Dalam Bahasa Jepang BPUPKI Disebut Juga Dengan

Diposting pada

Dalam Bahasa Jepang BPUPKI Disebut Juga Dengan – Seperti yang kita tahu bahwa latar belakang peringatan Hari Lahir Pancasila adalah rapat para pendiri bangsa di Gedung Chuo Sangi In Jakarta dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI. Gedung tempat rapat tersebut adalah gedung Volksraad pada masa kolonial Belanda, tetapi gedung ini sekarang dikenal dengan nama gedung Pancasila.

Lalu dalam bahasa jepang BPUPKI disebut juga dengan apa? BPUPKI dalam bahasa Jepang memiliki nama lain yaitu Dokuritsu Junbi Cosakai. Pengertian BPUPKI adalah badan yang dibentuk pada tanggal 29 April 1945 oleh pemerintah kolonial Jepang sebagai rekayasa Jepang dalam memperoleh dukungan rakyat Indonesia bahwa kemerdekaan Indonesia akan diberikan oleh Jepang. Hal ini tercantum dalam sejarah pembentukan BPUPKI yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Dalam Bahasa Jepang BPUPKI Disebut Juga Dengan
Organisasi BPUPKI

Pada tanggal 1 Juni 1945, BPUPKI mengadakan rapat yang isinya penyampaian pidato Soekarno terkait lima dasar negara yang dinamakan dengan Pancasila. Pancasila sejak awal dianggap oleh Soekarno sebagai fondasi atau dasar terbentuknya suatu rumah besar yaitu Republik Indonesia yang mengandung berbagai jenis agama dan suku. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang dalam bahasa jepang BPUPKI disebut juga dengan apa. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Dalam Bahasa Jepang BPUPKI Disebut Juga Dengan

Organisasi BPUPKI pada tanggal 7 Agustus 1945 diganti oleh Jepang menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbi Inkai. Kemudian pada perang Dunia II, pemerintah Jepang dapat dihancurkan saat Amerika Serikat memimpin pasukan sekutu barat untuk menjatuhkan bom atom pada tanggal 6 Agustus 1945 ke Hiroshima dan tanggal 9 Agustus 1945 ke Nagasaki. Latar belakang BPUPKI tersebut dapat anda pelajari selengkapnya pada artikel sebelumnya.

Baca Juga  Sultan Demak Bintoro Yang Pertama Adalah

Lalu dalam bahasa jepang BPUPKI disebut juga dengan apa? Di kala itu di Indonesia mulai melemah pengaruh dan kekuatan dari Jepang sehingga para pendiri dan pejuang dapat merebut serta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah itu Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia mulai ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

Setelah merdeka, bangsa Indonesia memiliki dasar negara yaitu Pancasila. Dasar negara ini bahkan digunakan sampai sekarang. Setelah memahami sedikit mengenai organisasi BPUPKI tersebut, selanjutnya saya akan membagikan salah satu bentuk soal seperti di bawah ini:

Dalam bahasa Jepang BPUPKI disebut juga dengan . . .
A. Dokuritsu Junbi Cosakai
B. Dokuritsu Junbi Inkai
C. Dokuritsu Cosakai Cosakai
D. Dokuritsu Cosakai Inkai

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan A. Dokuritsu Junbi Cosakai.

Berdasarkan jawaban di atas dapat disimpulkan bahwa dalam bahasa jepang BPUPKI disebut juga dengan Dokuritsu Junbi Cosakai. Pembentukan BPUPKI tersebut terjadi pada tanggal 29 April 1945 secara resmi sebagai bentuk tindak lanjut dari Perdana Menteri Koiso terkait janji kemerdekaan untuk bangsa Indonesia. BPUPKI diketuai oleh dr. Radjiman Wedyodiningrat dan diwakili oleh Raden Panji Suroso dari Indonesia. BPUPKI bertugas untuk menyelidiki dan mempelajari hal yang diperlukan dalam upaya membentuk negara Indonesia yang merdeka.