Pengertian Gerak Semu Harian Matahari, Fungsi, Dampak dan Proses Terjadinya

Diposting pada

Pengertian Gerak Semu Harian Matahari, Fungsi, Dampak dan Proses Terjadinya – Di planet Bumi ini banyak sekali kita jumpai fenomena alam yang terjadi, baik kita sadari ataupun tidak. Kehidupan manusia pada dasarnya memang dipengaruhi oleh fenomena alam yang menakjubkan, baik bersifat merugikan ataupun tidak. Misalnya saja fenomena gerak semu matahari yang terdiri dari gerak semu harian matahari dan gerak semu tahunan matahari. Apa pengertian gerak semu matahari itu? Apa saja dampak gerak semu harian matahari? Apa saja dampak gerak semu harian matahari itu? Bagaimana proses terjadinya gerak semu harian matahari itu? Apabila kita perhatikan, maka fenomena alam yang kita jumpai dalam satu hari saja memang cukup banyak. Contohnya saja matahari terbit, matahari tenggelam, proses terjadinya awan, menghilangnya bulan, terbentuknya embun di malam hari, munculnya bulan dan masih banyak lagi.

Kemudian kehidupan manusia juga dapat dirugikan oleh beberapa fenomena alam lainnya yang berupa gempa bumi, angin ribut, bencana alam, gunung meletus, tanah longsor, dan lain lain. Namun untuk fenomena yang tidak merugikan manusia tersebut dapat berupa fenomena matahari tersebut. Pembahasan terkait Matahari tersebut telah dipelajari ketika dibangku sekolah. Materi yang dibahas tersebut meliputi pengertian gerak semu harian matahari, fungsi gerak semu harian matahari, dampak gerak semu harian matahari dan proses terjadinya gerak semu harian matahari. Terbitnya matahari pada umumnya berasal dari timur dan tenggelamnya matahari berasal dari barat. Pergerakan matahari dari timur hingga ke barat ini dinamakan dengan gerak semu harian matahari.

Pengertian Gerak Semu Harian Matahari, Fungsi, Dampak dan Proses Terjadinya
Gerak Semu Harian Matahari

Menurut Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gerak semu matahari dapat diartikan sebagai salah satu hal yang menyebabkan cuaca di Indonesia sangat ektrim panasnya. Selain itu adapula fenomena berupa gerak rotasi Bumi dan revolusi Bumi. Rotasi Bumi pada umumya dapat menyebabkan gerak semu harian Matahari. Sedangkan revolusi Bumi dapat menyebabkan gerak semu tahunan Matahari. Rotasi dapat disebut gerakan Bumi berputar pada porosnya, sedangkan revolusi Bumi merupakan gerakan Bumi yang mengelilingi Matahari. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengertian gerak semu harian matahari, fungsi gerak semu harian matahari, dampak gerak semu harian matahari dan proses terjadinya gerak semu harian matahari. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Pengertian Gerak Semu Harian Matahari, Fungsi, Dampak dan Proses Terjadinya

Gerak semu matahari secara harian dapat terlihat ketika gerakan Matahari dari timur hingga barat. Fenomena ini menggambarkan seolah olah mataharilah yang bergerak. Namun sebenarnya Bumi yang berputar pada porosnya dan mengelilingi Matahari. Pada dasarnya gerak semu harian Matahari disebabkan oleh adanya rotasi Bumi. Apa yang dimaksud rotasi Bumi itu? Pengertian rotasi Bumi ialah perputaran Bumi diporosnya, mulai dari Timur sampai ke Barat. Waktu yang dibutuhkan dalam melakukan rotasi Bumi ialah 23 jam 56 menit 41 detik.

Baca juga : Ciri Ciri Fungi (Jamur) Beserta Klasifikasinya Lengkap

Matahari seolah olah dapat bergerak dari Timur menuju Barat karena adanya siang dan malam tersebut. Namun pada kenyataannya Bumilah yang bergerak dan bukan Matahari. Lama berlangsungnya gerak semu harian matahari selama 12 jam. Namun waktu yang dibutuhkan oleh rotasi Bumi selama 24 jam. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai definisi gerak semu harian matahari, fungsi gerak semu harian matahari, dampak gerak semu harian matahari dan proses terjadinya gerak semu harian matahari yaitu sebagai berikut:

Pengertian Gerak Semu Harian Matahari

Gerak semu harian Matahari dapat diartikan sebagai fenomena gerakan Matahari yang seolah olah dari timur terbit dan dari barat tenggelam. Matahari seolah olah melakukan gerakan ini karena adanya perpindahan tempat pada posisi matahari yang waktunya bisa ditebak. Kemudian kita juga dapat melihat bayangan benda untuk menebak waktu karena adanya perbedaan posisi Matahari. Seperti yang telah saya katakan di atas bahwa rotasi Bumi mengakibatkan adanya gerak semu harian Matahari tersebut. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa yang bergerak disini adalah Bumi dan bukan Matahari.

