Ideologi Demokrasi Terpimpin Dikenal Dengan Nama

Diposting pada

Ideologi Demokrasi Terpimpin Dikenal Dengan Nama – Bangsa Indonesia memiliki sejarah perjuangan hingga dapat mencapai kemerdekaan. Dalam sejarah tersebut dijelaskan bahwa Presiden Republik Indonesia dikala itu dijabat oleh Ir. Soekarno. Ketika Soekarno menjabat sebagai kepala negara, beliau pernah menerapkan beberapa sistem pemerintahan. Salah satunya adalah demokrasi terpimpin. Awal penerapan sistem pemerintahan demokrasi terpimpin tersebut adalah saat dikeluarkan Dekrit Presiden 5 Juli 1959.

Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dianggap sebagai tanda kekuasaan Soekarno yang memiliki pusat kekuasaan dan waktunya hampir tidak terbatas. Dimulainya masa demokrasi terpimpin tersebut saat Partai Komunis Indonesia atau PKI hadir sebagai partai politik dominan serta TNI AD sebagai kekuatan sosial politik dan Hankam. Lantas ideologi demokrasi terpimpin dikenal dengan nama apa?

ideologi demokrasi terpimpin dikenal dengan nama
Penerapan Demokrasi Terpimpin

Apa itu dekokrasi terpimpin? Demokrasi terpimpin adalah penyeimbangan kekuasaan yang terjadi diantara Partai Komunis Indonesia dengan kekuatan politik militer Angkatan Darat serta Presiden Soekarno. Permasalahan ini dapat dijadikan sebagai hal yang digunakan untuk mengetahui kurun waktu berlakunya UUD 1945 pada masa demokrasi terpimpin di Indonesia. Nah kali ini saya akan menjelaskan tentang ideologi demokrasi terpimpin dikenal dengan nama apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak penjelasan di bawah ini.

Ideologi Demokrasi Terpimpin Dikenal Dengan Nama

Ketika masa pemerintahan sistem demokrasi terpimpin ini, PKI berperan penting dalam perkembangan kekuatan politik. Akan tetapi Partai Sosial Indonesia (PSI) dan Partai Masyumi adalah pihak yang melawan partai PKI ini dengan gigih hingga Presiden Soekarno membubarkannya karena dianggap sebagai pendukung pemberontakan di Sulawesi dan Sumatera. Bahkan TNI AD juga berperan sebagai pihak anti komunis.

Di kala itu Presiden Soekarno melakukan kerjasama dengan TNI AD untuk mengendalikan partai politik. Tetapi disisi lain PKI dilindungi oleh Soekarno. Soekarno memerlukan PKI karena merasa terancam dengan kemungkinan kekuasaan Angkatan Darat yang akan diambil alih. Maka dari itulah terjadi persaingan antara ketiga kekuatan tersebut yaitu PKI, Presiden, dan TNI AD. Lalu ideologi demokrasi terpimpin dikenal dengan nama apa?

Baca Juga  Sebutkan Sifat Sifat Gaya

Kedudukan dan otoritas Soekarno dijadikan sebagai penentu kebijakan politik untuk merebutkan kekuatan politik PKI dan TNI, dimana kedua kekuatan ini saling mempengaruhi dan mendekati Presiden untuk memperoleh keuntungannya. Setelah mengetahui apa itu demokrasi terpimpin, coba kerjakan soal di bawah ini:

Ideologi Demokrasi Terpimpin dikenal dengan nama . . .
A. Sapta Marga
B. Manipol-USDEK
C. Pancasila
D. Ampera
E. Nasakom

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Manipol-USDEK.

Seperti yang kita tahu bahwa ideologi demokrasi terpimpin dikenal dengan nama Manipol-USDEK. Selain itu demokrasi terpimpin juga memiliki nama lain yaitu Demokrasi Terkelola. Demokrasi terpimpin ini merupakan sistem pemerintahan demokrasi yang mengandung peningkatan otokrasi di dalamnya. Selain itu demokrasi terpimpin juga memuat keputusan dan pemikiran yang terpusat dalam hal pemimpin negara.

Presiden Soekarno mengumumkan demokrasi terpimpin di Indoensia pada tanggal 10 November 1956. Berlangsungnya demoktasi terpimpin di Indonesia tersebut berawal dari tahun 1957 sampai 1965. Dalam Demokrasi Terpimpin terdapat dasar dasar yang dinamakan dengan MANIPOL USDEK atau Manifesto Politik UU Dasar, Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin & Kepribadian Indonesia.

Manifesto USDEK tersebut memiliki peran dalam garis haluan negara Indonesia yang cukup besar. Karena dasar dasar inilah ideologi demokrasi terpimpin dikenal dengan nama Manipol-USDEK.