Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap)

Diposting pada

Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap) – Secara umum kisah kisah pahlawan bangsa Indonesia atau tokoh tokoh penting dapat disusun menjadi sebuah tulisan yang disajikan dalam bentuk biografi. Dengan profil tersebut diharapkan kisah kisah perjuangan maupun perjalanan hidup seseorang yang dibiografikan dapat diketahui oleh banyak orang secara turun menurun. Lantas apakah definisi sebenarnya dari biografi itu?

Biografi merupakan catatan atau daftar riwayat hidup seseorang. Berbeda dengan auto biografi, biografi biasanya menjelaskan riwayat hidup seorang tokoh terkenal maupun orang lain. Artikel kali ini akan membahas tentang biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia secara singkat dan lengkap. dan berikut adalah biografi Ir.Soekarno atau Bung Karno.

Siapa yang tidak kenal dengan Ir. Soekarno. Ir. Soekarno merupakan Presiden Indonesia yang pertama. Presiden pertama Indonesia ini berperan penting dalam kemerdekaan bangsa. Bahkan karena Soekarno dan para pahlawanlah yang membuat negara ini dapat merdeka sampai sekarang. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan biografi Soekarno Presiden pertama Indonesia secara singkat dan lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap)

Soekarno atau dikenal dengan nama Bung Karno merupakan Presiden Republik Indonesia yang pertama pada tahun 1945, Beliau lahir di kota Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 6 Juni 1901 dan wafat di Jakarta, pada tanggal 21 Juni 1970. Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai merupakan ayah dan ibu dari Bung Karno. Beliau memiliki tiga istri semasa hidupnya dan dari ketiga istri tersebut beliau dikaruniai delapan orang anak. Dari istri pertamanya Fatmawati melahirkan anak bernama Guntur, Megawati, Sukmawati, Rachmawati, dan Guruh. Dari istri Hartini mempunyai Taufan dan Bayu, Dari istri Beliau yang bernama Ratna Sari Dewi (Naoko Nemoto) melahirkan seorang anak bernama Kartika.

Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia (Singkat Dan Lengkap)
Ir. Soekarno

Bung karno menghabiskan masa kecilnya bersama orang tuanya di Blitar. Setelah tamat sekolah dasar beliau tinggal di kota surabaya tepatnya di rumah Hj.Oemar Said Tokroaminoto yang dikenal sebagai seorang politisi kawakan (pendiri Syarikat Agama Islam). Bung karno melanjutkan pendidikannya di Hoogere Burger School (HBS).Semasa belajar di HBS soekarno berusaha untuk terus mengasah rasa nasionalisme nya. Setelah Soekarno lulus dari HBS pada tahun 1920, Beliau pergi ke Bandung dan melanjutkan ke perguruan tinggi di Technische Hoogeschool (THS) dan berhasil meraih gelar Insinyur atau “Ir” pada tanggal 25 Mei 1926.

Baca Juga : Latar Belakang Penjajahan Belanda Di Indonesia

Diakarenakan mendirikan Partai Nasional Indunesia (PNI) yang memiliki tujuan memerdekakan Indonesia dan menyebarkan ajaran marhaenisme, Belanda akhirnya memnjarakan Soekarno di Penjara Soekamiskin (Bandung) pada tanggal 29 Desember 1929. Dalam sidang yang digelar delapan bulan kemudian Soekarno menunjukan kebengisan dan kemurtad’an belanda pada sidang yang diberi tajuk “Indonesia Menggugat”.

Baca Juga : Hasil Rapat Sidang PPKI I, II, III Lengkap

Belanda pun menjadi semakin jengkel setelah mendengar pembelaan dari Soekarno dan akhirnya belanda membubarkan PNI. Tidak pantang menyerah Soekarno pun bergabung dan menjadi pemimpin dari Partindo. Belanda yang tau tentang pergerakan Soekarno akhirnya kembali menangkap Soekarno dan mengasingkannya ke Ende, Flores, pada tahun 1933. Berselang empat tahun kemudian Soekarno dipindahkan ke Bengkulu.

Baca Juga : Peristiwa Rengasdengklok, Tujuan Dan Latar Belakang

Setalah mengalami gejolak dan perjuangan yang memakan waktu cukup lama, Soekarno dan Hatta akhirnya memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Dalam sidang BPUPKI yang digelar pada tanggal 1 Juni 1945 itu Soekarno mengemukakan tentang gagasan dasar negara yang sekarang ini disebut dengan Pancasila. Sedangkan Dalam sidang PPKI, pada tanggal 18 Agustus 1945 menghasilkan keputasan yakni Ir.Soekarno Dan Drs.Moh Hatta dipilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia.

Pancasila yang dirumuskan pada sidang BPUPKI akhirnya menjadi dasar Negara (ideologi) Kesatuan Republik Indonesia. Pada awal tahun 1965 beliau jatuh sakit dan Kesehatannya terus memburuk, hingga pada hari Minggu, tanggal 21 Juni 1970 Beliau wafat di RSPAD. Jasad Soekarno dimakamkan di kota Blitar, Jatim di dekat sebelah makam ibundanya (Ida Ayu Nyoman Rai). Akhirnya pemerintah dan segenap bangsa indonesia menganugerahkan gelar sebagai “Pahlawan Proklamasi” kepada beliau.

Sekian Artikel tentang Biografi Soekarno Presiden Pertama Indonesia. Biografi Soekarno merupakan catatan atau daftar riwayat hidup dari Ir.Soekarno sebagai Presiden Indonesia yang pertama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih

Baca Juga  Pangeran Sabrang Lor Adalah Julukan Untuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.