Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

April 04, 2017

Cara Install Net Framework 3.5 Offline di Windows 10

Windows 10 merupakan versi windows yang terbaru dan akan terus diupdate untuk memaksimalkan fitur-fitur yang ada dan menghilangkan semua bug-bug dalam system operasi. Dan kini, sistem sistem operasi Windows 10 sudah sangat mumpuni dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya. Karena banyak sekali perubahan yang dilakukan baik dari segi grafis maupun dari segi keamanan.

Namun, adapun permasalahan yang paling sering muncul adalah masalah mengenai Net Framework. Apalagi bagi para gamers, pasti akan mengalami masalah karena belum terinstallnya Net Framework. Karena sebagian besar game memerlukan net framework, jadi ketika ingin memainkan game tersebut terlebih dahulu harus menginstall net framework ini.
cara menginstal net framework 3.5 windows 10 offline

Sebenarnya ada dua cara untuk menginstall net framework 3.5 ini yaitu offline dan online. Namun yang akan saya bagikan adalah cara yang offline saja karena selain menghemat kuota, juga lebih cepat. Anda hanya memerlukan CD/DVD yang Anda gunakan untuk menginstall Windows 10 saja, dan yang akan diambil adalah Folder SXS nya. K

arena yang digunakan untuk menginstall net framework ke dalam Windows 10 adalah file SXS ini, di dalamnya sudah ada file-file yang dibutuhkan, jadi tinggal menggunakan file ini saja.                        

Untuk Anda yang tidak mempunyai Folder SXS nya tenang saja, silahkan ambil dibawah ini sesuai dengan system Anda. Jika 32bit pilih yang x86, dan jika 64bit pilih yang x64. Silahkan langsung download pada link di bawah gambar.

Untuk yang menggunakan CD/DVD/file ISO bisa Anda dapatkan filenya di dalam. Sebagai contoh saya menggunakan file ISO, maka yang harus saya lakukan adalah mount terlebih dahulu file tersebut, lalu kemudian mengambil folder SXS nya yang berada di dalam folder Sources. Lihat gambar.
cara menginstall net framework di windows 10

File Folder SXS Windows 10 32bit (x86)
File Folder SXS Windows 10 64bit (x64)

Jika sudah mempunyai Folder SXS nya, kemudian pindahkan folder SXS ke C. Lalu jika sudah, masuk ke CMD dengan Run Administrator. Ketikkan perintah ini dan tunggu hingga proses install Net Framework 3.5 selesai.
dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\sxs /LimitAccess 
 Jika sudah selesai, maka tampilan pada CMD adalah seperti gambar dibawah ini.

cara install net framework 3.5 di windows 10

Selesai sudah, sekarang Windows 10 Anda sudah tidak lagi ada permasalahan mengenai Net Framework.

Sekedar informasi tambahan saja.

Oh iya, cara ini juga bisa digunakan untuk menginstal Net Framework 3.5 di Windows 8. Namun folder SXS nya berbeda. Jadi, Anda bisa saja menggunakan cara ini dengan syarat mempunyai folder SXS nya Windows 8.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "Cara Install Net Framework 3.5 Offline di Windows 10"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top