8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Beserta Strukturnya

Diposting pada

8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Beserta Strukturnya – Contoh laporan hasil observasi kunjungan industri, penelitian, wawancara dan lain sebagainya merupakan pennggolongan contoh teks laporan hasil observasi berdasarkan kategorinya. Menyambung artikel sebelumnya yang berjudul teks laporan hasil observasi kita akan membahas lebih dalam tentang contoh laporan hasil observasi singkat. Pembahasan kali ini akan kita lakukan secara spesifik dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang teks laporan hasil observasi berbagai tema. Sebelum membahas contoh laporan, kita ingat kembali bahwa teks laporan hasil observasi merupakan teks yang termasuk dalam jenis teks laporan yang bersifat general dan berisikan hasil dari suatu observasi maupun penelitian.

Pada daasarnya teks laporan merupakan sebuah teks yang disusun untuk memenuhi tugas atau penelitian tentang suatu hal. Jika dikaji lebih dalam terdapat banyak sekali contoh teks laporan hasil observasi yang dapat kita pelajari. dan contoh laporan hasil observasi tersebut diklasifikasin menjadi beberapa topik dan sub topik. Yakni laporan hasil observasi kunjungan industri, laporan hasil observasi penelitian, laporan hasil observasi wilayah dan lain sebagainya.

Contoh teks laporan hasil observasi singkat
Contoh teks laporan hasil observasi singkat

Meskipun jenis teks laporan yang satu ini sudah banyak sekali di bahas di kelas. Namun internet benar-benar memberikan kita akses ke berbagai informasi. Dengan bermodal kuota kita bisa mencari contoh laporan berbagai tema. Mengingat banyaknya tema dan kategori kita akan membagi contoh teks laporan hasil observasi menjadi beberapa bagian. Agar tidak terlihat membingungkan saya akan mengklasifikasikan tema laporan hasil observasi tersebut.

Baca Juga: Teks Laporan Hasil Observasi (Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Dan Contoh

8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat Beserta Strukturnya

Banyak sekali ilmu yang bisa kita petik dari pembuatan laporan. Misalnya saja kita bisa mempelajari penggunaan bahasa formal, pemilihan kata, serta format penyusunan informasi. Materi teks laporan hasil observasi sendiri dapat dengan mudah kita temukan di kelas 2 SMP maupun SMA. Sering kali siswa diminta membuat laporan akhir setelah praktikum. Sayangnya, masih banyak dari mereka yang kebingungan bagaimana cara menyusun informasi hasil observasi menjadi sebuah teks singkat, padat dan jelas.

Fenomena ketidaktahuan tersebut bisa disebabkan karena berbagai faktor. Namun semuanya mengarah pada hal yang sama yakni kita kurang memahami struktur teks laporan hasil observasi yang baik dan benar. Oleh karenanya hal pertama yang harus kita pelajari adalah tentang struktur, kaidah kebahasaan, dan ciri ciri dari teks observasi. Untuk ulasan lengkapnya silahkan simak pembahasan di bawah.

Struktur teks laporan hasil observasi

Pada dasarnya terdapat banyak sekali contoh teks laporan hasil observasi yang dapat kita jadikan acuan dalam pembuatan laporan setelah kita melakukan observasi. Dalam membuat teks laporan hasil observasi kita perlu memperhatikan struktur teks laporan hasil oberservasi itu sendiri. Adapun struktur teks laporan hasil observasi terdiri dari definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat.

  1. Definisi umum : Merupakan bagian pada teks laporan hasil observasi yang menjelaskan tentang definisi objek yang kita observasi secara umum.
  2. Deskripsi bagian : hampir sama seperti definisi umum, deskripsi bagian berisi tentang kumpulan deskripsi secara detail tentang hal yang kita observasi.
  3. Laporan manfaat : merupakan bagian inti dan kesimpulan dari contoh teks laporan hasil observasi yang menerangkan tentang manfaat apa yang kita dapat setelah mengamati suatu hal.

