8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, Sugestif, dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya

Diposting pada

8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, Sugestif, dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya – Penyampaian teks menggunakan gaya bahasa naratif memang identik dengan cerita. Kita bisa mengartikannya sebagai pengembangan paragraf sebuah cerita maupun tulisan yang alurnya tersusun berdasarkan urutan awalan, tengah, dan akhiran. Paragraf naratif inilah yang akhirnya disusun membentuk sebuah cerita dan teks narasi secara lengkap. Sebagai siswa harusnya kita sudah sangat familiar dengan materi bahasa indonesia satu ini. Karena sebenarnya jenis teks tersebut sudah mulai diperkenalkan pada siswa bahkan semenjak berada di bangku SMP. Berdasarkan sifatnya, narasi sendiri dapat kita kelompokan menjadi paragraf narasi ekspositoris dan paragraf narasi sugestif.

Contoh paragraf narasi ekspositoris umumnya akan memuat cerita yang didalamnya memuat inforasi secara lengkap dan jelas serta disampaikan secara informatif menggunakan bahasa yang baik dan benar. Contoh paragraf narasi sugestif umumnya menceritakan kisah dengan tujuan serta maksud tertentu seperti membujuk pembaca. Dan contoh paragraf narasi artistik merupakan paragraf yang menceritakan kisah imajinatif yang menggunakan bahasa figuratif.

8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, sugestif, dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya
Contoh paragraf narasi

Jika kita amati lebih lanjut, maka kita akan menyadari bahwa sebenarnya berbagai karya tulis memakai gaya bahasa naratif. Seperti contoh cerpen, novel, dan berbagai karangan singkat lainnya. Contoh teks narasi sendiri sangat mudah untuk kita temukan di berbagai media masa baik itu cetak maupun digital yang bersumber dari internet. Meski demikian ternyata masih banyak siswa yang tak sadar karena kurang mampu mengidentifikasi kaidah kebahasannya.

Di dalam paragraf narasi kita juga akan menemukan berbagai unsur baik intrisik maupun extrinsik. Misalnya alur, penokohan, tema, setting, dan kita juga bisa menarik kesimpulan atau amanat yang terkandung dalam teks. Tujuan utama contoh paragraf narasi adalah untuk menghibur pembacanya melalui estetika yang dituangkan dalam tulisan. Selain itu teks bergaya naratif juga mampu memberikan pengalaman membaca lebih nyaman serta informasi kepada pembaca.

8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, Sugestif, dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, kita dapat menemukan berbagai contoh paragraf narasi singkat dalam berbagai media massa baik cetak maupun berbasis digital. Contohnya cerita fiksi yang terdapat pada komik, maupun novel yang notabennya merupakan karangan narasi panjang.

8 Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris, sugestif, dan Artistik Singkat Beserta Strukturnya
Narasi identik dengan cerita

Pada dasarnya materi yang membahas penggunaan paragraf narasi pada sebuah teks sudah dibahas dalam berbagai kesempatan. Di jenjang SMP dan SMA sendiri materi tersebut disampaikan guru secara intensif sebagai bentuk pembekalan pada siswa. Tujuannya agar kita tak mengalami kesulitan ketika diminta menyebutkan setiap unsur di dalamnya. Tapi hal ini bertolak belakang dengan fakta bahwa masih banyak siswa yang mengeluh sulitnya menganalisa teks bergaya naratif.

Contoh paragraf narasi ekspositoris

Cut Nyak Dhien merupakan pahlawan wanita yang berasal dari kepulauan Aceh. Pada tahun 1880 Cut Nyak Dhien bersama suaminya melakukan perlawanan terhadap Belanda. Namun pada tanggal 30 September 1893 tepatnya di kota Kutaraja rombongan Cut Nyak Dhien menyerahkan diri kepada Belanda.Teuku Umar atau suami dari Cut Nyak Dhien secara diam diam membuat rencana untuk menghancurkan pasukan pertahanan Belanda.

Akhirnya rencana tersebut berhasil melumpuhkan pihak Belanda. Pada tanggal 11 Februari 1899 Teuku Umar tewas dalam peperangan dan Cut Nyak Dhien ditunjuk menjadi pemimpin pembela Indonesia dalam melawan Belanda. Cut Nyak Dhien kemudian ditangkap dan dirawat dirumah sakit Belanda pada masa kemunduran Aceh. Pada akhirnya beliau meninggal pada tanggal 6 November 1908.

Dari penggalan contoh paragraf narasi ekspositoris tersebut dapat kita amati bahwa informasi dalam paragaraf disampaikan secara jelas mulai dari awal, tengah hingga akhir dalam rangkaian alur maju

Contoh Teks Narasi Ekspositoris

Tidak hanya berbentuk paragraf, namun dalam artikel kali ini saya juga akan memberikan contoh teks narasi ekspositoris singkat tentang perumusan proklamasi.