Fungsi Gerak Semu Harian Matahari

Pada umumnya gerak semu harian Matahari dapat menimbulkan dampak untuk manusia. Dampak ini dapat digunakan sebaik mungkin oleh manusia. Fungsi gerak semu harian matahari yang dapat ditonjolkan ialah adanya perbedaan waktu. Untuk itu manusia dapat memanfaatkan gerak semu harian matahari untuk membedakan waktu dari daerah yang satu dengan yang lainnya serta untuk menentukan waktu.

Dampak Gerak Semu Harian Matahari

Setelah menjelaskan tentang pengertian gerak semu harian matahari dan fungsi gerak semu harian matahari. Selanjutnya saya akan membahas tentang dampak gerak semu matahari secara harian. Pada umumnya setiap hari terjadi fenomena alam yang berupa gerak semu harian Matahari. Fenomena tersebut berdampak untuk kehidupan manusia meskipun pada dasarnya tidak merugikan. Timbulnya dampak ini pada dasarnya berhubungan dengan dampak rotasi bumi. Adapun dampak pada rotasi Bumi yaitu meliputi:

Penentuan Waktu

Dampak gerak semu harian matahari yang pertama ialah penentuan waktu. Gerak semu Matahari ini pada umumnya digunakan oleh jam dunia untuk menentukan waktu didalamnya. Dengan gerakan ini, waktu malam, pagi, siang dan sore dapat dibedakan. Namun pada zaman dahulu sebelum adanya jam, orang orang hanya menggunakan bayangan benda karena cahaya matahari dan posisi mataharinya. Hal hal ini dijadikan sebagai tanda adanya perubahan waktu. Misalnya sebelum ada jam, kita dapat menentukan waktu sholat menggunakan posisi bayangan benda. Masuknya waktu dhuha ditandai dengan posisi matahari yang sejengkal telah naik. Selain itu adapula tanda lainnya yang menandakan masuknya waktu sholat lainnya. Penanda waktu tersebut dinamakan dengan jam matahari.

Baca juga : Prediksi dan Latihan Soal UN IPA SD 2020 Beserta Kunci Jawabannya Terlengkap

Perbedaan Waktu

Dampak gerak semu matahari secara harian selanjutnya ialah perbedaan waktu. Daerah yang satu dengan daerah lainnya memiliki perbedaan waktu yang disebabkan oleh adanya gerak semu matahari tersebut. Misalnya saja WITA (Waktu Indonesia Tengah), WIT (Waktu Indonesia Timur) dan WIB (Waktu Indonesia Barat). Hal ini telah dijelaskan pada pengertian gerak semu harian matahari di atas.

Adanya Fenomena Alam Menakjubkan

Dampak gerak semu harian matahari selanjutnya ialah adanya fenomena alam menakjubkan. Fenomena yang dimaksud ialah fenomena terbenamnya matahari dan terbitnya matahari. Ketika matahari terbenam terdapat bayangan warna merah yang menciptakan sensasi tersendiri ketika kita melihat langit. Hal inilah yang membuat banyak orang sering mengabadikan kedua momen matahari tersebut.

Adanya Siang dan Malam

Dampak gerak semu matahari secara harian selanjutnya ialah adanya siang dan malam. Gerak semu ini berpengaruh pada kehidupan manusia yang berupa munculnya waktu istirahat dan waktu bekerja. Dampak ini sebenarnya hampir sama dengan adanya dampak rotasi Bumi.

Proses Terjadinya Gerak Semu Harian Matahari

Setelah menjelaskan tentang pengertian gerak semu harian matahari, fungsi gerak semu harian matahari dan dampak gerak semu harian matahari di atas. Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang proses terjadinya gerak semu matahari secara harian. Rotasi Bumi memang menyebabkan adanya gerak semu Matahari secara harian. Rotasi bumi dapat berlangsung selama 23 jam 56 menit 41 detik. Namun gerak semu matahari secara harian secara khusus tidak memiliki proses tertentu. Dikarenakan dari timur ke barat terdapat gerakan Bumi, maka Matahari juga memiliki gerak semu harian. Sebenarnya Matahari tidak melakukan gerakan karena Bumilah yang bergerak. Meski begitu proses terjadinya gerak semu harian matahari berlangsung dalam waktu 12 jam saja. Walaupun Bumi membutuhkan 24 jam untuk melakukan rotasi. Hal ini disebabkan hanya 12 jam saja matahari dihadapi oleh sebelah Bumi saja dan yang belahan bumi lainnya membelakangi Matahari.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian gerak semu harian matahari, fungsi gerak semu harian matahari, dampak gerak semu harian matahari dan proses terjadinya gerak semu harian matahari. Gerak semu harian Matahari ialah fenomena gerakan Matahari yang seolah olah dari timur terbit dan dari barat tenggelam. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *