Tujuan Pemerintah Jepang Membentuk Gerakan 3A Adalah

Diposting pada

Tujuan Pemerintah Jepang Membentuk Gerakan 3A Adalah – Gerakan 3A dibentuk oleh Jepang pada tanggal 29 April 1942 dengan tujuan untuk meraih dukungan dari tokoh dan rakyat Indonesia. Jepang di kala itu telah mengobarkan Perang Pasifik atau Perang Asia Timur Raya dengan tujuan untuk melawan negara Barat. Perang ini dilakukan agar Jepang dapat membebaskan semua wilayah Asia dari Penjajahan Barat. Kemudian Jepang melakukan propaganda dengan cara mendirikan Gerakan Tiga A.

Lantas tujuan pemerintah Jepang membentuk gerakan 3A adalah untuk apa? Seperti yang kita tahu bahwa gerakan 3A yang dibentuk oleh Jepang bertujuan untuk menarik simpati rakyat dan tokoh politik Indonesia, memperkuat propaganda Jepang di Indonesia, serta mencari dukungan Indonesia dalam perang Pasifik. Pembentukan gerakan Tiga A yang dilakukan oleh Jepang bertepatan pada hari kelahiran Kaisar Hirohito atau berlangsung pada tanggal 29 April 1942 secara resmi.

tujuan pemerintah jepang membentuk gerakan 3A adalah
Gerakan 3A Jepang

Gerakan Tiga A tersebut dipelopori oleh Hitoshi Shimizu sebagai Kepala Departemen Propaganda (Sendenbu) Jepang. Hitoshi Shimizu menunjuk Mr Syamsudin (Raden Sjamsoeddin) selaku tokoh pergerakan Nasional sebagai ketua. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang tujuan pemerintah Jepang membentuk gerakan 3A adalah untuk apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Tujuan Pemerintah Jepang Membentuk Gerakan 3A Adalah

Apa itu gerakan 3A? Pengertian gerakan Tiga A atau gerakan propaganda Jepang 3A adalah suatu gerakan propaganda oleh Kekaisaran Jepang ketika menduduki Indonesia atau saat Perang Dunia II. Pembentukan gerakan 3A yang dilakukan oleh Jepang ini tentunya mempunyai beberapa semboyan. Semboyan gerakan 3A tersebut dapat berupa:

  1. Nippon Cahaya Asia
  2. Nippon Pelindung Asia
  3. Nippon Pemimpin Asia

Lalu tujuan pemerintah Jepang membentuk gerakan 3A adalah untuk apa? Gerakan 3A dilaksanakan dalam bidang pendidikan sehingga dapat menampung pemuda Indonesia dalam jumlah yang besar. Bahkan di Indonesia telah dibangun sekolah sekolah melalui pelaksanaan propaganda ini sehingga sistem pendidikan Jepang dapat berjalan dengan baik. Pada bulan Mei 1942, gerakan Tiga A ini juga telah membangun Pendidikan Pemuda Tiga atau Sasan A aeinen Kunrensyo di Jatinegara. Pembentukan Sasan A aeinen Kunrensyo bertujuan untuk memberikan kursus kilat untuk remaja 14 – 18 tahun selama setengah bulan.

Baca Juga  Jelaskan Bentuk Muka Bumi Indonesia

Gerakan 3A dinilai oleh tokoh tokoh Nasionalis lebih menonjolkan kepentingan Jepang daripada Indonesia. Kemudian Jepang akhirnya memilih untuk membubarkan Gerakan Tiga A karena dianggap gagal. Jepang membubarkan gerakan Tiga A secara resmi pada akhir tahun 1942. Setelah memahami apa itu gerakan 3A, coba kerjakan soal di bawah ini:

Tujuan pemerintah jepang membentuk gerakan 3A adalah . . .
A. Melatih orang Indonesia berorganisasi
B. Menarik simpati dan mendapatkan kepercayaan rakyat
C. Menanamkan semangat Nasionalisme
D. Mengakui keberadaan orang Indonesia
E. Mempersiapkan pemimpin bagi Indonesia

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Menarik simpati dan mendapatkan kepercayaan rakyat.

Seperti yang kita tahu bahwa tujuan pemerintah jepang membentuk gerakan 3A adalah menarik simpati dan mendapatkan kepercayaan rakyat. Jepang bermaksud agar memperoleh dukungan Indonesia untuk memenangkan perang di kala itu.