Perumusan Teks Proklamasi
Perumusan teks proklamasi merupakan perjuangan awal dalam kemerdekaan Indonesia. Perjuangan tersebut diawali dengan dibawanya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta ke Rengasdengklok. Namun kedua tokoh tersebut kembali ke Jakarta pada tanggal 16 Agustus 1945. Sebelumnya Presiden RI beserta para tokoh ingin mengadakan pertemuan dengan orgaisasi PPKI sehubungan untuk merumuskan teks proklamasi. Pertemuan tersebut akhirnya gagal dikarenakan pihak Jepang mengetahui rencana tersebut. Akhirnya Achmad Soebardjo membawa Ir. Soekarno untuk menginap di rumah Laksamana Maeda yang bertempat di Jalan Imam Bonjol No. 1.

Baca juga: Pengertian Teks Narasi, Ciri-ciri, Jenis, dan Contoh Paragraf Narasi

Kedatangan Ir. Soekarno tersebut kemudian disambut hangat oleh Laksamana Maeda. Bahkan beliau juga ingin ikut membantu proses perumusan teks proklamasi tersebut. Kemudian Laksamana Maeda membawa Ir. Soekarno untuk bertemu pemimpin departemen kemiliteran Jepang agar kemerdekaan indonesia dapat terwujud. Namun karena pihak Jepang tidak membantu mewujudkan kemerdekaan Indonesia akhirnya Ir. Soekarno bersama Moh. Hatta bertekad untuk segera memproklamasikan Indonesia. Proses perumusan teks proklamasi terjadi di rumah Laksamana Maeda dengan dihadiri oleh para pemimpin organisasi, anggota PPKI dan pemimpin pemuda.

Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Terbaru

Perumusan teks Proklamasi dilakukan oleh Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dn Achmad Soebardjo  diruang makan Laksamana Maeda. Perumusan tersebut disaksikan oleh  B.M. Diah, Miyoshi, Sukarni dan Sudiro. Teks proklamasi ini disusun oleh ketiga tokoh tadi dan menghasilkan beberapa kalimat. Untuk kalimat pertama disampaikan oleh Ir. Soekarno. Kemudian dianjutkan dengan pernyataan dari Moh. Hatta dan diakhiri oleh pernyataan Achmad Soebardjo. Teks proklamasi tersebut akhirnya selesai dan tinggal meminta persetujuan oleh semua pihak. Dikarenakan terdapat beberapa tokoh Jepang yang hadir dalam pertemuan tersebut maka terdapat perselisihan bahwa teks proklamasi ini tidak boleh ditandatangani oleh semua pihak.

Baca juga: Teks Anekdot : Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, Tujuan, Dan Kaidah Kebahasaan Teks Anekdot

Dengan beberapa pertimbangan akhirnya teks proklamasi ini ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Moh. Hatta dengan beberapa perubahan kata dalam teks ini. Pada tanggal 17 Agustus 1945 yang bertempat di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 teks proklamasi dikumandangkan oleh Ir. Soekrano. Bunyinya yaitu “kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya. Jakarta, 17 bulan 08 tahun 05. Atas nama bangsa Indonesia Soekarno/Hatta.”

Contoh Paragraf Narasi Sugestif Singkat

Hari senin merupakan hari yang sangat melelahkan, karena suasana liburan masih terasa saat rutinitas kembali. Jika pada umumnya hari senin adalah awal semangat berutinitas namun hal itu tidak terjadi padaku. Berawal dari pagi hari yang dimulai untuk mempersiapkan alat alat sekolah. Dilanjutkan dengan rutinitas sekolah yang membuatku merasa masih ingin merasakan lebih lama liburan. Rutinitas sekolahku selesai pada pukul 3 sore. Saat sesampainya dirumah aku segera mandi dan makan sembari beristirahat sejenak. Istirahatpun tidak teralu lama karena harus mengerjakan tugas tugas sekolah yang belum selesai aku kerjakan.

