Definisi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Dan Fungsi Ideologi Pancasila

Diposting pada

Definisi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Dan Fungsi Ideologi Pancasila – Pengertian ideologi menurut para ahli adalah sebuah sistem nilai atau pandangan yang dianggap benar dan adil untuk mengatur segala tatanan kehidupan yang berlangsung. Idelogi sendiri terdiri dari beberapa macam salah satunya adalah ideologi pancasila yang merupakan ideologi terbuka. Pengertian ideologi pancasila sebagai ideologi terbuka dan fungsi ideologi pancasila sendiri pada dasarnya dapat kita temukan dalam materi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN).

Sebelum kita memahami lebih dalam tentang apa itu definisi pancasila sebagai ideologi terbuka, maka terlebih dahulu kita harus memahami jenis jenis atau macam ideologi itu sendiri. Secara garis besar terdapat

Indonesia merupakan Negara yang menganut ideologi demokrasi yang berpegang teguh pada nilai nilai pancasila. Sehingga ideologi ini di indonesia sering disebut dengan ideologi pancasila.

Pengertian ideologi pancasila
Pengertian ideologi pancasila

Pengertian ideologi berdasarkan katanya dapat dibagi menjadi dua yakni “idea” yang berarti ide, pandangan, cita cita, dan pikiran. dan “logos” yang berarti gagasan, ilmu, dan ajaran. yang jika digabungkan definisi ideologi adalah gagasan atau pandangan tentang nilai nilai, ilmu ajaran tentang berbagai tatanan kehidupan. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa fungsi ideologi sendiri yakni sebagai tatanan kehidupan di suatu Negara.

Definisi Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Dan Fungsi Ideologi Pancasila

Dalam artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang apa yang dimaksud ideologi pancasila sebagai ideologi terbuka dan fungsi ideologi pancasila menurut para ahli itu sendiri. Pada dasarnya materi ini memang dapat anda temukan dalam lembar kerja siswa (LKS) pendidikan kewarganegaraan di jenang sekolah menengah baik sma maupun smp.

Baca juga: Pentingnya Menghargai dan Melaksanakan Hak dan Kewajiban Asasi Manusia dalam Lingkungan Masyarakat

Materi ini sendiri akan terbagi menjadi dua bagian yakni definisi ideologi pancasila sebagai ideologi terbuka yang akan membahas tentang pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka yang dianut di Indonesia. Dan Fungsi ideologi pancasila sebagai ideologi terbuka itu sendiri.

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Definisi ideologi pancasila menurut para ahli adalah ideologi demokrasi yang dianut dan dipakai di Negara Indonesia. Maksud dari kalimat ini adalah Indonesia merupakan negara demokrasi yang bebas namun tanpa meninggalkan ideologi pancasila itu sendiri sebagai dasar Negara.

Sedangkan pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka adalah segala bentuk keterbukaan yang terdapat dalam proses demokrasi di Indonesia bersumber dan harus sesuai dengan norma norma yang telah diatur dalam pancasila. Pancasila merupakan dasar negara yang dijadikan sebagai ideologi, maka ideologi ini hanya dianut oleh Negara Indonesia saja. Ideologi pancasi memberikan kebebasan dalam berpendapat maupun bertindak selama tindakan tersebut sesuai dengan asas dan norma yang berlaku, seperti yang telah kita bahas dala artikel sebelumnya yang berjudul 5 Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia.

Jika kita tarik dari sudut pandang terminologi, perumusan pancasila sebagai ideologi terbuka dimulai pada tahun 1945. Tepatnya tanggal 01 juni dimana dalam sidang yang diselenggarakan oleh badan penyelidik usaha persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dirumuskan bahwa pancasila memiliki lima asas dasar yang dijadikan dasar Negara. Setelah kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945. Keesokan harinya tepatnya tanggal 18 agustus 1945 disahkan Undang Undang Dasar 1945 yang didalamnya memuat tentang dasar negara beserta lima prinsip dasar negara tersebut. Sehingga sejak itu pancasila juga merangkap fungsi sebagai ideologi terbuka yang dianut oleh Negara Indonesia.

Definisi pancasila sebagai ideologi terbuka
Definisi pancasila sebagai ideologi terbuka

Jika kita perhatikan lebih seksama, pengertian pancasila sebagai ideologi terbuka mengarah pada hal yang sama, yakni pengertian pancasila secara umum. Para ahli yang memberikan definisi pancasila sebagai ideologi terbuka seperti soejono soekanto maupun destutt de tracy mengerucut pada pernyataan yang sama yakni ideologi merupakan gagasan, atau pandangan yang akhirnya dijadikan perdoman dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Fungsi Ideologi

Setiap komponen negara pastinya memiliki fungsi tersendiri. Begitu juga dengan ideologi pancasila sebagai salah satu komponen penting negara yang berdaulat. Setelah mengetahui pengertian ideologi pancasila menurut para ahli diatas kita dapat menarik kesimpulan. Bahwa fungsi ideologi pancasila sebagai ideologi terbuka adalah sebagai berikut:

Struktur kognitif

Sebagai landasan pengetahuan untuk menafsirkan dan memahami kejadian kejadian yang terdapat pada sebuah negara maupun lingkup dunia. Penafsiran ini hanya berlaku untuk masyarakat Indonesia saja yang menganut ideologi pancasila.

Orientasi dasar

Untuk membuka wawasan dasar maupun pengetahuan yang dapat memberikan sebuah arti dan memberikan petunjuk tujuan utama fase kehidupan manusia dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Menjadi norma masyarakat

Ideologi berfungsi sebagai norma norma yang menjadi sebuah pedoman utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sehingga setiap hukum yang dibuat harus berlandaskan pada pancasila.

Identitas

Setiap negara sudah pasti memiliki identitas masing masing. Misalnya saja thailand dengan simbol gajah, begitu juga dengan malaysia dengan simbol macan. Sedangkan Indonesia bersimbolkan burung garuda yang ditengahnya terdapat perisai berisi pancasila. Maknanya Ideologi berfungsi sebagai identitas suatu Negara, kelompok, maupun individu.

Sebagai penyemangat dan motivasi

Ideologi juga digunakan sebagai sebuah penyemangat dan motivasi yang mampu mendorong seorang individu atau kelompok untuk melangkah maju menghadapi tantangan menuju tujuannya.

Itulah definisi ideologi pancasila sebagai ideologi terbuka dan fungsi ideologi pancasila yang dapat saya sampaikan dalam artikel kali ini. Selalu ingat bahwa anda dapat menemukan materi ideologi pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN). Secara kesimpulan, ideologi adalah norma-norma dan tatanan kehidupan yang berlaku dan dijadikan sebagai pedoman dalam berbangsa dan bernegara. Meskipun ideologi tidak terlihat, namun sebagai warga negara kita harus hormat dan patuh terhadap ideologi ini. Ketidak patuhan terhadap ideologi dapat menyebabkan sebuah pelanggaran. Sama seperti yang telah kita bahas dalam artikel yang berjudul 18 Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *