Pengertian Kalimat Inversi dan Kalimat Versi Beserta Contoh

Diposting pada

Pengertian Kalimat Inversi dan Kalimat Versi Beserta Contoh – Kalimat ialah sebuah gambaran yang bentuknya tulisan atau lisan sehingga berupa sekumpulan kata yang memiliki intonasi dalam tujuan atau pesan tertentu. Kalimat menurut susunan letak predikatnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis seperti kalimat inversi dan kalimat versi. Apa pengertian kalimat versi itu? Apa yang dimaksud kalimat inversi? Apa saja ciri ciri kalimat inversi itu? Bagaimana contoh kalimat inversi? Bagaimana contoh kalimat versi? Kedua jenis kalimat Bahasa Indonesia ini memiliki perbedaan dalam segi pola kalimatnya. Untuk itulah pola kalimat inversi dan pola kalimat versi berbeda satu sama lain.

Dalam Bahasa Indonesia pada umumnya terdapat susunan kalimat yang terbentuk dari unsur Subjek (S), Predikat (P), Objek (O), Keterangan (K), dan Pelengkap (Pel). Susunan unsur kalimat ini akan menghasilkan pola seperti SPO, SPOK, POK, SPOKPel dan sebagainya. Dari susunan pola kalimat ini menghasilkan kalimat versi dan inversi. Pengertian kalimat versi ialah jenis kalimat yang memiliki pola SPOK, sedangkan pengertian kalimat inversi ialah jenis kalimat yang predikatnya diletakkan sebelum subjeknya. Bisa jadi pola kalimat inversinya PSOK, PSO, dan sebagainya. Yang terpenting letak predikat sebelum subjeknya. Inilah yang menjadi ciri ciri kalimat inversinya.

Pengertian Kalimat Inversi dan Kalimat Versi Beserta Contoh
Kalimat Inversi dan Versi

Kalimat inversi merupakan jenis kalimat yang unsurnya tidak biasa disusun sebagaimana kalimat pada umumnya. Sedangkan untuk kalimat versi merupakan kalimat yang penyusunan unsurnya biasa atau sebagaimana mestinya. Misalnya saja Kakak membaca buku di teras. Dalam kalimat ini terdapat susunan unsur seperti Kakak sebagai subjek, membaca sebagai predikat, buku sebagai objek dan di teras sebagai keterangan. Dari sini terlihat susunan kaliat SPOK, maka dari itu jenis kalimatnya termasuk dalam inversi. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengertian kalimat inversi, pengertian kalimat versi, ciri ciri kalimat inversi, contoh kalimat inversi dan contoh kalimat versi. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Kalimat Inversi dan Kalimat Versi Beserta Contoh

Kita tahu bahwa kalimat inversi dan kalimat versi dibedakan berdasarkan susunan unsur di dalamnya. Untuk kategori kalimat versi memiliki unsur kalimat yang polanya berurutan. Sedangkan untuk kategori kalimat inversi memiliki susunan kalimat yang polanya tidak biasa. Hal ini dikarenakan letak predikatnya mendahului subjeknya. Misalnya saja dibelikannya Adik mainan baru oleh Ayah kemarin. Dari sini terlihat pola kalimat seperti dibelikannya sebagai predikat, Adik sebagai subjek, mainan baru sebagai pelengkap, ayah sebagai objek dan kemarin sebagai keterangan.

Baca juga : Pengertian Verba Material dan Verba Tingkah Laku Beserta Contoh

Ciri ciri kalimat inversi ialah meletakkan unsur predikat sebelum unsur subjeknya. Untuk itulah predikatnya muncul lebih dulu dibandingkan subjeknya. Kalimat inversi ini digunakan untuk membuat makna kalimat menjadi lebih tegas. Jika kita bandingkan dengan kalimat versi, maka penegasan dalam kalimat inversi terlihat lebih kuat. Seperti yang telah kita ketahui bahwa macam macam kalimat Bahasa Indonesia memiiki tata bahasa yang berbeda beda. Pengelompokan kalimat secara menyeluruh ini dijadikan menjadi beberapa kategori. Untuk itulah terbentuk pengertian kalimat inversi dan pengertian kalimat versi beserta contoh kalimat inversi maupun contoh kalimat versi.

