Anto Tunggal

Ilmu Komputer dan Desain Grafis

July 28, 2017

5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat beserta Strukturnya

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat artikel mengenai contoh teks eksplanasi yang singkat. Untuk melengkapi artikel ini, akan saya sertakan pula dengan pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi. Semoga dengan adanya artikel yang saya buat ini, Anda jadi lebih mengerti tentang apa itu teks eksplanasi dan juga tahu bagaimana bentuk contoh teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang suatu proses, tepatnya membahas tentang Mengapa dan Bagaimana. Eksplanasi berasal dari kata explain yang berarti tindakan menjelaskan atau menerangkan sebuah pernyataan, dengan ini dapat kita simpulkan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang pembahasannya seputar topik Mengapa dan Bagaimana. Yang dibahas dalam teks eksplanasi biasanya meliputi suatu kejadian alam atau kejadian di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah kejadian yang terjadi di sekitar kita, tanpa kita sadari selalu memiliki hubungan sebab akibat dalam proses-prosesnya. Peristiwa itu bukan hanya untuk kita rasakan saja, melainkan untuk kita pelajari juga dengan menggunakan teks eksplanasi ini.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi antara lain pernyataan umum, deretan penjelas (sebab akibat), dan interpretasi. Apakah Anda sudah mengerti apa maksud dari struktur-struktur tersebut? Jika belum, silahkan simak penjelasan di bawah ini:
  • Pernyataan Umum : Bagian pertama teks eksplanasi yang berisi tentang penyampaian topik permasalahan yang dibahas. Pada struktur ini berisi tentang gambaran Mengapa dan Bagaimana sebuah peristiwa dapat terjadi. 
  • Deretan Penjelas (Sebab Akibat) : Bagian yang berisi tentang hubungan sebab dan akibat suatu peristiwa yang akan disusun urut dari awal sampai akhir.
  • Interpretasi : Bagian penutup yang berisi tentang kesimpulan dari peristiwa yang terjadi.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Ciri-ciri teks eksplanasi akan membuat teks ini beda dari teks lainnya, adapun ciri-ciri teks eksplanasi adalah sebagai berikut ini:
  • Informasi yang terdapat dalam teks eksplanasi berdasarkan peristiwa yang sebenarnya (fakta).
  • Pokok bahasan teks eksplanasi bersifat keilmuan atau ilmu pengetahuan.
  • Bersifat informatif dan tidak berusaha memengaruhi pembaca untuk percaya terhadap informasi yang dibahas.
  • Terdiri dari pernyataan umum, sebab akibat, dan interpretasi.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks eksplanasi:
  • Menggunakan istilah ilmiah.
  • Menggunakan kata kerja material dan relasional.
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausal.
Contoh Teks Eksplanasi Singkat beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi beserta Strukturnya

Setelah mengetahui tentang penjelasan teks eksplanasi, berikut ini adalah kumpulan contoh teks eksplanasi singkat yang bisa Anda jadikan untuk bahan untuk belajar. Saya akan memberikan contoh teks eksplanasi ini beserta strukturnya, agar Anda bisa memahami lebih dalam lagi.

1. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Banjir

Pernyataan Umum
Banjir merupakan luapan air dengan debit besar yang menggenang dan menerjang daratan sebuah daerah. Air tersebut kemudian masuk ke pemukiman warga karena sungai sudah tidak bisa menampung air yang terlalu besar. Banjir merupakan gejala alam yang berdampak langsung terhadap kehidupan manusia, baik secara fisik maupun mental.

Deretan Penjelas
Terjadinya bencana banjir, bisa disebabkan oleh alam ataupun manusia. Untuk faktor alam, biasanya terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi dan letak geografis lebih rendah dari permukaan laut. Sedangkan faktor manusia karena penebangan hutan secara liar, buang sampah sembarangan yang menyebabkan air tidak mengalir lalu meluap dan menggenang pemukiman warga.

Banyak kerugian karena bencana banjir, mulai dari peternakan, perkebunan, sampai sawah semua bisa mengalami keriguan yang besar. Semua sarana rumah tangga dan masyarakat hanyut terbawa arus air yang deras. Bahkan tidak sedikut juga nyawa manusia yang ikut hanyut hingga melayang menghadap Tuhan yang Maha Esa.

Interpretasi
Banjir bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi manusia, bahkan dapat menyebabkan kematian pula. Untuk itu, kita sebagai manusia lakukan hal-hal positif yang bisa meminimalisir terjadinya banjir. Dimulai dari hal-hal kecil, yaitu membuang sampah pada tempatnya. Lakukan juga pembuatan lubang serapan air untuk menyerap air ketika sedang hujan deras. Dengan melakukan hal-hal kecil semacam ini, maka kemungkinan akan terjadi banjir akan berkurang.

2. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Gerhana Bulan

Pernyataan Umum
Gerhana bulan adalah fenomena alam yang terjadi apabila bulan beroposisi dengan matahari. Namun oposisi bulan dengan matahari tidak selalu menghasilkan gerhana bulan karena kemiringan bidang orbit bulan terhadap bidang eklpitika adalah 5 derajat. 

Akan ada saat dimana terjadi perpotongan bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika yang kemudian akan memunculkan dua titik yang biasa disebut dengan node, dan gerhana bulan akan terjadi apabila bulan beroposisi dengan node tersebut. Perlu diketahui, butuh waktu sekitar 29,53 hari sampai bulan bergerak dari satu titik ke titik oposisi lainnya.

Deretan Penjelas
Ketika terjadi gerhana bulan, terkadang penampakan bulan masih disa dilihat. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari masih ada yang tersisa, kemudian berbelok menuju arah bulan oleh atmosfer bumi. Sinar matahari yang dibelokkan itu memiliki spektrum cahaya kemerahan, itulah alasan kenapa saat terjadi gerhana bulan tampilan bulan akan terlihat gelap.

Karena gerhana bulan ini adalah fenomena yang indah dan langka. Banyak orang yang mengabadikan momen ini, walaupun terkadang terlihat gelap gulita. Kita dapat menikmati gerhana bulan tanpa kaca mata alias dengan mata telanjang, karena tidak akan bahaya sama sekali.

Interpretasi
Ketika bayangan bumi menutupi sebagian atau seluruh penampang bulan, saat itulah terjadi fenomena alam gerhana bulan, Terlebih ketika bumi menempati posisi antara matahari dan bulan, dan berada pada satu garis lurus yang sama, kemudian akan membuat sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena dihalangi posisi bumi.

3. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Tawuran Pelajar

Pernyataan Umum
Tawuran pelajar adalah peristiwa bentrol yang dilakukan oleh para pelajar. Aksi tawuran biasanya dilakukan karena adanya konflik yang terjadi antar pelajar. Tawuran pelajar terbagi menjadi beberapa macam, pertama tawuran besar yaitu yang melibatkan sekelompok pelajar yang bentrok dengan sekelompok pelajar yang lain, kedua tawuran antar basis yaitu bertemunya basis yang saling bermusuhan, ketika tawuran yang melibatkan warga yaitu warga terlibat membela anaknya dalam aksi tawuran.

Deretan Penjelas
Tawuran antar pelajar biasanya hanya disebabkan oleh masalah kecil saja, namun karena mereka terlalu terburu-buru dan tidak mau berpikir dengan kepala dingin akhirnya memutuskan untuk mengambil jalan pintas yaitu dengan aksi tawuran. Penyebab lain tawuran antar pelajar adalah dendam terdahulu, maksudnya adalah dari zaman dahulu sekolah tersebut memang sudah bermusuhan dan hingga sekarang tetap mendarah daging.

Aksi tawuran pelajar sangat membahayakan, banyak tawuran yang berujung kematian. Tawuran juga menyebabkan benda-benda di sekitar lokasi menjadi rusak, bahkan kendaraan bermotor pun ikut menjadi sasaran amukan pelajar. Dalam aspek mental, tawuran akan menyebabkan trauma pada korban, merusak mental generasi muda, dan dapat menurunkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Interpretasi
Dibalik aksi tawuran pelajar, pasti ada salah satu pihak yang melakukan adu domba. Untuk menghindari aksi tawuran yang kedua kalinya, sebaiknya guru masing-masing sekolah mencari orang yang menyebabkan tawuran tersebut dan diberi sanksi yang sesuai. Agar menambah rasa kapok, lakukan bimbingan kepada seluruh siswa yang ikut tawuran. Dengan melakukan hal ini, setidaknya banyak siswa yang kapok dan meminimalisir terjadinya tawuran.

4. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Pelangi

Pernyataan Umum
Pelangi adalah peristiwa optik dan meteorologi berupa cahaya warna-warni di langit. Pelangi terlihat seperti busur cahaya yang ujungnya mengarah ke cakrawala saat hujan ringan. Pelangi juga bisa dilihat di air terjun, karena biasanya di sekitar air terjun akan muncul pelangi.

Deretan Penjelas
Pelangi terbentuk karena adanya pembiasan cahaya matahari yang dibelokkan ke arah lain dari medium satu ke medium lainnya oleh tetesan air di atmosfer. Saat cahaya matahari melewati tetesan air, maka cahaya tersebut akan di bengkokkan sehingga akan membuat warna-warna tersebut berpisah dengan sendirinya. Setiap warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda sehingga akan memberikan warna yang indah. Warna yang akan pertama dibelokkan adalah warna ungu, sedangkan warna terakhir adalah warna merah serta akan menyusul warna pelangi lainnya yaitu jingga, kuning, hijau, biru dan nila maka terlihat warna pelangi secara utuh yang disebabkan oleh geometri optik dalam proses penguraian warna.

Interpretasi
Pelangi hanya dapat dilihat ketika hujan bersamaan dengan matahari bersinar tetapi dari sisi yang berlawanan dengan kita. Posisi kita harus berada di antara matahari dan tetesan air dengan matahari di belakang kita. Mata kita dan pusat busur pelangi harus berada dalam satu garis lurus.


5. Contoh Teks Eksplanasi Tentang Media Sosial

Pernyataan Umum
Media sosial adalah sarana pergaulan secara online yang sangat modern dimana para penggunanya dapat dengan mudah mencari teman baru, membagikan berita, mengirim pesan, dan aktivitas lainnya tanpa ribet. Media sosial sangat banyak sekali manfaatnya antara lain berbagi informasi, berekspresi, bahkan curhat. Zaman modern curhatnya sudah lewat online, lewat status facebook. Media sosial sudah sangat menyatu dengan kehidupan nyata, rasanya akan gimana gitu kalau satu hari tanpa media sosial. Bangun tidur buka media sosial, mau makan upload foto ke media sosial, mau tidur buat status di media sosial. Anak balita, remaja, hingga orang tua semua aktif menggunakan sosial media.

Media sosial banyak jenisnya, yang paling populer dan banyak digunakan di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, Path, Ask Fm, Pinterest, Flickr. Untuk media sosial khusus chatting adalah BBM, Line, dan WhatsApp.

Deretan Penjelas
Perkembangan teknologi adalah salah satu penyebab populernya media sosial. Munculnya smartphone misalnya, sekarang ini hampir semua orang punya smartphone yang bisa digunakan untuk mengakses media sosial. Dengan ini, tentu akan semakin menambah jumlah pengguna media sosial di Indonesia. Indonesia termasuk negara yang paling aktif menggunakan media sosial, mereka sudah seperti kecanduan dan tidak tahan apabila sebentar saja meninggalkan media sosial.

Media sosial menyimpan banyak manfaat, dengan banyak media sosial yang bisa menjangkau seluruh negara, kita bisa menggunakannya untuk promosi dagangan secara online, sehingga kita bisa memiliki banyak orang untuk menjadi target promosi. Namun dibalik itu semua, media sosial juga memiliki sisi negatifnya. Sangat banyak media sosial yang berisi konten khusus (terlarang). Itu semua merupakan bentuk penyalahgunaan media sosial. Aksi saling ejek, bully, penipuan, dan pencemaran nama baik juga merupakan penyalagunaan media sosial.

Berita hoax juga merupakan salah satu penyalahgunaan media sosial yang sangat merugikan. Bagaimana tidak, banyak orang yang tertipu dengan berita tersebut. Berita hoax biasanya dibuat oleh orang yang mau mengadu domba, ini hanya dilakukan oleh orang yang kurang kerjaan saja. Padahal sangat banyak manfaat media sosial yang dapat dipetik, tapi mereka malah memilih jalan yang salah yaitu menipu orang dengan berita hoax.

Interpretasi
Marilah menggunakan media sosial dengan bijak, manfaat media sosial hanya dapat diambil oleh orang yang bijaksana. Manfaat media sosial tidak hanya sebatas komunikasi semata, melainkan juga mempermudah aktivitas di berbagai bidang seperti pendidikan atau perekonomian. Namun penyalahgunaan yang sangat disayangkan, media sosial yang harusnya diambil manfaatnya malah disalahgunakan fungsinya. Jangan sampai kita rugi sendiri dan merugikan orang lain. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, berhati-hatilah dalam menggunakan media sosial.

Mungkin hanya ini saja artikel tentang contoh teks eksplanasi singkat beserta syrukturnya. Semoga artikel yang membahas pengertian teks eksplanasi, struktur teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, dan kaidah kebahasaan teks eksplanas ini bisa menambah wawasan kita semua.
Terima kasih.
Rekomendasi Untuk Anda × +
0 Komentar untuk "5 Contoh Teks Eksplanasi Singkat beserta Strukturnya"

Silahkan berkomentar

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top