Macam Macam Kebutuhan Manusia Beserta Contohnya (Terlengkap)

Diposting pada

Macam Macam Kebutuhan Manusia Beserta Contohnya (Terlengkap) – Dalam kehidupan manusia tentunya tidak terlepas dari adanya pemenuhan kebutuhan hidup. Macam macam kebutuhan tersebut disesuaikan dengan tingkatannya masing masing seperti kebutuhan yang wajib dipenuhi karena dianggap penting atupun tidak.

Adapun contoh kebutuhan yang tidak kalah penting ialah kebutuhan makanan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, manusia harus bekerja mencari nafkah. Maka dari situlah nantinya akan memperoleh uang untuk membeli makanan seperti beras, sayur maupun lauk pauk lainnya. Lantas apa sebenarnya pengertian kebutuhan itu?

Macam Macam Kebutuhan Beserta Contohnya (Terlengkap)
Jenis Jenis Kebutuhan Manusia

Pengertian kebutuhan berdasarkan pendapat para ahli adalah hal hal yang timbul karena dibutuhkan oleh manusia dalam bertahan hidup dan muncul secara naluriah. Manusia tersebut tentunya memerlukan beragam jasa dan barang. Hal ini dapat menjadi bukti bahwa kebutuhan manusia sangat bermacam macam.

Lantas apa saja contoh kebutuhan manusia? Apa saja jenis jenis kebutuhan itu? Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang macam macam kebutuhan manusia jika ditinjau dari beberapa faktor serta aspek. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Macam Macam Kebutuhan Manusia Beserta Contohnya (Terlengkap)

Bagaimana jika semua jenis kebutuhan manusia tidak terpenuhi? Jika hal ini terjadi maka kelangsungan hidup manusia tidak dapat berlanjut. Untuk itulah manusia diberikan kemampuan agar kebutuhannya dapat terpenuhi sehingga kelangsungan hidupnya menjadi lebih sejahtera. Sebuah kebutuhan merupakan gambaran bahwa manusia memiliki perasaan kekurangan sehingga ingin membuat dirinya selalu puas. Untuk itulah contoh kebutuhan ini harus terpenuhi, jika tidak maka dalam diri manusia itu sendiri terdapat perasaan yang kurang.

Baca juga : Pengertian Uang Kartal dan Uang Giral, Jenis dan Contohnya

Macam macam kebutuhan manusia tersebut cukup bervariasi dan pemenuhan jumlah kebutuhannya cukup terbatas. Tetapi manusia harus memiliki kesadaran bahwa kebutuhan hidup tidak semua harus dipenuhi. Contohnya kebutuhan tersier dan lain lain. Maka dari itu tindakan manusia harus bersifat rasional, maksudnya manusia harus mengetahui tingkat kebutuhannya, memiliki kemampuan pemenuhannya dan tidak melakukan tindakan pemborosan. Kebutuhan manusia seperti inilah yang dinamakan dengan Kebutuhan Ekonomi.

Pengertian kebutuhan secara umum ialah hal hal yang dibutuhkan manusia agar hidupnya lebih sejahtera. Sifat untuk memenuhi kebutuhan manusia ini timbul secara alamiah sehingga manusia selalu merasa kurang dan tidak puas dengan apa yang ada dalam hidupnya. Di bawah ini terdapat macam macam kebutuhan beserta contoh kebutuhan. Berikut penjelasan selengkapnya:

Berdasarkan Intensitasnya

Macam macam kebutuhan manusia dapat kita tinjau dari intensitas serta tingkat pemakaiannya. Banyak teori yang membahas bahkan mengelompokanya berdasarkan skala prioritas. Dalam konteks pendidikan kita sering menjumpai istilah kebutuhan primer, tersier, dan sekunder. Adapun penjelasan dan contoh kebutuhannya yaitu sebagai berikut:

Kebutuhan Primer

Macam macam kebutuhan manusia berdasarkan intensitas yang pertama ialah kebutuhan primer. Pengertian kebutuhan primer ialah jenis kebutuhan yang mutlak dan harus dipenuhi oleh manusia demi kelangsungan hidupnya. Adapun contoh kebutuhan primer yaitu makanan, pakaian dan tempat tinggal.

Untuk kelangsungan hidup manusia sehari hari memerlukan makanan dengan jumlah kalori sekitar 2.100 sampai 2.500 kalori setiap harinya. Untuk kebutuhan tempat tinggal sendiri tidak hanya berupa tempat berteduh saja, tetapi juga harus dilengkapi dengan tempat mandi, sumber air bersih, dan sebagainya.

Sedangkan untuk pakaian yang digunakan juga harus layak. Adapula yang mengatakan kebutuhan primer juga berupa pendidikan. Hal ini dikarenakan untuk memenuhi kebutuhannya, setiap manusia harus memiliki kemampuan dan keterampilan dasar yang diperoleh melalui pendidikan tersebut.

Kebutuhan Sekunder

Macam macam kebutuhan manusia berdasarkan intensitas selanjutnya ialah kebutuhan sekunder. Pengertian kebutuhan sekunder ialah jenis kebutuhan yang akan dipenuhi setelah pemenuhan kebutuhan primer. Kebutuhan sekunder berhubungan dengan tradisi masyarakat dan faktor lingkungan hidup karena manusia ialah makhluk yang berbudaya dan bermasyarakat. Adapun contoh kebutuhan sekunder yaitu komputer, jam tangan bermerek, pakaian pesta, sepatu bermerek dan sebaginya.

Kebutuhan Tersier

Macam macam kebutuhan manusia berdasarkan intensitas selanjutnya ialah kebutuhan tersier. Pengertian kebutuhan tersier ialah jenis kebutuhan yang akan dipenuhi setelah pemenuhan kebutuhan sekunder. Adapun contoh kebutuhan tersier yaitu rumah mewah, perhiasan, mobil mewah dan sebagainya. Faktor pendorong dari pemenuhan kebutuhan tersier ialah untuk membuat status sosial seseorang lebih tinggi.

Jenis jenis kebutuhan berdasarkan intensitasnya sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, tingkat pendidikan, kepentingan dan keadaan sosial budaya di wilayah sekitarnya. Untuk itulah terkadang beberapa manusia menjadikan kebutuhan tersier menjadi kebutuhan sekunder yang harus dipenuhi.

Misalnya seorang ibu rumah tangga memiliki komputer yang sebenarnya termasuk kebutuhan mewah. Tetapi berbeda jika pembuat program atau programer yang memiliki komputer, maka hal ini dapat termasuk dalam kebutuhan pokok.

Baca juga : Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar

Berdasarkan Sifat dan Bentuknya

Macam macam kebutuhan manusia selanjutnya berdasarkan sifat dan bentuknya. Jenis jenis kebutuhan tersebut dibagi menjadi dua macam yakni kebutuhan rohani (batin) dan kebutuhan jasmani (badan). Adapun penjelasan dan contoh kebutuhannya yaitu sebagai berikut:

Kebutuhan Jasmasi

Jenis jenis kebutuhan berdasarkan sifat dan bentuk yang pertama ialah kebutuhan jasmani. Pengertian kebutuhan jasmani ialah jenis kebutuhan yang dibutuhkan untuk kepentingan jasmani dalam diri manusia itu sendiri. Adapun contoh kebutuhan jasmani yaitu makanan sehat, pakaian bersih, tempat berlindung, olahraga dan sebagainya.

Kebutuhan Rohani

Macam macam kebutuhan manusia berdasarkan sifat dan bentuk selanjutnya ialah kebutuhan rohani. Pengertian kebutuhan rohani ialah jenis kebutuhan yang dibutuhkan untuk kepentingan rohani dalam diri manusia itu sendiri. Adapun contoh kebutuhan rohani yaitu rekreasi, pendidikan, dan ibadah. Jika kebutuhan ini terpenuhi maka batin manusia tersebut akan merasa puas.

