Alat yang Digunakan Untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan

Diposting pada

Alat yang Digunakan Untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan – Seperti yang kita tahu bahwa karya seni didunia ini sangat banyak jenisnya. Salah satunya adalah seni patung. Apa yang dimaksud seni patung? Pengertian seni patung adalah karya seni rupa yang berasal dari bahan bervolume seperti kayu, logam, tanah liat, batu dan sebagainya menggunakan cara substraktif dan aditif untuk membuatnya. Cara substraktif adalah cara yang dilakukan dengan mengurangi bahan seperti dicungkil, dipahat, ataupun dipotong. Sedangkan cara adiktif dilakukan dengan cara menambahkan bahan seperti mencetak ataupun mengecor.

Patung menurut KBBI bermakna tiruan bentuk hewan, orang dan lainnya yang dibuat dari kayu, batu dan lain lain. Pada dasarnya patung banyak sekali yang menirukan hewan atau manusia, tetapi pada kenyataannya tidak semua patung dapat menirukan adanya alam. Contohnya patung yang bentuknya abstrak. Apakah anda tahu bagaimana cara membuat teknik seni patung itu? Apa saja alat seni patung? Lalu alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan apa?

Patung memang berasal dari bahan lunak dan dibuat dengan teknik yang beraneka macam. Karya seni yang dibuat dari bahan lunak biasanya menggunakan tanah liat. Alat yang digunakan untuk membuat karya seni tersebut cukup beragam sehingga pembuatannya dapat dilakukan dengan mudah. Alat alat ini digunakan dengan maksud supaya hasilnya lebih maksimal daripada menggunakan alat bantu. Lantas alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan apa?

Alat yang Digunakan Untuk Mengukir Bahan Lunak Dinamakan

Seperti yang kita tahu bahwa kerajinan merupakan bentuk karya seni yang dibuat dengan keahlian dan keterampilan tangan yang dimiliki penciptanya. Hal inilah yang juga digunakan sebagai pembeda dengan kerajinan karya produk industri karena pembuatan produk kerajinan ini menggunakan keterampilan tangan sehingga berbeda dengan produk industri yang dibuat dengan tenaga mesin. Bahan yang digunakan untuk membuat kerajinan tersebut berbeda beda.

Jenis bahan yang digunakan disesuaikan dengan kelebihan dan kekurangannya masing masing sehingga hasil akhir pembuatan kerajinan tersebut akan dipengaruhi oleh bahan dasarnya. Salah satu bahan yang digunakan adalah bahan lunak. Lantas alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan apa? Apa yang dimaksud bahan lunak? Pengertian bahan lunak adalah bahan dasar untuk membuat suatu kerajinan. Bahan tersebut bersifat lembek dan lunak sehingga bentuknya dapat diubah dengan mudah menggunakan tangan.

Baca Juga  Mengapa Interaksi Sosial Dikatakan Sebagai Kunci dari Semua Kehidupan Sosial

Sebuah kerajinan bahan lunak dapat diciptakan menggunakan ukiran tertentu sehingga hasilnya akan lebih indah. Teknik ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat butsir. Alat butsir adalah sebuah alat yang mempunyai ujung runcing sehingga dapat mengukir bahan lunak. Biasanya alat butsir tersebut berasal dari kawat atau kayu dan seringkali digunakan dalam bahan lunak seperti tanah liat itu.

alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan
Jenis Jenis Butsir

Dari penjelasan ini tentunya kita dapat menjawab salah satu pertanyaan yang sering muncul dalam soal soal ujian. Adapun bentuk soalnya yaitu:

Alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan . . .
A. Pisau
B. Butsir
C. Pengikir
D. Pahatan

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah pilihan B. Butsir.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa bahan lunak dapat digunakan untuk membuat kerajinan menggunakan alat khusus yang dapat mengukir bahan tersebut menjadi lebih indah. Alat yang dimaksud adalah butsir. Kemudian adapula beberapa produk kerajinan bahan lunak yang dapat anda lihat dalam artikel yang telah saya buat sebelumnya.

Selain itu adapula pembahasan tentang pengemasan dan perawatan kerajinan bahan lunak yang juga telah saya jelaskan. Dari penjelasan ini dapat kita simpulkan bahwa alat yang digunakan untuk mengukir bahan lunak dinamakan butsir. Butsir tersebut berfungsi untuk mengurangi, memotong, atau membentuk tanah liat yang dibuat menjadi patung ataupun karya ukir yang lain. Alat butsir tersebut juga berbentuk menyerupai alat sudip atau pisau, dimana didalamnya memiliki mata logam tumpul dan mata kawat.

Pembuatan kerajinan bahan lunak tidak hanya menggunakan butsir saja, tetapi juga membutuhkan alat lainnya. Adapun beberapa alat yang berguna untuk menciptakan karya seni bahan lunak tersebut yaitu meliputi:

  • Meja putar adalah meja yang bisa diputar ke segala arah. Meja putar berguna untuk membentuk patung menjadi objek yang bentuknya silinder, lingkaran, ataupun tabung.
  • Alat pahat adalah alat yang berguna untuk mengurangi, membentuk, atau memahat bentuk objek.
  • Tang adalah alat yang digunakan untuk memotong kawat atau mengencangkan ikatan.
  • Sendok adukan adalah alat yang berguna untuk menempelkan adonan ke kerangka patung ataupun mengambil adonan bahan patung.