Pola kalimat versi yang terdapat di dalamnya membentuk unsur yang berurutan seperti Subjek – Predikat – Objek – Keterangan (SPOK). Sedangkan pola dalam kalimat inversi tergolong tidak biasa karena subjeknya didahului oleh predikatnya dalam hal peletakannya. Dari sinilah terlihat bahwa kebalikan dari kalimat versi ialah kalimat inversi. Akan tetapi kalimat inversi biasanya ditulis beriringan dengan kalimat versinya. Untuk itulah makna suatu kalimat dapat lebih ditekankan lagi.

Kalimat Versi

Bahasa Indonesia merupakan rumpun pelajaran yang terbilang sangat luas. Kita bisa menggali dan mendapatkan berbagai ilmu baru dalam mata pelajaran yang satu ini. Salah satunya adalah pola kalimat versi maupun inversi yang sedang kita bahas. Lantas sebenarnya apa itu kalimat versi?

Pengertian kalimat versi ialah jenis kalimat Bahasa Indonesia yang pembentukannya berdasarkan beberapa unsur seperti Subjek, Objek, Predikat, Pelengkap maupun Keterangan. Pola yang dibentuk berdasarkan unsur kalimat versi ini dapat berupa SPO, SPOK, dan masih banyak lagi. Pola pola yang dibentuk oleh kalimat versi tersebut lebih berurutan dan teratur.

Kalimat Inversi

Pengertian kalimat inversi ialah jenis kalimat yang unsur predikatnya berada lebih dulu dibandingkan subjeknya. Untuk itulah pola kalimatnya berkebalikan dengan pola kalimat versi. Dari sini terlihat bahwa pola kalimat inversi dapat berbentuk PSO, PSOK dan sebagainya. Meskipun kedua jenis kalimat Bahasa Indonesia tersebut (kalimat inversi dan versi) berbeda, namun penulisannya tetap beriringan sehingga makna kalimatnya menjadi lebih tegas dan ditekankan. Kalimat inversi pada umumnya memiliki beberapa ciri ciri di dalamnya. Adapun ciri ciri kalimat inversi yaitu sebagai berikut:

  • Subjeknya selalu didahului oleh predikatnya.
  • Terdapat kata kerja yang harus mendahului kalimatnya.
  • Kalimat inversi memiliki makna yang lebih tegas daripada kalimat versi.

Baca juga : Perbedaan Puisi dan Pantun Beserta Contohnya Lengkap

Contoh Kalimat Inversi dan Versi

Setelah menjelaskan tentang pengertian kalimat inversi, pengertian kalimat versi dan ciri ciri kalimat inversi di atas. Selanjutnya saya akan membagikan beberapa contoh kalimat versi dan inversi. Berikut contohnya yaitu meliputi:

  • Ika memakan bebek goreng di rumah (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Bebek goreng dimakan Ika di rumah.
  • Ina memainkan boneka di ruang tamu (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Dimainkanlah boneka olehnya di ruang tamu.
  • Doni makan belalang goreng (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Dimakanlah belalang goreng oleh Doni.
  • Ibu pergi ke pasar (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Pergilah ke pasar Ibu.
  • Kakak melukis bunga di halaman belakang (Kalimat Inversi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Dilukisnya bunga oleh kakak di halaman belakang.
  • Ayah membaca koran di teras (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Dibacalah koran oleh Ayah di teras.
  • Rina menyanyikan lagu di kamar mandi (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Dinyanyikanlah lagu oleh Rina di kamar mandi.
  • Rani sedang bersekolah di Eropa (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Sedang belajar Rani di Eropa.
  • Anak anak belajar Bahasa Indonesia di kelas (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu belajar Bahasa Indonesia anak anak di kelas.
  • Nina mencuci pakaian di kamar mandi (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Dicucilah pakaian Nina di kamar mandi.
  • Endah mengambil makanan di dapur (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Diambillah makanan itu di dapur.
  • Adik mengambil buku itu di kamar (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Diambil buku itu di kamar.
  • Adik megerjakan tugas di rumah teman (Kalimat Versi). Kalimat versi ini dapat diubah menjadi kalimat inversi yaitu Dikerjakan tugas itu di rumah teman.

Sekian penjelasan mengenai pengertian kalimat inversi, pengertian kalimat versi, ciri ciri kalimat inversi, contoh kalimat inversi dan contoh kalimat versi. Kalimat versi dan inversi merupakan jenis kalimat Bahasa Indonesia yang berbeda. Perbedaan diantara keduanya dapat dilihat dari segi pembentukan pola kalimat di dalamnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah membaca materi kalimat inversi dan kalimat versi di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *