Jelaskan Sebab Umum Terjadinya Perang Diponegoro

Diposting pada

Jelaskan Sebab Umum Terjadinya Perang Diponegoro – Seperti yang kita tahu bahwa masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama Diponegoro. Beliau adalah pahlawan nasional asal Yogyakarta yang berperan dalam bidang pelajaran dan buku sejarah. Pangeran Diponegoroo adalah seorang pemimpin perang yang asalnya dari para serdadu pribumi untuk melakukan peperangan melawan pasukan Belanda.

Lantas jelaskan sebab umum terjadinya perang diponegoro? Penyebab Perang Diponegoro tersebut telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya. Perang Diponegoro disebut juga dengan Perang Jawa karena peperangannya melibatkan pangeran Diponegoro. Pangeran Diponegoro melakukan pemberontakan dengan berani untuk melawan Belanda yang telah bersikap sewenang wenang.

jelaskan sebab umum terjadinya perang diponegoro
Perang Diponegoro

Berlangsungnya Perang Diponegoro tersebut memang cukup lama yaitu dari tahun 1825 – 1830 atau selama lima tahun. Perang Diponegoro termasuk dalam peperangan di Indonesia yang cukup besar. Pimpinan perang dari pasukan pribumi adalah Pangeran Diponegoro, sedangkan pimpinan pasukan Belanda adalah Jendral de Kock. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjawab pertanyaan jelaskan sebab umum terjadinya perang diponegoro. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Jelaskan Sebab Umum Terjadinya Perang Diponegoro

Seperti yang kita tahu bahwa pada tanggal 11 November 1785 lahirlah Raden Mas Mustahar anak dari Raden Mas Sarjono (ayahnya) dan Raden Ayu Mangkorowati (ibunya). Ayah dari Raden Mas Mustahar sendiri merupakan Sultan Hamengkubuwono III. Kemudian pada tahun 1805, nama Raden Mas Mustahar berganti menjadi Raden Mas Ontowiryo.

Raden Mas Ontowiryo sendiri diberikan gelar pangeran yang berganti nama menjadi Pangeran Diponegoro karena ayahnya naik tahta menjadi Hamengkubuwono III pada tahun 1812. Lalu jelaskan sebab umum terjadinya perang diponegoro tersebut? Pangeran Diponegoro wafat pada tanggal 8 Januari 1855. Pangeran Diponegoro diangkat menjadi pahlawan Nasional oleh pemerintah Indonesia sebagai bentuk penghargaan atas perjuangannya.

Baca Juga  Keliling Lingkaran Yang Memiliki Jari - Jari 10 cm Adalah

Berlangsungnya Perang Diponegoro tersebut terjadi pada tahun 1825 sampai 1830. Latar belakang perang Diponegoro dapat dikelompokkan dalam kategori umum ataupun khusus. Setelah memahami bagaimana terjadinya perang Diponegoro tersebut, coba kerjakan soal di bawah ini:

Jelaskan sebab umum terjadinya Perang Diponegoro?

Jawaban.
Perang Diponegoro secara umum disebabkan oleh beberapa hal seperti di bawah ini:

  1. Belanda melaksanakan intervensi pada masalah internal yang ada di Kasultanan Yogyakarta.
  2. Penderitaan rakyat yang disebabkan oleh adanya penjajahan.
  3. Penobatan Pangeran Menol.

Inilah jawaban dari pertanyaan jelaskan sebab umum terjadinya perang diponegoro. Seperti yang kita tahu bahwa pada tahun 1835 – 1830 terjadi Perang Jawa atau Perang Diponegoro. Perang Diponegoro adalah salah satu perlawanan bangsa Indonesia yang cukup besar terhadap Belanda. Pangeran Diponegoro memperoleh bantuan dari beberapa tokoh seperti Kiai Mojo, Sentot Alibasya Prawirodirjo, dan Pangeran Mangkubumi. Pangeran Diponegoro tersebut menggunakan taktik perang gerilya, tetapi Belanda menghadapinya dengan taktik benteng stelsel.