Ciri Ciri Fakta dan Opini Beserta Contohnya

Diposting pada

Ciri Ciri Fakta dan Opini Beserta Contohnya – Sebuah informasi dapat diperoleh dari suatu wacana atau berita yang terdapat di dalamnya. Tetapi kandungan semua informasi tersebut tidak semuanya fakta. Hal ini dikarenakan ada beberapa opini yang disertakan oleh penulis wacana atau penyaji berita kepada hal hal yang menjadi pembahasannya. Untuk itu, kita harus dapat membedakan opini dan fakta sebagai pembaca. Dengan begitu kita dapat memperoleh informasi sesuai dengan kenyataan atau faktanya tanpa tercampur dengan pendapat atau opini. Apa pengertian fakta itu? Apa pengertian opini? Bagaimana contoh fakta itu? Bagaimana contoh opini itu?

Fakta pada umumnya dijadikan sebagai dasar dalam sebuah opini atau pendapat. Maka dari itu akan lebih baik jika fakta diungkapkan terlebih dahulu sebelum pendapatnya dikemukakan. Selain itu kegunaan fakta juga untuk membuat sebuah pendapat menjadi jelas. Jika dilihat dari pengertian fakta, pengertian opini, ciri ciri fakta dan opini sudah terlihat bahwa kedua hal ini berbeda. Ciri ciri opini tersebut tidak dapat disamakan dengan fakta. Bahkan contoh fakta tersebut juga berbeda dengan contoh opini.

Fakta dan Opini

Kita dapat mengemukakan pendapat terlebih dahulu, kemudian disertai dengan fakta untuk memperjelas kebenarannya dengan akurat. Secara garis besar kita tahu ciri ciri opini dan fakta beserta contoh kalimat fakta dan contoh kalimat opininya. Namun agar lebih jelas lagi, maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ciri ciri fakta dan opini beserta contoh fakta dan contoh opini. Selain itu saya juga akan membahas tentang pengertian fakta dan pengertian opini. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Ciri Ciri Fakta dan Opini Beserta Contohnya

Seperti yang kita tahu bahwa fakta dan opini merupakan dua hal yang berbeda dan berkebalikan. Fakta tersebut berisi kenyataan yang terjadi, sedangkan opini berbentuk pendapat seseorang. Maka dari itu fakta berkebalikan dengan adanya opini. Biasanya fakta dan opini ini dapat digunakan dalam penulisan laporan atau teks tertentu.

Sebelum menjelaskan tentang ciri ciri opini dan fakta beserta contoh kalimat opini dan contoh kalimat fakta. Saya akan menjelaskan tentang pengertian fakta dan pengertian opini terlebih dahulu. Fakta dapat didefinisikan sebagai sebuah hal/kondisi/insiden yang terjadi dengan sungguh sungguh dan kebenarannya dapat dibuktikan. Dalam penyampaian fakta sendiri biasanya membuktikan keabsahan yang berupa justifikasi. Fakta tersebut dapat diukur secara kualitatif dan pengenalannya dapat menggunakan indera.

Baca juga : Pengertian Pidato Persuasif, Tujuan, Struktur dan Contohnya

Kemudian pengertian opini dalam arti sempit ialah pandangan. Opini secara luas dapat diartikan sebagai dugaan atau pandangan mengenai persoalan atau insiden tertentu yang diungkapkan oleh seseorang. Sebuah fakta dapat ditinjau atau dikomentari oleh setiap orang, namun terdapat perbedaan dalam opini atau peninjauan masing masing orang tersebut. Hal ini dikarenakan setiap orang tersebut menggunakan sudut pandangnya masing masing. Di bawah ini terdapat ciri ciri fakta dan opini beserta contoh fakta dan contoh opini. Berikut penjelasan selengkapnya:

Ciri dan Contoh Fakta

Dalam arti sempit, fakta dapat didefinisikan sebagai kenyataan. Fakta tersebut memiliki ciri ciri yang dapat membedakannya dengan contoh kalimat opini. Adapun ciri ciri fakta yaitu sebagai berikut:

  • Kebenarannya dapat dibuktikan.
  • Informasi yang dimiliki akurat dan tepat, misalnya tanggal, durasi insiden dan lokasi.
  • Narasumber yang dimiliki terpercaya dan dapat diyakini.
  • Memiliki karakter obyektif yaitu informasi yang tidak dibuat buat dan ada dengan sungguh sungguh sehingga kebanyakan lebih terlengkapi.
  • Gambaran informasinya berupa sebuah objek.
  • Kalimat fakta biasanya berupa jawaban dari pertanyaan 5W + 1H (What, Where, Why, Who, When, How).
  • Sebuah kejadian yang pernah terjadi dapat dibuktikan.
  • Informasi pada umumnya diperoleh dari peristiwa yang sebenarnya.

Hal pertama yang saya jelaskan dalam materi ciri ciri fakta dan opini tersebut ialah ciri ciri dalam fakta seperti di atas. Selain ciri ciri dari fakta ini, adapula contoh kalimat fakta. Adapun beberapa contoh fakta yaitu sebagai berikut:

  • Kebanyakan masyarakat Indonesia menganut agama Islam.
  • Negara Indonesia memiliki kepala negara yang pertama yaitu Ir. Soekarno.
  • Ibukota Bali adalah Denpasar.
  • Sudah lebih dari satu kali gunung Merapi meletus.
  • Matahari terbit dari Timur dan terbenam di Barat.
  • 60 menit sama dengan 1 jam.
  • Indonesia merupakan sebuah negara yang berbentuk kepulauan.
  • Semua benda jatuh pasti ke arah bawah karena adanya gaya gravitasi bumi.

Baca juga : Kata Sapaan (Pengertian, Jenis Jenis dan Contohnya)

Ciri dan Contoh Opini

Materi ciri ciri fakta dan opini yang selanjutnya saya jelaskan ialah ciri ciri opini. Pengertian opini dalam arti sempit ialah sebuah pendapat atau pernyataan. Adapun beberapa ciri dari opini yaitu sebagai berikut:

  • Kebenarannya tidak dapat dibuktikan.
  • Kebanyakan terdapat pernyataan untuk melengkapinya, memiliki karakter yang bersifat individualisme, dijelaskan dengan paparan serta dijelaskan dengan rekomendasi.
  • Tidak memiliki narasumber atau termasuk pandangan pribadinya.
  • Didalamnya terdapat tanggapan yang ada pada terjadinya sebuah insiden.
  • Akan atau belum melakukan pembuktian insidennya.
  • Penyataan atau argumen seseorang.
  • Kebenaran dari penyampaian informasinya belum dibuktikan.
  • Kata kata yang digunakan dapat berupa mungkin, sangat, seharusnya, bisa jadi, menurut, tidak mungkin dan lain lain.

Setelah membahas tentang ciri ciri opini di atas. Adapula beberapa contoh kalimat opini. Adapun beberapa contoh opini yaitu sebagai berikut:

  • Sungguh meletihkan berlari dengan jarak 100 meter.
  • Jika makanan ditambah dengan gula sedikit maka akan terasa lebih nikmat.
  • Sangat kecil sekali ruangan kelas itu.
  • Kepala akan terasa gatal dibuatnya jika selama satu hari tidak keramas.
  • Di Indonesia terdapat kota yang paling elok yaitu Bogor.
  • Hidup damai dapat dilambangkan dengan tubuh yang gendut.
  • Lebih menyenangkan tentunya apabila saya hidup di London.
  • Tentunya akan lebih baik jika Indonesia dipimpin oleh pemuda.
Fakta dan opini memang dua hal yang bisa dikatakan mirip. Meskipun mirip bukan berarti kedua hal tersebut tidak memiliki perbedaan. Perbedaan fakta dan opini pada dasarnya dapat dengan mudah kita pelajari ketika berada di jenjang sekolah. Namun seiring berjalannya waktu kita sering melupakan perbedaan tersebut, padahal kalau kita amati ciri ciri fakta dan opini jelas keduanya memiliki perbedaan. Untuk itu saya akan memberikan beberapa contoh perbedaan fakta dan opini secara umum.

Perbedaan Fakta dan Opini

Baik fakta maupun opini saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan bermasyarakat. Sekarang ini, masyarakat lebih mudah berinteraksi dengan fakta dan opini melalui berita yang tersebar di media. Banyak orang yang mengeluhkan susahnya membedakan fakta dan opini pada sebuah berita. Nah untuk mengatasi hal tersebut, saya hadir memberikan solusinya.

Fakta dan opini memiliki perbedaan dalam hal terjadinya sebuah insiden atau keadaan secara realistis dan kebenarannya dapat dibuktikan dalam hal fakta. Sedangkan untuk opininya berupa sebuah pernyataan atau pendapat seseorang yang kebenarannya belum dapat dibuktikan. Hal ini dikarenakan kebenaran opini tersebut hanya berupa perasaan atau perkiraan saja.

Demikianlah penjelasan mengenai ciri ciri fakta dan opini beserta contoh fakta dan contoh opini. Letak perbedaan diantara keduanya memang terletak pada ciri ciri opini dan faktanya. Selain itu contoh kalimat fakta dan contoh kalimat opininya juga berbeda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Kalimat Langsung dan Tidak Langsung (Pengertian, Ciri-ciri, Contoh, Dan Aturan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.