Dalam menyusun contoh teks laporan hasil observasi kita juga harus melaporkan data data yang valid dan melampirkan bukti pada bagian lampiran. Jika kita mengambil narasumber maka kita juga harus mencantumkannya pada bagian referensi terkait.

Laporan hasil observasi tentang pohon pisang

Definisi umum
Pohon pisang (musa paradisiaca) adalah tanaman berbentuk terna raksasa dengan batang semu yang permukaannya terlihat bekas pelepah daun.Tinggi pohom ini dapat mencapai 3 meter.Tanaman ini dapat tumbuh di tanah di tanah yang cukup ait pada daerah yang ketinggian sampai 2000 meter di atas permukaan laut.Pisang adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan tumbuhan ini.

Deskripsi bagian
Tumbuhan ini dimanfaatkan semua bagiannya oleh manusia sehingga dianggap sebagai tumbuhan serbaguna.Tumbuhan ini asli berasal dari Asia Tenggara.Bagian-bagian dari tumbuhan ini adalah bonggol pisang, batang pisang, daun pisang, bunga pisang, dan buah pisang.

Deskripsi manfaat
Buah pisang kaya manfaat disamping sebagai sumber vitamin,mineral,karbohidrat bagi tubuh.Pisang juha memiliki manfaat lain yaitu hampir diseluruh tanaman pisang dapat dimanfaatkan.

  1. Buah dapat dimakan langsung tetapi juga dapat dijadikan bahan olahan seperti keripik, sale pisang, dan tepung pisang.
  2. Daun yang masih menggulung dapat dijadikan obat dan daunnya yang sudah tua dapat untuk membungkus makanan.
  3. Batang ketika ditebang akan mengeluarkan getah, getah itu dapat dijadikan obat diare, obat sentri, dan saluran kencing.
  4. Bunga yang berwarna unggu dapat dijadikan sebagai olahan sayuran.

Selain contoh teks laporan hasil observasi pada tumbuhan di atas, masih terdapat banyak sekali contoh laporan hasil observasi lainnya. Seperti contoh teks laporan hasil observasi kunjungan industri, penelitian dan lain sebagainya.

Seringkali kegiatan praktikum yang terdapat di sekolah juga melibatkan penelitian, pengamatan dan observasi. dan di akhir dari praktikum kita akan diminta untuk membuat resensi atau kesimpulan praktikum. Dengan kata lain kita diminta untuk membuat laporan hasil observasi itu sendiri. Berikut adalah contoh teks laporan hasil observasi singkat tentang praktikum pengolahan produk susu.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi / Praktikum Pengolahan Susu

Susu merupakan produk utama dari usaha peternakan sapi perah. Susu memegang peran penting dalam keseimbangan makanan yang kita kenal dengan 4 sehat 5 sempurna. Seiring berjalannya waktu kebutuhan susu terus meningkat diimbangi dengan pertumbuhan penduduk. Di Indonesia hampir 80% kebutuhan susu sapi diambil dari impor negeri lain misalnnya New Zealand, Australia, Belanda. Meskipun demikian ternyata susu bersifat rentan dan tidak tahan lama. Jika tidak segera diolah dan ditangani maka susu pasca panen akan menjadi tidak layak konsumsi dalam jangka waktu tertentu. Oleh karenanya, susu harus di tangani setelah di perah seperti disaring dan di masukkan ke pendingin agar dapat mempertahankan kualitas dari susu tersebut. Untuk langkah penanganan selanjutnya susu harus segera diolah agar tahan lama.

Paragraf pertama dan kedua merupakan definisi umum (latar belakang) dalam contoh teks laporan hasil observasi

Proses pengolahan susu bertujuan agar produk tersebut layak dikonsumsi oleh kita. Pengolahan susu dapat berupa susu pasteurisasi, susu UHT, dan produk susu kental manis. Lebih hebatnya lagi, susu ternyata juga bisa diolah menjadi produk-produk makanan atau minuman yang lain yaitu seperti ice cream, karamel dan yoghurt. Kita ambil contoh ice cream, produk ini merupakan hasil olahan susu yang memiliki cita rasa tinggi dan selalu menjadi kesukaan para konsumen. Dengan adanya olahan susu semacam ini maka dapat menjadi alternatif bagi orang-orang yang kurang suka dengan susu cair.

