Pengertian Tulang Pipih dan Jenis Jenisnya Beserta Fungsi

Diposting pada

Pengertian Tulang Pipih dan Jenis Jenisnya Beserta Fungsi – Dalam tubuh manusia terdapat beberapa struktur tulang yang berguna untuk membuat tubuh tetap berdiri tegak. Tulang tersebut memiliki susunan yang berperan penting dalam tubuh manusia. Dengan susunan tulang tersebut kita dapat duduk, bergerak, berjalan, berdiri dan melakukan semua kegiatan sehari hari. Salah satu jenis tulang manusia adalah tulang pipih. Apa pengertian tulang pipih? Apa saja jenis jenis tulang pipih? Apa fungsi tulang pipih? Pada dasarnya tulang tulang manusia terdiri dari tulang tengkorak, tulang rusuk, tulang pipih, tulang anggota bawah, tulang belakang dan tulang anggota atas. Masing masing tulang tersebut memiliki peran dan fungsinya masing masing.

Pengertian Tulang Pipih dan Jenis Jenisnya Beserta Fungsi
Macam Macam Bentuk Tulang Manusia

Seperti yang telah kita ketahui bahwa terdapat beberapa macam susunan tulang rangka dalam tubuh manusia. Susunan tulang tersebut didasarkan pada jenis bentuk, fungsi, nama dan ukuran yang berbeda beda. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian tulang pipih, jenis jenis tulang pipih, dan fungsi tulang pipih. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Tulang Pipih dan Jenis Jenisnya Beserta Fungsi

Pengertian tulang pipih adalah salah satu jenis tulang yang terdiri dari dua lapisan tulang kompah seperti interna ossis karnii dan lamina eksterna. Bentuk dari tulang pipih ini ialah gepeng memipih seperti halnya nama tulangnya. Dalam tulangg tersebut terdapat dua lapisan yang saling terpisahkan oleh lapisan tulang spongiosa bernama “Diploe”. Adapun beberapa jenis tulang pipih dalam tubuh manusia yaitu meliputi :

Baca juga : Pengertian Saraf Simpatik dan Parasimpatik Beserta Perbedaan

  1. Tulang Rusuk
  2. Tulang Tengkorak (bagian kepala)
  3. Tulang Dada
  4. Tulang Belikat
  5. Tulang Pinggul
  6. Tulang Usus

Setelah mengetahui tentang pengertian tulang pipih dan jenis jenis tulang pipih. Selanjutnya kita akan membahas tentang fungsi tulang pipih. Tulang ini dapat diibaratkan sebagai sebuah lempengan yang bentuknya lebar dan pipih. Dalam tubuh manusia sendiri terdapat jumlah tulang sekitar 200 buah. Salah satunya adalah tulang berbentuk pipih ini. Kemudian tulang dalam tubuh manusia memiliki komponen yang mengandung 45% zat mineral (kalsium, sedikit garam dan fosfat), 30% zat organik yang sifatnya serabut, dan 25% air.

Pengertian Tulang Pipih dan Jenis Jenisnya Beserta Fungsi
Bagian Bagian Tulang Pipih

Baca juga : Pengertian dan Proses Metagenesis Menurut Para Ahli

Adapun beberapa fungsi tulang pipih dalam tubuh manusia yaitu meliputi:

  • Untuk melindungi struktur bagian tubuh yang terletak di bawah tulang pipih.
  • Untuk melindungi organ dalam tubuh yang berbentuk sistem transportasi seperti bagian paru paru yang dilindungi oleh tulang rusuk (salah satu jenis tulang pipih).
  • Untuk melindungi bagian bagian otak dalam tubuh manusia.

Itulah beberapa fungsi tulang pipih dalam tubuh manusia. Jenis jenis tulang pipih tersebut memiliki permukaan yang luas karena dijadikan sebagai tempat melekatnya otot otot yang saling membutuhkan dan saling berkaitan satu sama lain. Tulang tersebut dijadikan sebagai tempat dari beberapa otot yang melekat seperti pada tulang tengkorak, tulang rusuk, tulang belikat dan berbagai jenis tulang lainnya yang berperan sebagai tulang pipih. Kesehatan tubuh kita akan terus terjaga dengan peran struktur susunan tulang dalam diri kita sendiri. Karena itulah sangat penting juga untuk tetap menjaga kesehatan tulang tulang dalam tubuh, tidak hanya tulang pipih.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian tulang pipih, jenis jenis tulang pipih dan fungsi tulang pipih. Tulang pipih adalah salah satu jenis tulang yang terdiri dari dua lapisan tulang kompah seperti interna ossis karnii dan lamina eksterna. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Baca Juga  Pengertian Kingdom Protista, Ciri Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.