12 Contoh Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Terlengkap

Diposting pada

12 Contoh Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Terlengkap – Siapa yang tidak kenal dengan istilah pengumuman. Pengumuman tersebut dapat kita jumpai di pusat perbelanjaan, sekolah, maupun di jalan. Tetapi apakah anda mengetahui apa pengertian pengumuman itu? Pengumuman dapat diartikan sebagai sebuah penyampaian pesan yang ditujukan untuk umum atau masyarakat luas sehingga masksud dan tujuan dari pesan tersebut dapat diketahui. Pada dasarnya dalam pengumuman Bahasa Indonesia dapat bersifat resmi maupun tidak resmi.

Bagaimana contoh pengumuman resmi yang benar? Bagaimana contoh pengumuman tidak resmi itu? Seperti yang telah kita ketahui bahwa pengumuman secara umum dapat dibagi menjadi dua yakni pengumuman resmi dan pengumuman tidak resmi. Kedua jenis pengumuman ini berbeda satu sam lain, baik dari segi pengertian, ciri ciri hingga contoh di dalamnya.

Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi
Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi

Pengumuman Bahasa Indonesia dapat disampaikan dalam bentuk tulisan maupun lisan. Namun pengumuman tersebut harus disampaikan dengan jelas sehingga mudah dipahami dan dimengerti. Bahasa yang digunakan dalam pengumuman juga harus komunikatif dan efektif sehingga pembaca/pendengarnya tidak kebingungan akan isi pesan tersebut. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa pengumuman dapat di bagi menjadi dua jenis yakni pengumuman resmi dan pengumuman tidak resmi. Nah dalam pembahasan kali ini saya akan membagikan contoh pengumuman Bahasa Indonesia terlengkap, baik yang bersifat resmi maupun tidak resmi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

12 Contoh Pengumuman Resmi dan Tidak Resmi Bahasa Indonesia Terlengkap

Kalimat dalam contoh pada pengumuman resmi dan pengumuman tidak resmi harus efektif sehingga menggunakan kata kata yang jelas, singkat dan padat. Dengan begitu teks pengumuman tersebut dapat dicermati dan diamati sesuai dengan konteksnya. Lalu apa itu pengumuman yang bersifat resmi? Apa itu pengumuman tidak resmi?

Baca juga : Pengertian Poster, Tujuan, Fungsi dan Jenis Jenisnya

Pengertian pengumuman resmi ialah pengumuman yang berisi sesuatu hal dan dapat dipertanggung jawabkan secara undang undang dan hukum oleh pembuatnya. Sedangkan pengumuman tidak resmi ialah pemberitahuan informasi tertentu dengan sasaran dan cakupan umum yang sifatnya dimanis. Jika ditinjau dari pengertiannya, maka dapat disimpulkan bahwa contoh pengumuman resmi dan contoh pengumuman tidak resmi sangatlah berbeda.

Hal ini dikarenakan pengumuman yang bersifat resmi menggunakan beberapa ketentuan khusus yang perlu diperhatikan seperti kaidah dalam penulisan dan sebagainya. Sedangkan dalam pengumuman yang bersifat tidak resmi biasanya tata cara pembuatannya tidak memiliki aturan yang khusus. Pengumuman yang tidak resmi tersebut lebih cenderung kepada aspek efektifitas esensial dan komunikastif dari teksnya.

Sebelum saya membagikan beberapa contoh pada pengumuman tidak resmi dan resmi. Maka saya akan menjelaskan beberapa sistematika dan bagian bagian dari penguuman resmi yaitu meliputi:

  1. Kop Surat (jika ada) disertai dengan lambang atau logo instansi yang berkaitan.
  2. Judul Surat
  3. Nomor Surat
  4. Kalimat Pembuka
  5. Isi Pengumuman
  6. Kalimat Penutup
  7. Tanggal Pembuatan dari Pengumuman
  8. Penanggung Jawab atau Identitas Pembuat Pengumuman

Contoh Pengumuman Resmi

Pengumuman resmi merupakan sebuah pengumuman yang dibuat menggunakan header yang mirip dnegan kop surat. Umumnya pengumuman resmi akan dikeluarkan oleh sebuah instansi perkantoran ataupun organisasi dengan mencantumkan namanya dalam kop tersebut. Berikut adalah salah satu contoh pada pengumuman resmi sekolahan yang bisa kita pelajari:

Sekolah Menengah Atas Negeri II
Jalan Permata Indah No. 22 Purworejo Kecamatan Purworejo Kabupaten Wonosobo
____________________________________________________________________________

PENGUMUMAN

Kepada seluruh siswa dan siswi SMA Negeri II diberitahukan bahwa untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 71. Maka pihak sekolah akan menyelenggarakan kegiatan Jalan Sehat, pada:
Hari/Tanggal : Jumat, 15 Agustus 2018
Pukul             : 08.00 s/d selesai
Tempat          :SMA Negeri II Purworejo

Mengingat kegiatan tersebut sangat penting, maka semua siswa diwajibkan agar mengikuti kegiatan Jalan Sehat ini.

Purworejo, 11 Agustus 2018
Kepala Sekolah

(Tanda Tangan)
 Budi Setiawan, M.Pd.

Baca juga : Contoh Kata Sandang Bahasa Indonesia Beserta Pengertian dan Macamnya

Contoh Pengumuman Tidak Resmi

Selain contoh pengumuman resmi di atas, adapula contoh tentang pengumuman tidak resmi. Pengumuman tidak resmi berbeda dengan resmi, pengumuman ini tidak memiliki kop surat. Semua orang bisa membuat pengumuman tidak resmi karena surat ini tidak memerlukan kop seperti halnya pengumuman resmi. Berikut adalah contoh pengumuman tidak resmi tentang orang hilang yang bisa kita pelajari:

PENGUMUMAN ORANG HILANG

DICARI!! Telah hilang anak berusia 15 tahun sejak 17 Februari 2018 atas nama “NUR AZIZAH ROHMAH”, dengan ciri ciri:

  1. Berkulit sawo matang
  2. Rambut keriting
  3. Mengenakan baju berwarna biru dan celana hitam ketika pergi dari rumah
  4. Di bagian pergelangan tangan terdapat tanda lahir

Bagi yang melihatnya, maka segera hubungi contact yang ada di bawah ini:
Contact : 089777265212
Email    : [email protected]

Contoh Pengumuman Bahasa Indonesia

SMK Negeri 2 Pajang Lampung
Jalan Raya Pajang Bukit No. 19 Bandar Lampung Telp. 0721 321 881
____________________________________________________________________________

PENGUMUMAN

Sehubungan pada tanggal 20 Maret 2018 SMK Negeri 2 Pajang Lampung akan memperoeh kunjungan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi mendatang. Maka semua pihak diharapkan untuk ikut serta dalam upacara penyambutan yang akan diselenggarakan. Acara penyambutan untuk kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi akan diselenggarakan pada tanggal 20 Maret 2018 di Gedung Serba Guna (GSG) pada pukul 09.00 WIB s/d Selesai. Acara penyambutan tersebut secara teknis dan pelaksanaannya akan diserahkan kepada OSIS sepenuhnya.

Masing masing kegiatan/organisasi ekstrakulikuler dihimbau untuk mendelegasikan wakilnya minimal 3 (tiga) orang kepada OSIS agar menjadi perwakilan kepanitiaan terkait susunan panitia acara penyambutan. Kemudian kepada OSIS di himbau untuk segera menyerahkan susunan acara dan daftar kepanitiaan dalam penyambutan paling lambat satu hari sebelum acara penyamburan kepada Wakil Kepala Sekolah.

Demikianlah pengumuman yang bisa saya sampaikan agar dijalankan dan dimaklumi dengan baik. Terima kasih.

Purworejo, 11 Agustus 2018
Wakil Kepala Sekolah

(Tanda Tangan)
Mahmudi, M.Pd.

Contoh Pengumuman Bahasa Indonesia

SMK Negeri 02 Mojokerto
Jalan Pahlawan No. 42 Mojokerto Telp. 0721 333 125
____________________________________________________________________________

PENGUMUMAN

Diberitahukan kepada siswa dan siswi SMK Negeri 02 Mojokerto seluruhnya. Untuk menyikapi isu yang beredar di kalangan sekolah bahwa kegiatan belajar mengajar akan diliburkan karena berlangsungnya renovasi atap kelas, maka saya menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar. Meskipun sedang berlangsung renovasi atap kelas, kegiatan belajar mengajar akan tetap diadakan seperti biasa. Ruang belajar akan dipindahkan ke Gedung Serba Guna (GSG) sekolah sebagai solusi yang masuk akal. Masing masing wali kelas akan menjelaskan pembagian ruang secara teknik dan sebagainya sejelas jelasnya.

Baca juga : 6+ Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Indonesia Singkat Terbaik

Demikianlah pengumuman yang dapat saya sampaikan agar dapat di maklumi dengan sebenar benarnya. Sekian dan terima kasih.

Purworejo, 12 Februari 2018
Wakil Kepala Sekolah

Demikianlah beberapa contoh pengumuman Bahasa Indonesia terlengkap, baik resmi maupun tidak resmi. Pengumuman resmi dan pengumuman tidak resmi pada dasarnya memiliki struktur penulisannya masing masing karena penggunan kata katanya pun juga berbeda beda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi pengumuman resmi dan tidak resmi di atas.

Baca Juga  Jenis dan Contoh Konjungsi Temporal Beserta Penjelasannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.