Baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi Komando Terlengkap

Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar
Contoh Neraca Saldo

Sekian penjelasan mengenai cara membuat neraca saldo yang baik dan benar. Neraca saldo ialah  sekumpuan daftar saldo yang terdapat dalam buku besar dan disusun setiap akhir periode. Semoga artikel tentang panduan cara membuat neraca saldo ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca.

Baca Juga  Sistem Ekonomi Komando: Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan, dan Kelemahannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.