Cara Mencari Ruang Sampel dan Titik Sampel Beserta Contoh Soal

Diposting pada

Cara Mencari Ruang Sampel dan Titik Sampel Beserta Contoh SoalDalam pelajaran Matematika terdapat materi pembelajaran mengenai Peluang. Saat masuk materi peluang kalian akan berjumpa dengan unsur unsur ruang sampel maupun titik sampel. Bagaimana cara menentukan ruang sampel dalam Peluang? Bagaimana cara mencari titik sampel dalam Peluang? Contoh soal ruang sampel dan contoh soal titik sampel pada dasarnya dapat diselesaikan dengan metode peluang.

Apa yang dimaksud peluang? Peluang ialah kemungkinan terjadinya sebuah kejadian yang diungkapkan dalam bentuk kepercayaan dan pengetahuan. Untuk itu peluang ini memiliki beberapa kemungkinan yang akan terjadi. Oleh karenanya diperlukan ruang sampel dan titik sampel untuk menentukan satu kemungkingkan yang akan terjadi secara akurat.

Cara Mencari Ruang Sampel dan Titik Sampel Beserta Contoh Soal
Ruang Sampel dan Titik Sampel

Ruang sampel dan titik sampel merupakan teori Peluang yang berisi kemungkinan terjadinya sebuah kejadian. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mencari ruang sampel, cara mencari titik sampel, contoh soal ruang sampel dan contoh soal titik sampel. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Cara Mencari Ruang Sampel dan Titik Sampel Beserta Contoh Soal

Dalam sebuah percobaan tentunya terdapat beberapa peristiwa yang akan terjadi sehingga menciptakan beberapa kemungkinan yang ada. Percobaan tersebut pastinya akan menghasilkan suatu pernyataan yang sulit ditemukan. Dalam hal inilah ruang sampel dan titik sampel diperlukan.

Pernyataan pernyataan yang ditemukan melalui ruang sampel maupun titik sampel tersebut dikumpulkan untuk nantinya dipilih mana yang pastinya akan terjadi. Maka dari itu peluang terjadinya sebuah peristiwa dapat diprediksi. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai cara mencari ruang sampel, cara mencari titik sampel, contoh soal ruang sampel dan contoh soal titik sampel lengkap.

Baca juga : Cara Menghitung Diagonal Bidang dan Diagonal Ruang Balok

Pengertian Ruang Sampel dan Titik Sampel

Pengertian ruang sampel ialah sekumpulan hasil dalam percobaan yang mungkin dapat terjadi. Sedangkan titik sampel ialah anggota yang terdapat dalam ruang sampel. Sekumpulan anggota titik sampel dinamakan dengan kejadian.

Banyaknya sebuah ruang sampel dilambangkan sengan “n (S)”. Cara menentukan ruang sampel dapat dilakukan dengan menggunakan tiga langkah yaitu mendaftarnya secara langsung, melalui tabel dan melalui diagram pohon. Untuk cara menentukan titik sampelnya, anda hanya tinggal melihat anggota anggota ruang sampelnya saja.

Cara Mencari Ruang Sampel Dengan Mendaftar

Cara menghitung ruang sampel yang pertama melalui cara mendaftar. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh soal ruang sampel dibawah ini:

Dua keping uang logam dilemparkan secara bersamaan, maka kemungkinan akan muncul sisi angka (A) pada uang logam pertama dan sisi gambar (G) pada uang logam kedua, atau dapat ditulis AG. Selain itu dua keping uang logam yang dilempar akan memunculkan kemungkinan kejadian seperti AA, AG, GA, dan GG. Jika ditulis dalam bentuk ruang sampel akan menjadi seperti:

S = {AA, AG, GA, GG} dimana n (S) = 4.

Baca juga : Cara Menghitung Diagonal Sisi dan Diagonal Ruang Kubus

Cara Mencari Ruang Sampel Dengan Tabel

Cara menentukan ruang sampel selanjutnya menggunakan tabel. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh soal ruang sampel dibawah ini:

Dua keping logam dilemparkan secara bersama sama. Untuk mencari ruang sampelnya dapat membuat tabel dengan jumlah kolom dan baris sesuai keperluan seperti dibawah ini:

Cara Mencari Ruang Sampel dan Titik Sampel Beserta Contoh Soal
Contoh Soal Ruang Sampel Dengan Tabel

Berdasarkan tabel diatas dapat kita peroleh ruang sampel yaitu
S = {AA, AG, GA, GG} dimana n (S) = 4

Cara Mencari Ruang Sampel Dengan Diagram Pohon

Cara menentukan ruang sampel selanjutnya menggunakan diagram pohon. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan contoh soal ruang sampel dibawah ini:

Dua keping logam dilemparkan secara bersama sama. Untuk mencari ruang sampelnya dapat membuat diagram pohon seperti dibawah ini:

Cara Mencari Ruang Sampel dan Titik Sampel Beserta Contoh Soal
Contoh Ruang Sampel Dengan Diagram Pohon

Berdasarkan diagram pohon diatas dapat kita peroleh ruang sampel yaitu
S = {AA, AG, GA, GG} dimana n (S) = 4

Contoh Soal Ruang Sampel Lainnya

Diketahui beberapa percobaan dibawah ini, tentukan ruang sampelnya?
1. Sebuah dadu dilempar ke atas.
2. Tiga keping uang logam dilempar bersamaan.
3. Dua buah dadu dilempar bersamaan.

Jawab.
1. Sebuah dadu memiliki muka dadu yang bernilai 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Jika dadu tersebut dilemparkan maka akan memiliki ruang sampel yaitu S = { 1, 2, 3, 4, 5, 6}

Baca juga : Rumus Persamaan Garis Lurus Beserta Contoh Soal

2. Tiga keping uang logam dilempar secara bersamaan. Untuk cara mencari ruang sampelnya dapat menggunakan diagram pohon seperti dibawah ini:

Cara Mencari Ruang Sampel dan Titik Sampel Beserta Contoh Soal
Cara Mencari Ruang Sampel

Jadi ruang sampelnya ialah S = {AAA, AAG, AGA, AGG, GAA, GAG, GGA, GGG}.

3. Tiga buah dadu dilempar secara bersamaan. Untuk cara mencari ruang sampelnya dapat menggunakan tabel seperti dibawah ini:

Cara Mencari Ruang Sampel dan Titik Sampel Beserta Contoh Soal
Cara Mencari Ruang Sampel

Jadi ruang sampelnya ialah S = {(1,1), (1,2), (1,3), (1,4), . . ., (6,6)}.

Untuk cara mencari titik sampel, anda hanya tinggal melihat anggota anggota yang terdapat dalam ruang sampel diatas. Sekian penjelasan mengenai cara mencari ruang sampel dan titik sampel, contoh soal ruang sampel serta contoh soal titik sampel. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Baca Juga  Contoh Soal Jajar Genjang, Kunci Jawaban, dan Pembahasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.