Jelaskan Latar Belakang Pembentukan BPUPKI

Diposting pada

Jelaskan Latar Belakang Pembentukan BPUPKI – Dalam bahasa Jepang, BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia dapat disebut juga dengan nama Dokuritsu Junbi Cosakai. Apa itu BPUPKI? Pengertian BPUPKI adalah organisasi yang didirikan oleh pemerintah Jepang untuk mendapatkan janji kemerdekaan yang diberikan kepada bangsa Indonesia. Pembentukan organisasi BPUPKI tersebut berlangsung pada tanggal 29 April 1945 dengan diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat.

Lantas coba jelaskan latar belakang pembentukan BPUPKI? Seperti yang kita tahu bahwa BPUPKI bertugas untuk memberikan dukungan dan bantuan terhadap proses kemerdekaan bangsa Indonesia. BPUPKI tersebut bertujuan untuk menyelidiki dan mempelajari hal hal yang berkaitan dengan pembentukan kemerdekaan Indonesia.

Jelaskan Latar Belakang Pembentukan BPUPKI
Pembentukan BPUPKI

Pada tanggal 1 Maret 1945, Jepang berupaya untuk membentuk Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau disingkat dengan nama BPUPKI. Organisasi BPUPKI yang dibentuk ini merupakan tindak lanjut dari Perdana Menteri Jepang untuk memerdekakan bangsa Indonesia di kemudian hari. Pengucapan janji tersebut berlangsung pada tanggal 9 Septermber 1944. Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan tentang sejarah pembentukan BPUPKI lengkap.

Nah pada pembahasan kali ini saya akan memberikan jawaban terkait pertanyaan jelaskan latar belakang pembentukan BPUPKI itu. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jelaskan Latar Belakang Pembentukan BPUPKI

Organisasi BPUPKI dibentuk tidak hanya sekedar kebaikan hati pemerintah Jepang semata. Tetapi BPUPKI dibentuk sebagai upaya Jepang untuk mementingkan kepentingan diri sendiri. Secara formil latar belakang pembentukan BPUPKI adalah karena kedudukan fasisme atau kekuasaan Jepang yang telah terancam atau terdesak.

Alasan utama Jepang menjanjikan kemerdekaan bagi Indonesia adalah untuk taktik merebut hati masyarakat Indonesia sebab mengingat dimana mana semakin berkobar pergolakan yang terjadi. Semakin hari posisi Jepang semakin terjepit dan bahkan mengalami kekalahan dalam Perang Asia Timur Raya atau Perang Pasifik.

Baca Juga  Alat yang Termasuk Golongan Bidang Miring Adalah

Setelah mengetahui apa itu BPUPKI diatas, coba kerjakan salah satu soal di bawah ini:

Jelaskan latar belakang pembentukan BPUPKI?

Jawaban.
BPUPKI dibentuk dengan latar belakang untuk menarik simpati rakyat Indonesia agar sisa kekuatan Jepang dapat dipertahankan.

Dari sini dapat kita peroleh jawaban dari pertanyaan jelaskan latar belakang pembentukan BPUPKI tersebut. BPUPKI dibentuk dengan alasan agar masyarakat pribumi percaya kepada mereka dengan cara membebaskan Indonesia dari penjajahan Sekutu dan Belanda. Jenderal Kumakichi Harada selaku pimpinan militer Jepang di Jawa pada tanggal 1 Maret 1945 mengumumkan pembentukan badan khusus yang tugasnya menyelidiki upaya untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Badan khusus yang dimaksud adalah BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.