Berdasarkan Waktu Pemenuhannya

Jenis jenis kebutuhan selanjutnya berdasarkan waktu pemenuhannya. Jenis jenis kebutuhan tersebut dibagi menjadi beberapa macam. Adapun penjelasan dan contoh kebutuhannya yaitu sebagai berikut:

Kebutuhan Sekarang

Macam macam kebutuhan berdasarkan waktu pemenuhan yang pertama ialah kebutuhan sekarang. Pengertian kebutuhan sekarang ialah kebutuhan yang wajib didahulukan dan dipenuhi pada saat ini juga. Adapun contoh kebutuhan sekarang yaitu kesehatan, minum dan makan. Pemenuhan kebutuhan ini sangat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia.

Hal ini dikarenakan sebagian besar kebutuhan sekarang adalah barang barang kebutuhan pokok yang harus dipenuhi secara rutin. Kebutuhan sekarang juga termasuk dalam kebutuhan mendesak. Misalnya seseorang yang sedang sakit harus minum obat dan orang yang kehujanan membutuhkan payung.

Kebutuhan Masa Depan

Macam macam kebutuhan berdasarkan waktu pemenuhan selanjutnya ialah kebutuhan masa depan. Pengertian kebutuhan masa depan ialah jenis kebutuhan yang dipenuhi jauh jauh hari karena telah dipersiapkan sebelumnya. Adapun contoh kebutuhan masa depan yaitu memiliki rumah pribadi, pendidikan anak, dan lain lain.

Kebutuhan yang Waktunya Tidak Tentu

Macam macam kebutuhan berdasarkan waktu pemenuhan selanjutnya ialah kebutuhan yang waktunya tidak tentu. Pengertian kebutuhan yang waktunya tidak tentu ialah jenis kebutuhan yang bersifat tiba tiba, tidak terduga dan terkadang dapat terjadi. Adapun contohnya yaitu memberikan bantuan kepada orang orang yang kecelakaan dan musibah.

Baca juga : Pengertian Sistem Ekonomi Komando Terlengkap

Kebutuhan Sepanjang Waktu

Macam macam kebutuhan berdasarkan waktu pemenuhan selanjutnya ialah kebutuhan sepanjang waktu. Pengertian kebutuhan sepanjang waktu ialah jenis kebutuhan yang dipenuhi dalam waktu yang cukup lama. Adapun contoh kebutuhan sepanjang waktu yaitu menuntut ilmu dan belajar.

Berdasarkan Subjeknya

Macam macam kebutuhan selanjutnya berdasarkan subjeknya. Jenis jenis kebutuhan tersebut dibagi menjadi beberapa macam. Adapun penjelasan dan contoh kebutuhannya yaitu sebagai berikut:

Kebutuhan Individu

Macam macam kebutuhan berdasarkan subjek yang pertama ialah kebutuhan individu. Pengertian kebutuhan individu ialah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh setiap orang. Maka dari itu kebutuhan masing masing orang berbeda beda. Adapun contoh kebutuhan individu yaitu kebutuhan pelajar berbeda dengan kebutuhan petani, karyawan ataupun nelayan.

Kebutuhan Kelompok

Macam macam kebutuhan berdasarkan subjek selanjutnya ialah kebutuhan kelompok. Pengertian kebutuhan kelompok ialah jenis kebutuhan yang dibutuhkan oleh semua orang atau sebuah kelompok. Adapun contoh kebutuhan kelompok yaitu listrik, jalan, jembatan, dan angkutan umum. Adapula kebutuhan kelompok tidak berwujud yaitu kebersihan umum, menang pertandingan, keamanan, dan ketertiban.

Demikianlah penjelasan mengenai macam macam kebutuhan beserta contoh kebutuhan terlengkap. Pengertian kebutuhan secara umum ialah hal hal yang dibutuhkan manusia agar hidupnya lebih sejahtera. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan terima kasih telah membaca.

Baca Juga  Cara Membuat Neraca Saldo Yang Baik dan Benar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.