Pengertian dan Bentuk Analisis Kebijakan Publik Terlengkap

Diposting pada

Pengertian dan Bentuk Analisis Kebijakan Publik Terlengkap Kebijakan ialah pernyataan atau rencana kegiatan yang memiiliki tujuan untuk diajukan kapada partai politik, pemerintahan dan sebagainya. Adapula yang mengartikan kebijakan sebagai pernyataan yang berisi kontrak penjaminan secara tertulis. Kebijakan ini tidak lepas dengan adanya publik dan analisis. Lalu apa sebenarnya analisis kebijakan publik itu? Apa saja bentuknya? Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian analisis kebijakan publik dan bentuk analisis kebijakan publik. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak dibawah ini.

Pengertian dan Bentuk Analisis Kebijakan Publik Terlengkap
Analisis Kebijakan Publik

Pengertian dan Bentuk Analisis Kebijakan Publik Terlengkap

Pengertian analisis kebijakan publik ialah sebuah teknik dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan banyak orang secara garis besar (tataran strategis) yang berasal dari pemegang otoritas publik. Kebijakan publik ini berhubunan dengan rakyat atau publik sehingga segala bentuk keputusan yang diambil harus mementingkan kepentingan publik dengan otoritas politik yang tinggi. Kebijakan ini dijalankan oleh birokrasi pemerintahan dengan pelaksananya ialah administrasi negara. Kebijakan publik pada sebuah negara modern berfokus pada pelayanan publik yang berguna agar kualitas kehiduan rakyatnya menjadi meningkat dan lebih berkembang lagi.

Baca juga : Perbedaan Demokrasi dan Komunisme Lengkap

Dalam kebijakan publik terdapat istilah mengenai terminologi. Terminologi pada kebijakan publik merupakan wujud pelaksanaan peraturan perundang udangan secara luas dalam lingkup struktur pelaksana dan anggaran. Kebijakan publik ini juga memiliki siklus tertentu seperti pembuatan kebijakan, evaluasi kebijakan dan pelaksanaan kebijakan. Siklus ini digunakan untuk membuat sebuah keputusan sesuai dengan pengertian analisis kebijakan publik di atas. Selain itu terminologi kebijakan tersebut dapat diartikan sebagai tindakan dan pilihan yang diambil dari beberapa alternatif yang tersedia. Dengan begitu dari semua pilihan yang ada telah dipertimbangkan lebih lanjut untuk memperoleh pilihan yang tepat dan terbaik.

Selanjutnya adapula beberapa pengertian analisis kebijakan publik berdasarkan pendapat para ahli. Berikut penjelasan selengkapnya:

Charles Lindblom
Pengertian analisis kebijakan publik menurut Charles Lindblom ialah akademisi kebijakan yang berhubungan dengan pengambilan sebuah keputusan dari beberapa pilihan yang tersedia. Selain itu beliau juga berpendapat bahwa terminologi publik merupakan penjabaran luas untuk pendefinisian hal tertentu secara luar biasa.

William N. Dunn (2000)
Pengertian analisis kebijakan publik menurut William N. Dunn (2000) ialah kedisiplinan dalam ilmu sosial terapan yang berguna untuk menghasilkan serta memindahkan informasi dari beberapa metode argumen dan penelitian dalam bentuk kebijakan. Dengan begitu dapat bermanfaat untuk memecahkan masalah perihal kebijakan dalam tingkat politik.

Weimer and Vining, (1998:1)
Pengertian analisis kebijakan publik menurut Weimer and Vining, (1998:1) ialah bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan publik yang isinya alternatif kebijakan yang dapat diambil sesuai dengan nilai nilai tujuan kebijakan, masalah yang dihadapi nantinya dan tugas organisasi publik dalam memecahkan masalah tersebut. Dengan kata lain analisis kebijakan ini digunakan untuk memberikan saran kepada para pembuat kebijakan agar masalah masalah publik yang dihadapi dapat diselesaikan.

Baca juga : Pengertian Negara Hukum, Ciri Ciri dan Unsurnya Lengkap

Bentuk Bentuk Analisis Kebijakan Publik

Selanjutnya saya akan membahas tentang bentuk bentuk kebijakan publik. Berdasakan pendapat Dunn, kebijakan publik dapat dibagi menjadi tiga bentuk yaitu:

Analisis Kebijakan Prospektif
Bentuk analisis kebijakan publik yang pertama ialah analisis kebijakan prospektif. Bentuk analisis kebijakan ini berupa transformasi dan produksi dari informasi kebijakan yang dilakukan sebelum pelaksanaan implementasinya. Analisis kebijakan tersebut berupa alat yang digunakan untuk memadukan informasi yang ada untuk membuat alternatif kebijakan secara komparatif, kualitatif dan kuantitatif.

Analisis Kebijakan Retrospektif
Bentuk analisis kebijakan publik selanjutnya ialah analisis kebijakan retrospektif. Analisis kebijakan retrospektif ialah transformasi dan pembuatan informasi setelah menjalankan kebijakannya. Analisis kebijakan ini dikembangkan menjadi beberapa tipe kelompok kegiatan seperti:

  • Analisis yang orientasinya mengarah pada kedisiplinan.
  • Analisis yang orientasinya mengarah pada masalah.
  • Analisis yang orientasinya mengarah pada aplikasinya.

Tipe kelompok diatas pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Analisis Kebijakan yang Terintegrasi
Bentuk analisis kebijakan publik yang terakhir ialah analisis kebijakan yang terintegrasi. Bentuk analisis kebijakan ini merupakan gabungan dari para praktisis dalam menggunakan gaya operasi dalam mentransformasi dan menciptakan informasi sebelum dan sesudah pengambilan tindakan kebijakannya.

Selain pengertian analisis kebijakan publik dan bentuk analisis kebijakan publik, adapula proses analisis kebijakannya. Proses analisis kebijakan publik bermula pada kesadaran pelaku kebijakan akan adanya kekecewaan dan kesulitan dalam merumuskan sebuah nilai, kebutuhan dan kesempatan yang diambil. Analisis kebijakan publik dilakukan dengan beberapa prosedur yang ada seperti:

  • Perumusan Masalah (Definisi)
  • Peramalan (Prediksi)
  • Rekomendasi (Preskripsi)
  • Pemantauan (Deskripsi)
  • Evaluasi

Sekian penjelasan mengenai pengertian analisis kebijakan publik dan bentuk analisis kebijakan publik. Analisis kebijakan publik ialah sebuah teknik dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan banyak orang secara garis besar (tataran strategis) yang berasal dari pemegang otoritas publik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *