Suku Bangsa yang Merupakan Keturunan Dari Bangsa Proto Melayu Adalah

Diposting pada

Suku Bangsa yang Merupakan Keturunan Dari Bangsa Proto Melayu Adalah – Bangsa Indonesia menurut pendapat para ahli memang memiliki nenek moyang yang asalnya dari bangsa primitif, proto melayu (Melayu Tua), dan deutro melayu (Melayu Muda). Bangsa primitif sudah tinggal di Nusantara lebih dahulu sebelum bangsa Proto Melayu dan bangsa Deutro Melayu datang. Menurut perkiraan, bangsa Melayu datang ke Indonesia pertama kali sekitar tahun 1500 SM yaitu orang Proto Melayu. Sedangkan Deutro Melayu datang pada gelombang kedua tahun 400 – 300 SM.

Lantas suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa proto melayu adalah apa saja? Ada beberapa pendapat bahwa bangsa Indonesia memiliki nenek moyang yang asalnya dari Yunnan, China sebelum bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu datang. Namun adapula bangsa Negrito yang sejak tahun 1000 SM sudah masuk ke Nusantara lebih dulu.

Suku Bangsa yang Merupakan Keturunan Dari Bangsa Proto Melayu Adalah
Bangsa Proto Melayu

Seperti yang kita tahu bahwa bangsa Proto Melayu terdiri dari beberapa suku bangsa seperti Dayak, Sasak, Rejang, Batak, Toraja, dan Nias. Sedangkan bangsa Deutro Melayu terdiri dari suku Minangkabau, Jawa, Betawi, Aceh, Manado, Sunda, dan Melayu. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa proto melayu adalah apa saja. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Suku Bangsa yang Merupakan Keturunan Dari Bangsa Proto Melayu Adalah

Seperti yang kita tahu bahwa nama Proto Melayu mengarah pada penyebutan untuk orang yang melakukan migrasi menuju Nusantara pada gelombang pertama. Keahlian yang dimiliki oleh penduduk Proto Melayu adalah bercocok tanam dan bahkan keahliannya lebih baik dibandingkan ras Negrito. Menurut keyakinan, nenek moyang bangsa Indonesia adalah bangsa Proto Melayu dan menyebar ke pulau pulau paling timur Pasifik dari Madagaskar.

Baca Juga  Banyak Sisi Pada Bangun Limas Segi Empat Adalah

Bangsa Proto Melayu memiliki ciri ciri yaitu kulitnya kuning kecoklatan, mata sipit, dan berambut lurus. Ras Proto Melayu menyebar di beberapa jalur seperti jalur timur/utara dan jalur barat/selatan. Berdasarkan penyebarannya di jalur barat/selatan, bangsa Proto Melayu melalui Yunnan, Thailand, Semenanjung Malaya, Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Di jalur barat/selatan ini, bangsa Proto Melayu meninggalkan hasil kebudayaan berupa kapak persegi.

Kemudian adapula jalur kedatangan bangsa Proto Melayu di arah timur/utara yang melalui Yunnan Yunnan, Jepang, Filipina, Sulawesi Utara, Maluku, dan Papua. Peninggalan kebudayaan di jalur timur/utara tersebut adalah kapak lonjong. Setelah memahami apa itu bangsa Proto Melayu, coba kerjakan soal di bawah ini:

Suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa Proto Melayu adalah . . .

Jawaban.
Bangsa Proto Melayu memiliki beberapa keturunan yaitu:

  1. Suku Sasak yang asalnya dari Lombok.
  2. Suku Toraja yang asalnya dari Sulawesi Selatan.
  3. Suku Nias dan Mentawai yang asalnya dari Sumatera Barat.
  4. Suku Dayak yang asalnya dari Kalimantan Tengah.

Inilah jawaban mengenai suku bangsa yang merupakan keturunan dari bangsa proto melayu adalah apa saja. Secara sederhana, Proto Melayu merupakan nama bagi penduduk yang datang ke Indonesia pada gelombang pertama. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.