Teks itu termasuk kedalam contoh paragraf narasi sugestif karena membujuk pembaca baik orang tua maupun murid untuk mengerjakan tugas dan rajin dalam sekolah

Contoh Teks Narasi Sugestif Singkat

Perlawanan di Pagi Buta
Pagi itu matahari belum menampakkan sinarnya dan ayam jago belum melaksanakan tugasnya. Tetapi dipagi buta itu pak Komar keluar dari rumahnya. Hembusan angin pagi yang dingin seakan akan tidak mempan dengan kulit rapuhnya. Pak tua ini membawa cangkul dan makanan untuk dibawanya kesawah. Pak Komar berjalan menuju sawah namun langkahnya terhenti karena ada tangisan bayi. Kesunyian pagi seakan akan terpecah dengan suara tangisan ini. Dengan rasa gelisah pak Komar mencari sumber suara tadi. Pak Komar kaget dengan apa yang ia lihat, ternyata suara itu berasal dari bayi yang lucu. Bayi itu berada dibawah pohon ringin tanpa ada yang menemaninya. Suara tangis tadi ternyata tidak hanya mengundang pak Komar saja melainkan mengundang ular piton yang sedang kelaparan. 

Ular tersebut segera menghampiri sang bayi untuk dijadikan makanannya. Namun pak Komar dengan sigapnya segera mengangkat sang bayi. Ular itu seakan akan tidak menghiraukan pak Komar dan hanya memandangi bayi malang itu. Pak komar ingin berusaha menjauhkan bayi tadi dengan ular yang kelaparan itu. Namun saat hendak membawa sang bayi, pak Komar diserang oleh ular piton tersebut. Kaki pak komar dibelitnya sampai ia merasa kesakitan. Ia pun mengambil cangkul yang dibawanya tadi dan menyerang ular piton tersebut. Akhirnya ular tadi mati dan pak Komarpun berhasil melarikan diri. Akhirnya pak Komar kembali kerumahnya untuk merawat bayi malang itu dan bayi tersebut  kemudian diangkat menjadi anaknya.

Contoh diatas merupakan contoh teks narasi sugestif singkat yang dapat anda jadikan referensi yang pada intinya kita tidak boleh pantang menyerah dalam berdoa dan berharap

Contoh Teks Narasi Singkat

Dipagi yang cerah ini merupakan hari yang tidak dapat dilupakan oleh Sheila. Karena dipagi hari ini ia diberikan kejutan ulang tahun dari pacar dan teman temannya. Sebelum kejadian kejutan tersebut Sheila sempat curiga dengan pacarnya karena tingkah lakunya tidak seperti biasanya. Kecurigaan tersebut akhirnya benar karena sepulang sekolah Sheila diberi kejutan manis dari pacar dan teman temannya. Ia pun mendapatkan hadiah spesial dari sang kekasih.

Contoh paragraf narasi di atas menjelaskan bahwa Sheila memperoleh kejutan manis dari pacar dan teman temannya. Namun sebelumnya Shelia sempat curiga dengan tingkah laku sang pacar.

Contoh Paragraf Narasi Pendek

Disebuah desa yang jauh terdapat dua orang anak yatim piatu yang bernama Keila dan Tina. Kedua anak tersebut tinggal disebuah gubuk reot yang sebenarnya tidak layak untuk ditempati. Kakak beradik tersebut mendapatkan makanan dari belas kasihan para warga sekitar. Namun penderitaan Tina dan Keila berakhir karena terdapat salah satu warga kaya yang hendak mengasuh kedua anak tersebut. Akhirnya mereka dibawa kerumah warga kaya tadi dan dirawat dengan baik. 

penggalan dari contoh teks narasi ini menjelaskan bahwa disebuah desa tinggalah dua anak yang yatin piatu. Mereka hidup karena belas kasihan dari para warga sekitar. Namun terdapat salah satu warga yang berbaik hati mengasuh dan merawat mereka. Ahirnya Tina dan Keila dibawa kerumahnya.

Contoh Teks Narasi Artistik

Disuatu sore, Toni hendak mencari kayu bakar kehutan yang letaknya dibelakang rumah. Toni pergi kehutan sendirian tanpa ditemani oleh kakeknya karena ia tidak ingin merepotkan sang kakek. Tanpa ia sadari, ternyata ia terlalu jauh menuju kedalam hutan. Malampun datang dan suara suara anehpun terdengar. Tonipun merasa gelisah dan takut karena ini merupakan pengalaman pertamanya menuju hutan sendirian. 

dari contoh paragraf narasi artistik di atas dapat kita simpulkan bahwa toni menuju hutan sendirian dan ini merupakan pengalaman pertama menuju hutan tersebut. Toni merasa gelisah dan takut karena mendengar suara suara aneh dimalam hari.

Itulah artikel dan materi tentang kumpulan contoh teks dan paragraf narasi singkat yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Pada dasarnya narasi memang tidak jauh berbeda dengan gaya penulisan dalam bahasa indonesia lainnya. Namun kita harus mengingat bahwa narasi memiliki gaya penulisan unik yang membedakan karya tulis narasi dengan karya tulis lainnya. 

Baca Juga  Contoh Teks Iklan Beserta Strukturnya (Singkat, Unik, Menarik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.