Karamel yang terbuat dari susu merupakan perpaduan antara susu dengan gula, karamel dapat bertahan hingga 6 bulan lebih. Ini tentunya sangat menguntungkan karena biasanya produk susu terkenal dengan produk yang mudah rusak, dengan adanya pengolahan berupa karamel maka produk susu ini lebih tahan lama/ awet selain karamel susu  Yoghurt juga produk dari olahan susu. yoghurt merupakan produk hasil fermentasi antara sussu denga bakteri yang akhirnya

Paragraf ketiga dalam contoh teks laporan hasil observasi ini berfungsi sebagai definisi spesifik yang menjelaskan tentang alat dan bahan serta proses pembuatan susu

Eskrim atau ice cream merupakan produk olahan yang dihasilkan dari bahan utama susu, pemanis, maupun perasa makananan. Pembuatan ice cream tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Bahan utama yang dibutuhkan hanyalah susu segar, gula sebagai pemanis dan perasa makanan khusus seperti coklat, strawberry, mellon dan lain sebagainya. Dengan dibantu peralatan separator, Timbangan, Kompor, Panci, Pengaduk, Termoneter, Freezer, Mixer, Timbangan digital susu dapat dibuat dan diproduksi secara masal untuk memenuhi kebutuhan pasar.

paragraf terakhir dibawah dalam contoh teks laporan hasil observasi berfungsi sebagai penjelas atau kesimpulan manfaat susu dalam pembuatan ice cream

Manfaat susu dalam pembuatan ice cream memang sudah tidak diragukan lagi. Susu memiliki kalsium tinggi yang akan memperkaya gizi dalam sebuah ice cream. Pembuatan ice cream dari 7000 ml susu yang di separasi menjadi 2000 ml cream  menghasilkan ice cream sebanyak 50 cup. Dari uji organoleptic diatas ice cream memiliki rasa yang enak dengan manis yang pas serta memiliki bertekstur lembut tetapi padat. Hal ini terjadi karena pembekuan adonan es krim dilakukan di dalam kulkas. Sehingga dibutuhkan waktu yang lama agar adonan membeku sehingga adonan menjadi padat kembali.

Es krim yang lembut dihasilkan karena adonan mengembang akibat terperangkapnya udara saat dilakukan mixing. Apabila adonan tidak langsung beku maka udara yang terperangkap akan terlepas kembali. Otomatis hal itu yang menyebabkan es krim menjadi keras/padat walaupun begitu untuk skala kecil dalam pembuatan ice cream seperti ini bisa dikatakan sudah normal dan bagus. Karena ice cream yang memiliki tekstur lembut biasanya diproduksi oleh pabrik-pabrik besar dan terkenal.

Contoh teks laporan hasil observasi yang lebih formal dapat kita temukan pada laporan pengamatan atau penelitian yang umumnya melibatkan proses dalam observasinya. Selain itu teks laporan hasil observasi kunjungan industru juga merupakan bentuk formal dari contoh teks ini.

Anda dapat membaca contoh laporan hasil observasi lain yang tedapat pada artikel selanjutnya yang berjudul 8 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi pada Tumbuhan, Hewan, Alam dan Lingkungan Lengkap

Itulah beberapa contoh dan struktur teks laporan hasil observasi yang dapat kita pelajari. perlu kita ingat bahwa setiap contoh teks laporan hasil observasi singkat memiliki struktur teks dan kaidah kebahasaan. Maka dari itu jangan sampai kita menyusun teks ini dengan struktur yang salah. Mempelajari berbagai contoh dan mencari referensi teks observasi merupakan pilihan tepat ketika kita sedang mengalami masalah menyusun laporan.

4 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *